Islamic Branding Experience dan Customer Citizenship Behaviour terhadap Keputusan Menggunakan Layanan LinkAja Syariah

  • Raja Ela Safira Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Dhidhin Noer Ady Rahmanto Universitas Alma Ata Yogyakarta
Abstract views: 665 , PDF downloads: 807
Keywords: Islamic Branding Experience, Customer Citizenship Behaviour, E-Wallet Syariah

Abstract

The influence of Islamic branding experience and customer citizenship behavior on the decision to use sharia linkaja services is the focus of this research, this is due to the increasing use of digitalization of sharia finance. The sample used was 252 respondents, the sampling technique used purposive sampling, namely the selection of samples with specified criteria. The results show that partially Islamic branding experience has a significant effect on decisions to use services, then customer citizenship behavior has a positive and significant effect on decisions to use services, which means that the better customer citizenship behavior, the more decisions to use services. Simultaneously, both Islamic branding experience and customer citizenship behavior have a positive and significant effect on decisions to use services simultaneously.

Islamic branding experience dan customer citizenship behaviour terhadap keputusan menggunakan layanan linkaja syariah menjadi fokus penelitian dikarenakan meningkatnya penggunaan digitalisasi keuangan syariah. Sample yang diperoleh 252 responden, teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling, yaitu pemilihan sample dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial islamic branding experience berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan layanan, Selanjutnya customer citizenship behaviour berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan layanan artinya semakin baik customer citizenship behaviour maka semakin meningkatkan keputusan menggunakan layanan. Secara simultan baik islamic branding experience dan customer citizenship behaviour berpengaruh secara bersamaan positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan layanan.

References

A. P. J. I. I. (2021). Hasil dari Survey Pengguna Internet di Indonesia pada Tahun 2018.

Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna i-Saku Di Indomaret. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 473–478.

Alserhan, B. A. (2010). On Islamic branding : Brands As Good Deeds. Journal of Islamic Marketing, 1(2).

Aprilia, L. (2016). Pengaruh Faktor Individu Dan Sosial Terhadap Keputusan Menggunakan (Survei pada Pengguna Aplikasi Mobile Messaging di Kota Bandung). 1(1), 202–212.

Ardela, F. (2017). Perkembangan Fintech di Indonesia. Https://www.finansialku.com/perkembangan-Fintech-Di-Indonesia/.

Ascarya, & Subari. (2003). Kebijakan Moneter di Indonesia. PPSK BI.

Brakus, J.J., Schmitt, B. ., & Zarantonello, L. (2009). Brand Experience : What is it? How is it Meassured? Does it Affect Loyalty? Journal of Marketing, 13(2).

Chandra, H., & Simanjorang, E. F. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Internet Banking Pt. Bank Mestika Rantauprapat. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 3(1), 78–92. https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.693

Chauhan, S. (2015). Acceptance of mobile by poor citizens of India : Integrating trust into the technology acceptance model. Emerald Insight, 17(3), 58–68.

CNN. (2019). Waspada Bahaya Mengintai di Era Cashless Society. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190308142700-83-375574/waspada-bahaya-mengintai-di-era-cashless-society

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun, 6(2).

Groth. (2005). Customers as Good Soldiers: Examining Citizenship Behaviors in Internet Service Deliveries. Journal of Management, 31(1), 7–27.

Hair, J. F., Black, W., Babin, B. J., & Anderson, R. (2010). Multivariate data analysis. Prentice Hall.

Jobber, D., & Lancaster, G. (2010). Selling and Sales Management. Prentice Hall.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler & Armstrong. (2012). Philip Kotler Gary Armstrong, Prinsif-prinsif Pemasaran edisi 12 jilid 1. intro ( PDFDrive.com ).pdf (pp. 1–27).

Organ, D. W., P. M. P., & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational Citizenship Behavior: Its Nature, Antecedents, and Consequences. Sage Publications, Inc.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Ranto, D. W. P. (2013). Menciptakan Islamic Branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen. Jumal Bisnis Manajeman Akuntansi, 1(2), 1–11.

Razati, G. (2008). PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA KARTU KREDIT BNI (Survei Pada Dosen FPIPS UPI Pengguna Kartu kredit BNI’46). Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 8(2), 16. https://doi.org/10.17509/strategic.v8i2.1017

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suharno. (2019). Marketing in Practice. Graha Ilmu.

Telkomsel. (2019). Mengganti Dompet dengan Smartphone untuk Pembayaran Digital. https://www.telkomsel.com/about-us/blogs/mengganti-dompet-dengan-smartphone-untuk-pembayaran-digital-telkomsel

Temporal, P. (2016). Branding for The Public Sector, Creating, Building and Managing Brand People Will Value. Wiley.

Tirtana, I., & Sari, P. S. (2014). Analisis pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap penggunaan mobile banking. Seminar Nasional Dan Call for Paper Program Studi Akuntansi-FEB UMS, 25, 671–688.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. In Andi Offset. Andi Offset.

Walter, N., Cleff, T., & Chu, G. (2013). Brand Experience’S Influence on Customer Satisfaction and Loyalty: a Mirage in Marketing Research? International Journal of Management Research and Business Strategy, 2(1), 130–144.

Wenas, R., Jorie, R., & Taroreh, O. (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Jasa Asuransi Pada Asuransi Jasindo Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 312–321. https://doi.org/10.35794/emba.v3i3.9388

www.linkaja.com. (n.d.). Dompet Digital LinkAja.

Zhu, D. H., Sun, H., & Chang, Y. P. (2016). Effect of social support on customer satisfaction and citizenship behavior in online brand communities: The moderating role of support source. Journal of Retailing and Consumer Services, 31, 287–293. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.04.01

PlumX Metrics

Published
2022-05-17
Section
Articles