Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMPN 57 Palembang

  • Mejika Adi Saputra Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Alfiandra Universitas Sriwijaya
  • Sepertia Rita Muniarti SMP Negeri 57 Palembang
Abstract views: 74 , PDF downloads: 112
Keywords: Cooperative learning, Make A Match, Learning Activity, Civic Education

Abstract

Based on the results of observation, reflection and evaluation of the Pancasila and Citizenship Education subjects in class IX.2 for the 2022/2023 school year, it was identified that in the learning process students' activeness in participating in learning was not very good. This condition is marked when the learning activities of students are still not optimal. This study aims to increase student learning activeness with the application of Make A Match learning media. This type of research is classroom action research (PTK) through the stages of 3 cycles. The research subjects were 30 students with a total of 15 male students and 15 female students in class IX.2. Learning activities by applying the Make A Match learning model. The results showed that the application of the Make A Match cooperative learning model had been carried out very well. The active learning of students obtained from the results of observations is in the high category with a percentage of 77.00% who have reached the research target. Based on the results of this study, it can be concluded that the Make A Match learning model is proven capable and effective in the process of increasing student learning activity.

ABSTRAK

Berdasarkan hasil obsevasi, refleksi dan evaluasi  mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran di kelas IX.2 tahun ajaran 2022/2023 diidentifikasi dalam proses pembelajaran keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran belum begitu baik. Kondisi ini ditandai saat kegiatan pembelajaran keaaktifan peserta didik masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan penerapan media pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahapan 3 siklus. Subjek penelitian adalah 30 orang peserta didik dengan jumlah 15 orang peserta didik laki-laki dan 15 orang peserta didik perempuan kelas IX.2. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match telah dilaksanakan dengan sangat baik. Keaktifan belajar peserta didik yang diperoleh dari hasil observasi berada pada kategori tinggi dengan persentase 77,00% yang telah mencapai target penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match terbukti mampu dan efektif dalam proses meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

References

Alfiandra, A., Safitri, S., & Dianti, P. (2018). Implementasi model controversial issue dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17281

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Atma, R. W. J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooparatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 6(4), 817–826. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2178

Di, A. B. K., & Sidoarjo, S. (2023). STRATEGI BACA TANYA KERJA ( BTK ) DENGAN MODEL PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. 04(01), 11–25.

Febriana, A. (2011). Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Skripsi, 2, 100–200.

Fidiyanti, H. H. N., Ruhimat, M., & Winarti, M. (2017). EFFECT OF IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL MAKE A MATCH TECHNIQUE ON STUDENT LEARNING MOTIVATION IN SOCIAL SCIENCE LEARNING (Quasi Experimental Class VIII SMP Negeri 40 Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 1–6.

Halidayani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Matchuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Baku Dan Tidak Baku Di Kelas Iv Min 16 Aceh Besar. 170205043, 16.

Monica. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Keaktifan, Motivasi, Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Depok Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, 53(9), 1689–1699.

Nur Aeni, Ali, L., & Aimafatwa, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Datarang. Pinisi Journal PGSD, 729–735.

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan Game Based Learning Quizizz Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas Xii Ips Sma Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 25. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45758

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991

Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610–616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.403

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Septiani, M. D., Ngazizah, N., Purworejo, U. M., & Kepil, K. (2021). Peningkatkan Keaktifan Belajar Dan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Melalui Model Make a Improve Learning Activity and Creative Thinking of Class V Students Through Make a Match. 2(1), 13–24.

Siswa, K. B. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : - https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna. 1(1), 1–13.

PlumX Metrics

Published
2023-09-27
Section
Articles