منهج الإمام ابن الجوزي ÙÙŠ كتابه: الكش٠لمشكل الصØÙŠØÙŠÙ†
DOI:
https://doi.org/10.21154/dialogia.v12i1.306Abstract
Abstract
Salah satu cabang ulum hadis yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh pengkaji hadis adalah ilmu musykil hadis. Di kalangan ulama klasik, ada beberapa ulama yang mendedikasikan dirinya menggeluti salah satu cabang ulum hadis tersebut.Salah satu di antara mereka adalah Imam Ibnu al-Jauzi dengan karyanya yang berjudul ”˜Al-Kasyf li Musykil al-Shahihain’. Tulisan ini berusaha untuk mengenal lebih dalam karya tersebut, dengan menitik-beratkan pada metodologi yang ditempuh oleh pengarangnya. Diantara keunikan kitab ini adalah pengarangnya menertibkan hadis-hadis yang dianggap musykil tidak berdasarkan tema, melainkan berdasarkan musnad (riwayat Sahabat). Dalam hal ini, dia terinspirasi oleh musnad al-Humaidi. Sebelum menjelaskan hadis yang dianggap musykil, dia mendahulinya dengan riwayat singkat Sahabat yang meriwayatkan hadis tersebut. Setelah itu dia menghadirkan redaksi (matan) hadisnya. Terkadang dia meriwayatkan hadis secara maknanya (tidak literal). Yang patut dicatat dalam kitab ini adalah tidak semua yang dibahas dan diulas oleh pengarangnya adalah termasuk dalam kategori musykil hadis--sebagaimana yang didefinisikan dalam Musthalah Hadis. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dijelaskan oleh Ibnu al-Jauzi meskipun tidak termasuk hadis musykil. Dia melakukan itu untuk memperkuat argumentasinya ketika menjelaskan hadis tertentu, atau untuk mengambil dalil dari hadis tersebut, atau untuk tambahan penjelasan.
يعد علم مشكل Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« من أهم علوم Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« الذي لا بد لدارس Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« الاهتمام به، وإذا تتبعنا جذور هذا العلم نجد بعض المتقدمين من العلماء قد خاضوا ÙÙŠ هذا العلم، ومن بين هؤلاء هو الإمام ابن الجوزي الذي أل٠كتاب "الكش٠لمشكل الصØÙŠØÙŠÙ†". ÙŠØØ§ÙˆÙ„ هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« الموجز التعر٠على هذا الكتاب القيم مركزا على منهج مؤلÙÙ‡. يخرج Ø§Ù„Ø¨ØØ« بنتائج منها: انتهاج المؤل٠طريقة المسند ÙÙŠ ØªØµÙ†ÙŠÙ Ø§Ù„Ø£ØØ§Ø¯ÙŠØ« المشكلة، وهو ÙÙŠ هذا المنوال ينهج منهج الØÙ…يدي ÙÙŠ ترتيب مسنده، ولو خالÙÙ‡ ÙÙŠ بعض المناهج، ÙØ¹Ù†ÙˆÙ† لكل مسند بقوله: "كش٠المشكل من مسند Ùلان"ØŒ وذكر اسم Ø§Ù„ØµØØ§Ø¨ÙŠØŒ ثم قام بتعري٠موجز عن Ø§Ù„ØµØØ§Ø¨ÙŠ Ø¨Ø°ÙƒØ± شيء من ÙØ¶Ø§Ø¦Ù„Ù‡ وعدد Ø£ØØ§Ø¯ÙŠØ«Ù‡ØŒ ثم أخذ يذكر جزءاً من Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« الذي يريد Ø´Ø±Ø Ø¥Ø´ÙƒØ§Ù„Ù‡ØŒ ÙˆÙÙŠ الغالب سرد Ù„ÙØ¸Ù‡ من أوله، ثم توق٠عند موضع الإشكال، وربما ذكر Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« Ù…ØªØµØ±ÙØ§Ù‹ØŒ ÙØ±ÙˆØ§Ù‡ بالمعنى. لم يكن جميع ما تطرق ابن الجوزي لشرØÙ‡ من قبيل المشكل -على Ø§Ù„Ù…ØµØ·Ù„Ø Ø§Ù„Ù…Ø³ØªÙ‚Ø± ÙÙŠ علوم Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ«. لذلك نجد ÙÙŠ كتابه بعض Ø§Ù„Ø£ØØ§Ø¯ÙŠØ« الذي ليس مشكلاً، إلا أن ابن الجوزي ذكره من أجل الاستشهاد أو الاستدلال على شيء أو زيادة بيان.
كلمات Ù…ÙØªØ§ØÙŠØ©: مشكل Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ«ØŒ غريب Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ«ØŒ ناسخ، ومنسوخ