Konsep Negara Dalam Pemikiran Politik Ali Abd AL-Raziq

  • Niswatul Hidayati IAIN Ponorogo
Abstract views: 49 , PDF downloads: 73
Keywords: Negara, Islam, Ali Abd al Raziq.

Abstract

Kajian tentang Islam politik adalah studi tentang konflik dan ketegangan. Islam dan politik adalah dua entitas yang tidak dapat dipisahkan begitu saja. Awal mula Islam politik dapat ditelusuri kembali ke kemunculan Ikhwanul Muslimin, yang didirikan pada 1928 di dunia Sunni-Arab Islam di Kairo. Terdapat beragam pemahaman mengenai relasi Islam dan politik ataupun Islam dan Negara. Meski demikian ada factor kesamaan dari semua kelompok Islamis adalah ambisi untuk mengubah tatanan dunia. Dalam pandangan Islamisme tatanan dunia adalah sakral, berdasarkan konsep daulah Islamiyyah, Negara yang berdasarkan syari’at, dan berdasarkan pemerintahan Tuhan untuk menggantikan kedaulatan rakyat. Mereka membangun pemahaman baru tentang Islam sebagai agama yang bersatu dengan tatanan Negara. Salah satu tokoh yang memiliki pemahaman tentang Islam dan politik adalah Ali Abd Al-Raziq. Maka, kajian artikel ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana konsep negara serta bagaimana hubungannya dengan Islam menurut Ali Abd al-Raziq yang dituangkan dalam bukunya al-Islam wa Ushul al-Hukum pada tahun 1925 di Mesir.

References

Abdou Filali-Ansary, “Ali Abd al-Raziq, Kaum Muslim dan Penafsiran-penafsiran Modern”, dalam Pembaruan Islam Dari mana dan Hendak Kemana?, Machasin (terj), Bandung: Mizan, 2009.

Ali Abd al-Raziq, al Islam wa Ushul al Hukm, Mesir: ttp, 1925. cet. III, 73.

Anjar Nugroho, “ Politik Islam Perspektif Sekularisme; Studi Kritis Pemikiran Ali Abd al-Raziq”, Asy-Syir’ah, Vol. 39, No. II, 2005, 381.

Bassam Tibi, Islam dan Islamisme, terj. Alfathri Adlin, Bandung: Mizan, 2016.

Dhiya’ ad-Din ar-Rais, Islam dan Khilafah, Kritik Terhadap Buku Khilafah dan Pemerintahan dalam Islam ‘Ali Abdur Raziq, Afif Muhammad (terj.), Bandung: Pustaka, 1985.

J. Suyuthi Pulungan, Fiqh Siyasah; Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, Jakarta: Rajawali Pers, 1999.

John J. Donohue dan John L. Esposito (penyunting), Islam dan Pembaharuan, Ensiklopedi masalah-masalah, Jakarta: Rajawali, 1984.

Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Bandung: Mizan, 1997.

Leonard Binder, “ ‘Ali ‘Abd al-Raziq and Islamic Liberalism: the Rejected Alternatif”, dalam Islamic Liberalism A Critique of Development Ideologies, Chicago: the University of Chicago Pers, 1998.

Masykuri Abdillah, “ Negara Ideal Menurut Islam dan Implementasinya Pada Masa kini”, dalam Komarudin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (ed.), Islam Negara dan Civil Society, Gerakan dan Pemikiran Islam Kontemporer, Jakarta: Paramadina, 2005.

Muhyar Fanani, Membumikan Hukum Langit, Nasionalisasi Hukum Islam dan Islamisasi Hukum Nasional Pasca Reformasi, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Munawir Sadzali, Islam and Government System teaching, history and reflections, Jakarta: INIS, 1991.

PlumX Metrics

Published
2023-12-29
Section
Articles