Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Peserta Didik

  • Riska Nuriyani Universitas Sriwijaya
  • Sri Artati Waluyati Universitas Sriwijaya
  • Dahlia Dahlia Universitas Sriwijaya
Abstract views: 981 , PDF downloads: 1348

Abstract

In the 21st Century, the independent learning curriculum is in the spotlight for the world of education, the learning process of students is required to be more active and teachers are required to be able to meet the needs of students and increase the potential of students such as talents, interests and creativity. One solution to meet the needs of students is the application of differentiated learning. Differentiated learning aims to provide facilities for the diversity of students based on the learning needs and characteristics of students. This study aims to determine whether the application of content and product differentiation learning can increase student learning activity and creativity. This type of research is Classroom Action Research (CAR) using a qualitative approach. The research results obtained are increased activity and creativity of students from the implementation of differentiated learning content and products using cooperative learning models, while judging from the results of observations, students as a whole are very actively involved during the learning process, making products to show the results of their discussions in front of the class.

ABSTRAK

Pada Abad -21 kurikulum merdeka belajar menjadi sorotan bagi dunia pendidikan, proses kegiatan pembelajaran peserta didik dituntut untuk lebih aktif dan guru dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan peserta didik serta meningkatkan potensi pada peserta didik seperti bakat, minat dan kreativitas. Salah satu solusi dalam memenuhi kebutuhan peserta didik yaitu dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk memberikan fasilitas keberagaman peserta didik berdasarkan kebutuhan belajar dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten dan produk dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu meningkatnya keaktifan dan kreativitas belajar peserta didik dari pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi konten dan produk dengan menggunakan model cooperative learning sedangkan dilihat dari hasil observasi peserta didik secara keseluruhan terlibat sangat aktif saat proses pembelajaran, membuat produk hingga mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

References

Aisyah. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Aminuriyah, Siti et al., (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9 (2).

Apriantini, Sukendra. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Widyadari. 24 (1).

Erlande, R. (2022). Analysis of the Problems Civic Education Teachers in the Development of Learning Media. International Conference of …, 798–803. http://www.programdoktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/view/109%0Ahttp://www.programdoktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/download/109/125

Erlande, R., & Chotimah, U. (2023). The Effect of the Application of the Treffinger Model on Creative Thinking Ability in Pancasila and Civic Education Class VII SMPN 17 Palembang (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-096-1_55

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0A

Husnawati, Netti. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran PAI di SMA N 4 Wajo. Journal Educandum (EC), 8 (2).

Kemendikbud. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta:Kemendikbud.

Mastuti, A. G., Abdillah, & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru melalui Workshop dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3415–3425. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basiced u/article/view/991

Purwati, E., Samiu, T., & Ika, T. (2022). Implementasi Discovery Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Masa Pemulihan Pembelajaran Di SMKS Pembangunan Ternate ( Penelitian Tindakan Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan Mata Pelajaran PKn. 13(2).

Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7`(1), 48–54.

Sukendra, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Aplikasi Zoom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. 22(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.466 1195

Sukendra, I. K., Muliana, I. W., Juwana, I. D. P., & Surat, I. M. (2022). Widyadari. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Dengan Pembelajaran Daring Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving, 23(2), 270–281. https://doi.org/10.5281/zenodo.718 9724.

Susanti, E. (2021). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis TPACK Terhadap Peningkatan Karakter Peserta Didik Di UPT Sma Negeri 1 Palembang. Universitas Sriwijaya.

Susanti, et al., (2023). Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kontem dan Proses pada Perencanaan Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmu Kependidikan, 15 (2).

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Wahyuni, S. (2022). Improving flat wake-up learning outcomes through discovery learning learning models. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3).

PlumX Metrics

Published
2023-09-12
Section
Articles