Analisis Kesetaraan Gender dalam Novel Ma Yan Karya Sanie B. Kuncoro

Abstract views: 373 , PDF downloads: 220
Keywords: Ma Yan, Novel, Kesetaraan Gender

Abstract

Kesetaraan gender adalah kondisi yang sama antara laki-laki dan perempuan untuk memperoleh hak-hak serta kesempatan sebagai manusia. Dalam sebuah karya sastra, kesetaraan gender dilukiskan dengan adanya suatu permasalahan di alur cerita antara tokoh laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketidaksetaraan gender yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Ma Yan karya Sanie B. Kuncoro serta nilai-nilai pendidikan yang ditanamkan oleh tokoh tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian berupa paparan perjuangan seorang tokoh utama perempuan dalam novel Ma Yan karya Sanie B. Kuncoro. Permasalahn yang dialami oleh tokoh utama dalam novel ini adalah menyangkut tradisi patriarki yang sangat melekat dan sulit untuk dilepaskan di masyarakat, serta perjuangan seorang gadis dalam mendapatkan pendidikan. Kesetaraan dalam hidup adalah hak bagi setiap perempuan. Dalam novel Ma Yan ditemukan bahwa salah satu strategi yang dilakukan oleh Ma Yan dalam memperjuangkan kesetaraan pendidikan bagi perempuan adalah dengan menentang tradisi patriarki yang sebelumnya telah menguasai cara berfikir masyarakat.

References

Adampe, Regina Yolanda, dan Universitas S A M Ratulangi. “Sastra Indonesia,” 2015, 1–20.

Adelina Yuristia. “Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan.” Journal Ilmu sosial dan Budaya 2, no. 1 (2018): 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714.

Arbain, Janu, Nur Azizah, dan Ika Novita Sari. “PEMIKIRAN GENDER MENURUT PARA AHLI: Telaah atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 11, no. 1 (2017): 75. https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1447.

Fibrianto, Alan Sigit. “Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Organisasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016.” Jurnal Analisa Sosiologi 5, no. 1 (2018). https://doi.org/10.20961/jas.v5i1.18422.

Hilal, Cak. “Solusi Islam Tawaran Perjuangan KAMMI.pdf,” n.d.

HS, Apri Kartikasari, dan Edy Suprapto. Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Cv. Ae Media Grafika. Vol. 1, 2018.

Istiqomah, Nuriana, Mukh Doyin, Jurusan Bahasa, Fakultas Bahasa, dan Universitas Negeri Semarang. “Sikap Hidup Orang Jawa Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari.” Jurnal Sastra Indonesia 3, no. 1 (2014): 1–9.

Kuncoro, Sanie B. Ma Yan. iii. PT Bentang Pustaka, 2014.

Marwah, Siti Shafa, Makhmud Syafe’i, dan Elan Sumarna. “Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2018): 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336.

Marzuki, Marzuki. “Kajian tentang teori-teori gender.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 2007. https://doi.org/10.21831/civics.v4i2.6032.

Mulyaningsih, Ardana Tri. “Perspektif Gender dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Sastra Feminis dan Implementasi sebagai Bahan Ajar di SMA,” 2015.

Nasri, Daratullaila. “Ketidakadilan Gender Terhadap Perempuan Dalam Novel Padusi Karya Ka’Bati.” Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra 7, no. 2 (2017): 225. https://doi.org/10.31503/madah.v7i2.431.

Nasution, Yuannisah Aini. “Perbandingan Tokoh Perempuan dalam Novel ‘ Amelia ’ Karya Tere Liye dan ‘ Gadis Pantai ’ Karya Pramoedya Ananta Toer Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Al Washliyah Labuhanbatu.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2, no. 1 (2019): 30–41.

Nugrahani, farida. dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, 2006.

Prasetyawati, Niken. “Perspektif Gender Dalam Pembangunan Nasional Indonesia.” IPTEK Journal of Proceedings Series 0, no. 5 (2018): 53. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4421.

Probosiwi, Ratih. “Perempuan dan Perannya dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial.” Jurnal Natapraja 3, no. 1 (2015): 41–72.

Prof. Dr. Suryana, MSi. “Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2012, 1–243. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Puspitawati, Herien. “KONSEP, TEORI DAN ANALISIS GENDER.” Cloudfront.Net, 2013.

Qomariah, Dede Nurul. “Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender Dalam Keluarga.” Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS 4, no. 2 (2019): 52–58.

Raditiyanto, Satria. “Novel the Other Side of Midnight Karya Sidney Sheldon : Kajian Sosiologi Sastra.” Kehidupan Tokoh Noelle Page Dalam Novel 12, no. 2 (2018): 156–61.

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2011.

Rahmi Fitrianti, dan Habibullah. “Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan.” Sosiokonsepsia 17, no. 01 (2012): 85–100. http://ejournal.kemsos.go.id/index.php/SosioKonsepsia/article/view/809/407.

Romdloni, Romdloni. “Book Review: The TAO of Islam.” Review of Social Economy, 2019, 14.

Struktur, Analisis, Fungsional Dan, Nilai Sosial, Karya Maria, dan Matildis Banda. “Analisis struktur fungsional dan nilai sosial budaya dalam novel ‘suara samudra catatan dari lamalera’ karya maria matildis banda,” no. 2 (2021).

Sulistyaningrum, Yulya. “Analisis gender dalam novel,” 2013, 7–8.

Sulistyowati, Yuni. “Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial.” IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies 1, no. 2 (2021): 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317.

Sumar, Warni Tune. “Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan.” Musawa 7, no. 7 (2015): 158–82. https://media.neliti.com/media/publications/113902-ID-implementasi-kesetaraan-gender-dalam-bid.pdf.

Suriansyah, A. “Landasan pendidikan,” 2011. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf.

Susanto, Nanang Hasan. “Tantangan Mewujudkan Kesetaraan Gender Dalam Budaya Patriarki.” Muwazah 7, no. 2 (2015): 120–30.

Tarigan, Marlina Br. “WAJAH SEBUAH VAGINA KARYA NANING PRANOTO : KETIDAKADILAN DAN KEKERASAN TERHADAP,” 2010.

PlumX Metrics

Published
2022-11-17
Section
Articles