Implementasi Penyajian Materi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Gilang Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 157 , PDF downloads: 127
Keywords: Jigsaw, Hasil Belajar, Berdiferensiasi, Peserta Didik.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengatasi permasalahan di dalam kelas yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik sekolah menengah atas kemala bhayangkari 1 surabaya. Penelitian dilakukan dengan research action class atau penelitian Tindakan kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berdiferensiasi mampu membantu peserta didik guna meningkatkan hasil belajar. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan tes yaitu tes asesmen diagnosis untuk menentukan hasil awal peserta didik kemudian dilakukan asesmen formatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di setiap siklus yang dilaksanakan. Metode pengolahan data menggunakan kuantatif deskriptif dan menghitung ketuntasan klasikal peserta didik setelah melakukan tes berupa soal yang berjumlah lima butir. Hasil penelitian yang dilakukan mengalami peningkatan pada hasil belajar peserta didik setelah mengimplmentasikan model pembelajaran jigsaw, dapat di lihat dari hasil tes asesmen diagnosis dan asesmen formtif. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu diterapkan oleh guru untuk mengatasi permasalah didalam kelas khususnya dalam rendahnya hasil belajar peserta didik. Selain itu model pembelajaran koopertif tipe jigsaw terpusat kepada peserta didik (Student Center) dimana model tersebut sesuai dengan kurikulum merdeka.

Author Biography

Gilang Kurniawan, Universitas Negeri Surabaya
Mahasiswa  PPG Prajabatan, Universitas Negeri Surabaya.

References

Ahwan., Yumandil., & Mohammad, F. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Imaculata Magepanda Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka. Jurnal OIKOS, 3(1), 1-11

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

D. Iskandar (2021) “peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021,” (JPPI).J. Pendidik dan Pembelajaran Indones., Vol. l, no. 2, pp. 123-140.

Fadlillah, M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Ponorogo: Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/322.

Fitra, devi Kurnia (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 3 Tahun 2022 ISSN: E-ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990.

Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 50-60. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944

http://mi1kelayu.blogspot.co.id/2012/06/model-pembelajaran-cooperativelearing.html

Jasiah, J. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal Di IAIN Palangka Raya. Anterior Jurnal, 19(1),148–152.

Nenri Budiati (2022). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sdn 001 Kempas Jaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 4 Agustus 2022 Issn: 2003-1514/E-Issn: 2598-5949 Doi

Nilawati, N. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 7 Bukit tinggi Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Paedagogy, 8(3), 398-407. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3850

Permatasari, N. E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104

Rihayati, Utaminingsih, S., & Santoso. (2021). Improving Critical Thinking Ability through Discovery Learning Model Based on Patiayam Site Ethnoscience. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1823/1/012104

Rohmat, Hakim, L., & Canda Sakti, N. (2019). Implementation of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improve Economics Learning Results. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 358–365. https://doi.org/10.24331/ijere.5738 71

Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing criticalthinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1 2169a

Sugiarto sri, dkk (2023) Pelatihan Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Taliwang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3 No.1. 2023: 76-80

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., Rodiyah, S. K., Surabaya, S. G., Sarjana, P., Sunan, U., & Surabaya, G. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Tahulending, G., Anas, S., & Hurint, M. T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD NASIONAL KAHUKU. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), Vol. 2 Juli 2022| Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam

Trianto. 2009. Mendesain model pem pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: kencana

Wismah (2022) Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Beriman Kepada Malaikat Allah. Published by: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya

Wulandari, C. A., lu, E., & Panjaitan, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Berbasis Media Interaktif Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 6(Juni), 2355–4983.

PlumX Metrics

Published
2023-09-04
Section
Articles