Kompetensi Guru Dalam Film Sokola Rimba Karya Riri Riza Serta Relevansinya Dengan Pembentukan Pendidikan Karakter Anak SD/MI

  • Titik Nurohmah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorog
  • Lukman Hakim IAIN PONOROGO
  • Berlian Pancarani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Ayu Anggita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Arina Sa'diyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
Abstract views: 88 , PDF downloads: 65

Abstract

Abstrak:

Peran guru diabadikan dalam Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kualitas pendidikan berkaitan erat dengan kualitas tenaga pendidik atau guru. Guru juga memiliki tanggung jawab atas pembentukan karakter peserta didik. Film Sokola Rimba merupakan film yang menceritakan pentingnya dedikasi, perjuangan dan pengorbanan untuk pendidikan, pendidik dan mendidik. penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis dan mengetahui kompetensi guru yang ada dalam film Sokola Rimba karya Riri Riza; (2) untuk menjelaskan relevansi kompetensi guru dalam film Sokola Rimba dengan pembentukan pendidikan karakter anak SD/MI. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan jenis penelitian kajian pustaka (libbrary research) dengan teknik analisis isi (content analysis).  Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat kompetensi guru dalam film Sokola Rimba yang meliputi kompetensi pedagogik yaitu memahami karakteristik peserta, menggunakan strategi dan metode sesuai dengan peserta didik, menciptakan proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan, mengevaluasi hasil pembelajaran. Kompetensi kepribadian yaitu memiliki kearifan dan kewibawaan, bertanggung jawab, sopan, ramah, santun, integritas tinggi, dewasa, mantap dan stabil. Kompetensi profesional yaitu menggunakan media sekitar untuk menjelasakan agar mudah dipahami oleh peserta didik, mengaitkan kegiatan sehari-hari dengan pembelajaran. Kompetensi sosial yaitu bersosialisasi dengan peserta didik, rekan kerja, orang tua serta masyarakat sekitar dengan baik. (2) Relevansi antara kompetensi guru dalam film Sokola Rimba dengan Pembentukan pendidikan karakter anak SD/MI dengan menggunakan gagasan dari Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha erat kaitannya dengan kompetensi kepribadian, Ing Madya Mangun Karsa erat kaitanya dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi pofesional, dan Tut Wuri Handayani erat kaitanya dengan kompetensi sosial.

Kata Kunci

Kompetensi Guru; Film Sokola Rimba; Pendidikan Karakter

Abstract: 

The role of the teacher is enshrined in the Republic of Indonesia Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers. The quality of education is closely related to the quality of educators or teachers. The teacher also has the responsibility for the formation of the character of the students. Sokola Rimba is a film that tells the importance of dedication, struggle and sacrifice for education, educators and educating. this study aims (1) to analyze and determine the competence of teachers in the film Sokola Rimba by Riri Riza; (2) to explain the relevance of teacher competence in the film Sokola Rimba with the formation of character education for elementary/MI children. The research data was obtained by using a type of library research with content analysis techniques. The results of this study are (1) There are teacher competencies in the film Sokola Rimba which include pedagogic competencies, namely understanding the characteristics of participants, using strategies and methods according to students, creating a comfortable and fun learning process, evaluating learning outcomes. Personal competence, namely having wisdom and authority, being responsible, polite, friendly, courteous, high integrity, mature, steady and stable. Professional competence is using the surrounding media to explain so that it is easily understood by students, linking daily activities with learning. Social competence is socializing with students, co-workers, parents and the surrounding community well. (2) The relevance between teacher competence in the film Sokola Rimba and the formation of character education for elementary/MI children using the ideas of Ki Hajar Dewantara, namely Ing Ngarsa Sung Tuladha is closely related to personality competence, Ing Madya Mangun Karsa is closely related to pedagogical competence and professional competence, and Tut Wuri Handayani closely related to social competence.

Keywords

Teacher Competence; Film Sokola Rimba; Character Education

PlumX Metrics

Published
2024-07-09
How to Cite
Nurohmah, T., Hakim, L., Pancarani, B., Anggita, A., & Sa’diyah, A. (2024). Kompetensi Guru Dalam Film Sokola Rimba Karya Riri Riza Serta Relevansinya Dengan Pembentukan Pendidikan Karakter Anak SD/MI. Dialektika: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 16-24. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/dialektika/article/view/9607
Section
Articles