Implementasi Penyajian Materi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
References
Ahwan., Yumandil., & Mohammad, F. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Imaculata Magepanda Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka. Jurnal OIKOS, 3(1), 1-11
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
D. Iskandar (2021) “peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021,” (JPPI).J. Pendidik dan Pembelajaran Indones., Vol. l, no. 2, pp. 123-140.
Fadlillah, M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Ponorogo: Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/322.
Fitra, devi Kurnia (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 3 Tahun 2022 ISSN: E-ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990.
Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 50-60. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944
http://mi1kelayu.blogspot.co.id/2012/06/model-pembelajaran-cooperativelearing.html
Jasiah, J. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal Di IAIN Palangka Raya. Anterior Jurnal, 19(1),148–152.
Nenri Budiati (2022). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sdn 001 Kempas Jaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 4 Agustus 2022 Issn: 2003-1514/E-Issn: 2598-5949 Doi
Nilawati, N. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 7 Bukit tinggi Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Paedagogy, 8(3), 398-407. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3850
Permatasari, N. E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104
Rihayati, Utaminingsih, S., & Santoso. (2021). Improving Critical Thinking Ability through Discovery Learning Model Based on Patiayam Site Ethnoscience. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1823/1/012104
Rohmat, Hakim, L., & Canda Sakti, N. (2019). Implementation of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improve Economics Learning Results. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 358–365. https://doi.org/10.24331/ijere.5738 71
Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing criticalthinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1 2169a
Sugiarto sri, dkk (2023) Pelatihan Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Taliwang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3 No.1. 2023: 76-80
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., Rodiyah, S. K., Surabaya, S. G., Sarjana, P., Sunan, U., & Surabaya, G. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Tahulending, G., Anas, S., & Hurint, M. T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD NASIONAL KAHUKU. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), Vol. 2 Juli 2022| Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam
Trianto. 2009. Mendesain model pem pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: kencana
Wismah (2022) Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Beriman Kepada Malaikat Allah. Published by: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya
Wulandari, C. A., lu, E., & Panjaitan, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Berbasis Media Interaktif Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 6(Juni), 2355–4983.
Copyright (c) 2023 Gilang Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Asanka: Journal of Social Science and Education allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.