Peran Ganda Ibu Rumah Tangga yang Bekerja: Studi Pada Perempuan Pekerja Harian di Batik Tulis Jatipelem

  • khabibur Rohman UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG
Abstract views: 539 , PDF downloads: 187
Keywords: peran ganda perempuan, feminisme liberal, kajian fenomenologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi peran ganda perempuan sebagai Ibu Rumah Tangga sekaligus buruh di Industri Batik Tulis Desa Jatipelem Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan teori feminisme liberal yang mendasarkan pemikirannya kepada paham liberal yang menyatakan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki hak dan kesempatan yang sama, serta perempuan sebagai individu memiliki kebebasan secara penuh atas dirinya. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara yang dilakukan kepada 5 perempuan di Jatipelem yang menjalankan peran ganda. Selain itu, untuk menguatkan analisis hasil penelitian, studi ini juga memanfaatkan metode kajian literatur yang diambil dari berbagai sumber, diantaranya literature journal, buku, website, serta sumber lainnya yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa sekalipun perempuan menjalankan peran ganda, baik sebagai Ibu Rumah Tangga maupun sebagai pekerja batik, kondisi tersebut tidak mengurangi produktivitas mereka dalam bekerja. Selanjutnya, peran ganda yang dijalankan perempuan juga membawa dampak positif secara sosial, yaitu perempuan yang bekerja memiliki produksi pengetahuan sosial yang lebih baik dibandingkan perempuan yang tidak bekerja. Namun demikian, kondisi tersebut juga menimbulkan efek samping, yaitu waktu yang lebih singkat untuk berkumpul bersama keluarga.

References

Al-hasany,Z.A.(2000). Membicang Feminisme Diskursus Gender Perspektif Islam. Surabaya:Risa;ah Gusti.

Anggrani Galuh.2003.Hubungan antara konflik Peran Ganda Dengan Tingkat Stress Pada Ibu Keluarga. Surabaya: Skripsi Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus.

Ardiansyah, N. (2007) Pengaruh konflik peran ganda terhadap Psychological Well Being Pada Guru SLB di Malang. Malang UIN Maulana Malik Ibrahim.

Aristya Rahmaharyati M,Budhi Wibhawa R. dan Nunung Nurwati. peran ganda buruh perempuan sektor industri dalam keluarga. Jurnal penelitian & pkm vol 4, No.2, Juli 2017.

Arjani,Ni Luh dan Ni Made Wiasti 1991 “Pekerja wanita pada industri Rumah Tangga Sandang di Bali” Laporan penelitan.Yogyakarta:Pusat penelitan kependudukan-UGM.

Arsini. Peran ganda perempuan pada keluarga masyarakat agraris kasus 10 istri buruh tani di Desa Putat Purwodadi Grobogan Vol.10, Nomor 1, Oktober 2014.

Haryono, S J T, dkk.1993.Peran buruh Seorang Wanita dalam Kehidupan Beruah Tangga. Surabaya: Lembaga Penelitian UNAIR, Pusat Penelitian Studi Wanita.

Irwan Abdullah, sangkan paran gender, 1997, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Nasikun 1990 “peningkatan peranan wanita dalam pembangunan:Teori dan Implikasi kebijaksanaan.”

Rizky Wilfrida Valentine S.,dan Prof.Indah Susilowati. analisis peran ganda dan strategi pemberdayaan janda yang bekerja yang ada di pesisir kota Semarang Vol 2,No 4,Tahun 2013.

Suhertina,Darni. Fenomena Double Burden perempun pemulung muslim dalam pengelolaan ekonomi keluarga Vol 17,No.2 2018.

PlumX Metrics

Published
2023-06-08
Section
Articles