Persepsi Masyarakat Terhadap Manajemen Pembelajaran Sekolah Inklusi Di Kabupaten Ponorogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi persepsi masyarakat mengenai manajemen pembelajaran sekolah inklusi di Ponorogo. Faktor usia, tingkat pendidikan dan rendahnya aktivitas sosial mengakibatkan pemahaman masyarakat ponorogo cukup rendah terhadap pembelajaran di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan data dalam penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara dan observasi kepada tiga responden kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum masyarakat di Ponorogo telah memahami model pembelajaran sekolah inklusi.
References
Amka. “Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan
Selatan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 4, no. 1 (2019): 87.
https://doi.org/10.24832/jpnk.V4i1.1234.
Anita Kresnawaty, Sima Mulyadi. Manajemen Pembelajaran Inklusi Pada Anak
Usia Dini. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi, 2020.
Aryani Safithry, Esty. Asesmen Teknik Tes Dan Non Tes. Malang: CV IRDH, 2018.
Astuti, Idayu. Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang: Bayumedia
Publishing, 2011.
Bado, Basri. Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah.
Edited by Tahta Media. Tahta Media Group, 2022.
Binahayati Rusyidi, Indah Permata Darma. “Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di
Indonesia.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2
(2015): 223. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530.
Dkk, Aprilian Ria Adisti, Lilik Sriyanti, M. Agung Hidayatullah. Promoting
Disability Rights In Indonesia: Proceedings of the 2nd Indonesian Conference on
Disability Studies Ank Inclusive Education. Edited by Arif Maftuhin.
Yogyakarta: PLD Press, 2020.
Dkk, Ayu Rahayu, Asri Budiningsih, Dinar Westri Andini. Pengembangan
Kurikulum Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Edited by
Flora Maharani. Yogyakarta: PT KANISIUS, 2020.
Dkk, Nurul Zuriah, Gonda Yumitro, Vina Salviana Darvina Soerdawo.
Sensitivitas Gender Dalam Partai Politik Di Indonesia Dan India. Malang: UMM
Press, 2019.
Dkk, Sofyan Sauri, Arman Maulana, Siti Rosmayati. Pengelolaan Pembelajaran
Dalam Proses Pengembangan Sosial Emosional Standar PAUD. Edited by
Arman Maulana. Guepedia, 2021.
Dkk, Wulan Patria Saroinsong, Muhammad Nurul Ashar, Sujarwanto.
Workbook: Mengelola Stress Pada Guru (Sebuah Aplikasi Dalam Pembelajaran
Transformasional Di Sekolah Inklusi). Edited by Dwi Poedjiastutie. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.
Dkk, Evi Muafiah. “Gender Equality and Social Inclussion Pada Dua Sekolah
Inklusi Di Ponorogo.” Jurnal Musawa 19, no. 2 (2020): 142.
Dkk, Purwati. “Perspektif Orang Tua Terhadap Kesetaraan Gender Dan Inklusi
Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak.” Jurnal BEST 3, no. 2
(2020): 115.
Harfiani, Rizka. Manajemen Program Pendidikan Inklusif. Edited by Hasrian Rudi
Setiawan. Medan: UMSU Press, 2021.
Indarti, Luluk. Manajemen Pembelajaran. Edited by Guepedia. Guepedia, 2020.
John Rafafy Batlolona, Mathias Gemnafle. “Manajemen Pembelajaran.” Jurnal
Pendidikan Profesi Guru Indonesia 1, no. 1 (2021): 30–31.
Khadijah. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik. Jakarta:
KENCANA, 2021.
Minsih. Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Edited by Rininta. Surakarta:
Muhammadiyah University Press, 2020.
Nasir Ari Bowo, Ahmad. Cerita Cinta Belajar Mengajar. Yogyakarta:
DEEPUBLISH, 2015.
Nurfadhilah, Septy. Mengenal Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Edited by Resa
Awahita. Sukabumi: CV Jejak, 2021.
Pane, Aprida. “Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3,
no. 2 (2017): 338.
Rizky Idhartono, Amelia. Pembelajaran Seni Musik Dan Tari Anak Berkebutuhan
Khusus. Solok: INSAN CENDEKIA MANDIRI, 2021.
Rukajat, Ajat. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.
Sri Astuti, Yoce Aliah Darma. Pemahaman Konsep Literasi Gender. Edited by Budi
Riswandi. Tasikmalaya: LANGGAM PUSTAKA, 2021.
Sunaengsih, Cucun. Pengelolaan Pendidikan. Edited by Aah Ahmad Syahid.
Sumedang: UPI Sumedang Press, 2017.
Titin Supriastuti, Dadan Nurulhaq. Manajemen Pembelajaran SKI. Edited by Titin
Supriastuti. Bandung: CV Cendekia Press, 2020.
Wati, Ery. “Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota
Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 14, no. 2 (2014): 372–73.
Yayuk Yuliati, Jedda Ayu Inggrida, Keppi Sukesi, Dkk. Sosiologi Gender: Konsep
Dan Aplikasinya Di Pedesaan. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2021.
Yusanto, Yoki. “Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif.” Journal of Scientific
Communication (Jsc) 1, no. 1 (2020): 1–13.
Zulaiha, Siti. “Urgensi Kurikulum Dan Sistem Pembelajaran Inklusif Gender.”
Jurnal Terampil 4, no. 2 (2017): 91–94.