Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament (TGT)

  • Emi Susanti Universitas Sriwijaya
  • Emil El Faisal Universitas Sriwijaya
  • Maimun Maimun Universitas Sriwijaya
Abstract views: 69 , PDF downloads: 56

Abstract

Learning main objective is to prepare qualified learners to achieve good human resources for the progress of a country. Based on the results of interviews and observations of student characteristics, it was found that students prefer to be directly involved in learning activities. Therefore, the application of learning in the classroom needs to adjust the characteristics of students and create learning activities that support maximum learning outcomes. The purpose of this study is to determine whether the team game tournament (TGT) type cooperative learning model can improve the learning outcomes of PPKn students at SMA Negeri 1 Palembang. This research approach is using the type of classroom action research (PTK). This research is taken with three cycles, each cycle consists of 1 meeting and goes through four stages, namely, planning, implementation, observation, and reflection. So from the application of 2 learning cycles this TGT type cooperative learning model can increase the learning outcomes of grade XI IPS 3 students. Evidenced by the acquisition of pre-cycle learning outcomes getting an average value of 68%, cycle I obtained an average of 79%, and cycle II obtaining an average learning outcome of 90%.

ABSTRAK

Tujuan utama pembelajaran adalah untuk mempersiapkan peserta didik yang berkualitas untuk mencapai sumber daya manusia yang baik demi kemajuan suatu negara. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi karakteristik peserta didik diperoleh hasil bahwa peserta didik lebih senang dilibatkan langsung dalam aktivitas-aktivitas pembelajaran. Oleh karena itu penerapan pembelajaran di kelas perlu menyesuaikan karakteristik peserta didik dan menciptakan aktivitas-aktivitas belajar yang mendukung hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning tipe team game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik di SMA Negeri 1 Palembang. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini ditempuh dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dan melalui empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Maka dari penerapan 2 siklus pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini dapat meningkat hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3. Dibuktikan dengan perolehan hasil belajar pra-siklus mendapatkan rata-rata nilai sebesar 68%, siklus I diperoleh rata-rata sebesar 79%, dan siklus II memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 90%.

References

Basuki, A., Hasrul, H., Ananda, A., & Montessori, M. (2022). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru PPKn SMPN di Kabupaten Dharmasraya. Journal of Civic Education, 5(1), 134–139. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.577

Erlande, R. (2022). Analysis of the Problems Civic Education Teachers in the Development of Learning Media. International Conference of …, 798–803. http://www.programdoktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/view/109%0Ahttp://www.programdoktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/download/109/125

Erlande, R., & Chotimah, U. (2023). The Effect of the Application of the Treffinger Model on Creative Thinking Ability in Pancasila and Civic Education Class VII SMPN 17 Palembang (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-096-1_55

Mooduto, S. Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum Untuk Menjamin Keadilan dan Kedamaian Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tapa. 7(1), 400–409.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752

Setiani, S. A. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 389. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227

Soleh, Maulana Ibnu, Dadang Kurnia, D. T. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran PIPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2101–2110.

Suharsimi, Arikunto, Surdjono, dan S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi (Suryani (ed.)). Bumi Aksara.

Sunarti. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Metode Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XII IPS 2 Semester Ganjil SMA Negeri 2 Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru, 1(2), 42–49.

PlumX Metrics

Published
2023-09-15
Section
Articles