Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jenis STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-9 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

  • Adinda Putra Hadiansyah Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 53 , PDF downloads: 47
Keywords: Kooperatif, STAD, Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) akan di implementasi pada tindakan penelitian ini guna melihat aadanyaada peningkatan hasil belajar. kajian ini merupakan penelitian kegiatan tindakan kelas yang direncanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari: perancangan, aksi, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini ditujukan pada siswa kelas X-9 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian pada siswa kelas X-9 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan memanfaatkan penerapan model pembelajaran STAD. Hal ini ditinjau melalui tindakan siklus I, dengan tingkat ketuntasan 35% bagi siswa yang tuntas 12 siswa dan tingkat ketidaktuntasan 65% bagi siswa yang tidak tuntas 22 siswa. Sebaliknya aspek kegiatan belajar siswa dari siklus awal sampai akhir siklus memberikan kontribusi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II, dengan 29 siswa tuntas dengan persentase 85% dan 7 siswa gagal dengan persentase 15%.

References

Arief, I. M., & Kusuma, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(1), 25-32.

Arifin, Z., & Aziz, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 1-8.

Ariyani, F., & Maryam, S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 12-24.

Hartono, Y., & Fauzi, M. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Prestasi Pustaka.

Hidayat, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Karangtengah. Jurnal Pendidikan, 3(1), 52-59.

Hidayati, R., & Susilawati, E. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 45-54.

Hidayati, W., & Hidayah, N. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Sidomulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 86-92.

Indrawati, R., & Mudzakir, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 49-58.

Komariah, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif dalam Perspektif Sosio kultural. Prenada Media Group.

Kusuma, A. W., & Yudianto, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa di SMA.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 37- 44.

Mulyawati, L., & Djumhana, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Ar-Ruzz Media.

Nurdin, E., & Yuliati, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 05 Sindanghaji. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 178-186.

Nurhidayati, N., & Trianto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 10(1), 1- 8.

Nurohman, S., Hartati, S., & Widyastuti, A. (2018). Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 105-112.

Purwanto, E., & Rahmawati, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Jatirejo 01. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 181-192.

Qohar, A., & Masykuri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 39-46.

Rosida, D., & Hikmah, R. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 21(1), 53-62.

Sulastri, E., & Widodo, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(1), 25-35.

Syarifuddin, A., & Rosidin, R. (2021). Strategu Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teknologi. Deepublish.

Yuliani, & Siswanto. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lingkungan. Rajawali Press.

Undang - Undang Dasar 1945, Pembukaan alinea 4, "Negara Indonesia adalah negara hukum yang berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, dan menghormati kemanusiaan serta keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia. Tujuan negara adalah untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.”

PlumX Metrics

Published
2023-09-11
Section
Articles