EKSISTENSI KELUARGA DALAM PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstract:
This article aims to discuss the existence of families in fulfilling children’s education during the Covid-19 pandemic. The existence of the Covid-19 pandemic has quite large implications in all aspects of life, both from economic, health, social, political and educational aspects. The government issued a policy regarding provisions in regulating education from school to home, in fact it caused various problems that were felt by both parents, especially for children. The existence of families, namely parents, both fathers and mothers, who initially paid less attention and education to their children because children have studied at school, now must provide more optimal care and education to maintain and increase children’s learning motivation. Not only that, parents as teachers must also provide maximum education in order to create motivation in children to be able to carry out learning activities so that existing goals can be achieved even during the Covid-19 pandemic.
Keywords: Family existence, children’s education, Covid-19 Pandemic
Abstrak:
Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang eksistensi keluarga dalam pemenuhan pendidikan anak dimasa pandemi covid-19. Adanya pandemi covid-19 cukup menimbulkan implikasi yang besar dalam segala aspek kehidupan, baik dari aspek ekonomi, kesehatan, sosial, politik serta pada aspek pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai ketentuan dalam mengatur pendidikan dari sekolah ke rumah ternyata menimbulkan berbagai masalah yang dirasakan baik orang tua terlebih bagi anak. Eksistensi keluarga yakni orang tua baik ayah maupun ibu yang semula kurang memberikan perhatian dan edukasi terhadap anak karena anak telah belajar disekolah, kini harus lebih memberikan pengasuhan sekaligus edukasi yang optimal untuk menjaga dan meningkatkan motivasi belajar anak. Tidak hanya itu, orang tua sebagai guru juga harus memberikan edukasi yang maksimal agar terwujud motivasi dalam diri anak untuk dapat melakukan aktivitas belajar agar tujuan yang ada dapat tercapai meskipun pada masa pandemi covid-19.
Kata kunci: Eksistensi keluarga, pendidikan anak, Pandemi Covid-19
References
Ardiyana, R. D., et. Al. 1999. Pengaruh keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik
dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Nomor 2.
Fitriani, Laily. 2020. Membangun Pendidikan Ramah Anak Dalam Keluarga Di Era Pandemi Covid-19. Egalita: Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender. Volume 15 Nomor 1.
Hatimah. 2016. Keterlibatsn Keluarga dalam kegiatan di sekolah dalam perspektif kemitran. Bandung: Pedagogia.
Iftitah, Selfi Lailiyatul dan Mardiyana Faridhatul Anawaty. 2020. Peran Orang Tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi covis-19. Journal of Childhood Education) Volume 4 Nomor 2.
Lestari. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga:Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik dalam Keluarga. Jakarta:Prenada MEDIA.
Lilawati, Agustien. 2020. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Anak di Rumah pada Maa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Voume 5 Issue 1.
Lilawati, Agustien. 2021. Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1.
Mufidah. 2013. Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender, Malang: Maliki Press.
Mutiah. 2012. Psikologi bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.
Oktaria & Putra. 2020. Pendidikan anak dalam keluarga sebgai strategi pendidikananak usia dini saat pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, Volume 7 Nomor 1.
Puspitawati, Herien. 2013. Fungsi Keluarga, Pembagian Peran dan Kemitraan Gender Dalam Keluarga. Bogor: PT IPB Press.
Puspitawati, Herien. 2012. Gender dan Keluarga Konsep dan Realita Indonesia. Bogor: PT Penerbit IPB ress.
. 2012. Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita Indonesia. Bogor: PT Penerbit IB Press.
Rahman, Misran. 2015. Pendidikan Keluarga Berbasis Gender. Musawa, Volume 7 Nomor 2.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Trisnadewi & Muliani. 2020. Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Ulfiah. 2016. Psikologi Keluarga. Bogor: Ghalia Indonesia.
Umar, Nasaruddin. 2001. Argumen Kesetaraan Gender Perspektif Alquran. Jakarta: Paramadina.
Wahyu, Trisnawati. 2019. Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1.
Yosada & Kurnia. 2021. Mencipakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, Volume 5 Nomor 2 (2019). https://kbbi.kata.web.id/kemitraan/.