Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 1 Surodikraman, Ponorogo

  • Nur Aini INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO
  • Lukman Hakim Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Rangga Agnibaya Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Asy Asywara Fitroh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • bella nafrillia carly rosyidi IAIN PONOROGO
Abstract views: 221 , PDF downloads: 76

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari kegelisahan peneliti terhadap hasil belajar bahasa Indonesia yang kurang memuaskan. Banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut, diantaranya gaya mengajar guru dan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu 1. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minar belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaitf dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik analisa datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2, dan rumus regresi linier berganda untuk menjawab rumusan masalah 3. Hasil dari penelitian ini yaitu: Ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sebesar 82,3%, sedangkan 17,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sebesar 70,7%, sedangkan 29,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebesar 82,7%, sedangkan 17,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

 

 

Kata Kunci

Gaya Mengajar, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Abstract:

This study is a follow-up to the researcher's anxiety about the unsatisfactory results of learning Indonesian. Many factors influence this, including teacher teaching styles and student interest in learning. The purpose of this study, namely 1. To determine how much influence the teacher's teaching style on student learning outcomes. 2. To find out how much influence students' interest in learning towards student learning outcomes. 3. To find out how much influence the teacher's teaching style and student interest in student learning outcomes. The method used in this research is a quantitative approach with descriptive research type. The data analysis technique uses a simple linear regression formula to answer problem formulations 1 and 2, and multiple linear regression formulas to answer problem formulations 3. The results of this study are: There is a significant influence between teacher teaching styles on learning outcomes in Indonesian subjects students amounted to 82.3%, while 17.7% was influenced by other factors that were not studied. There is a significant influence between students' interest in learning on learning outcomes in Indonesian students by 70.7%, while 29.3% is influenced by other factors not examined. There is a significant influence between the teacher's teaching style and student interest in learning outcomes in Indonesian subjects of 82.7%, while 17.3% is influenced by other factors not examined.

Keywords

Teaching Style, Interest in Learning, Learning Outcomes.

PlumX Metrics

Published
2024-07-05
How to Cite
Nur Aini, Hakim, L., Agnibaya, R., Fitroh, A. A., & bella nafrillia carly rosyidi. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 1 Surodikraman, Ponorogo. Dialektika: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 25-33. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/dialektika/article/view/8841
Section
Articles