Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jenis STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-9 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya
Abstract
References
Arief, I. M., & Kusuma, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(1), 25-32.
Arifin, Z., & Aziz, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 1-8.
Ariyani, F., & Maryam, S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 12-24.
Hartono, Y., & Fauzi, M. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Prestasi Pustaka.
Hidayat, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Karangtengah. Jurnal Pendidikan, 3(1), 52-59.
Hidayati, R., & Susilawati, E. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 45-54.
Hidayati, W., & Hidayah, N. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Sidomulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 86-92.
Indrawati, R., & Mudzakir, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 49-58.
Komariah, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif dalam Perspektif Sosio kultural. Prenada Media Group.
Kusuma, A. W., & Yudianto, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa di SMA.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 37- 44.
Mulyawati, L., & Djumhana, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Ar-Ruzz Media.
Nurdin, E., & Yuliati, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 05 Sindanghaji. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 178-186.
Nurhidayati, N., & Trianto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 10(1), 1- 8.
Nurohman, S., Hartati, S., & Widyastuti, A. (2018). Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 105-112.
Purwanto, E., & Rahmawati, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Jatirejo 01. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 181-192.
Qohar, A., & Masykuri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 39-46.
Rosida, D., & Hikmah, R. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 21(1), 53-62.
Sulastri, E., & Widodo, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(1), 25-35.
Syarifuddin, A., & Rosidin, R. (2021). Strategu Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teknologi. Deepublish.
Yuliani, & Siswanto. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lingkungan. Rajawali Press.
Undang - Undang Dasar 1945, Pembukaan alinea 4, "Negara Indonesia adalah negara hukum yang berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, dan menghormati kemanusiaan serta keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia. Tujuan negara adalah untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.”
Copyright (c) 2023 Adinda Putra Hadiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Asanka: Journal of Social Science and Education allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.