THE IMPLEMENTATION Of ISLAMIC BOARDING SCHOOL CURRICULUM MANAGEMENT IN 4.0 ERA IN JEPARA REGENCY

Ali As'ad(1*), Purwanto Purwanto(2), Yusup Rohmadi(3)
(1) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
(2) Institut Agama Islam Negeri Surakarta Solo
(3) Institut Agama Islam Negeri Surakarta Solo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.21154/kodifikasia.v14i1.1898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum pesantren di Kabupaten Jepara di Era 4.0.  Mengapa pesantren sudah menggunakan 4.0, tapi peserta didik tidak menguasai penggunaan media digital. Pondok Kabupaten Jepara ini adalah untuk mengetahui dinamika proses kebijakan pelaksanaan manajemen pendidikan di pesantren tersebut, untuk mengetahui pola manajemen yang dipraktekkan pengelola (kyai) dalam menggerakkan dan mengelola semua sumber daya di pesantren dan untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat dalam kebijakan pengembngan  manajemen pesantren sebagai tindak lanjut dalam peningkatan pengelolaan pendidikan pesantren. Penelitian ini di laksanakan di pondok pesatren memakai penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif atau pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan telaah dokumentasi, wawancara dan observasi, analisis datang dengan tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penyimpulan. Hasil penelitian dideskripsikan dengan dianalisis sehingga dapat menemukan menemukan teori serta pesan manajemen pendidikan madrasah pesantren (kyai) dengan manajemen pendidikan pesantren (kemenag). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan merupakan suatu metode yang di gunakan untuk suatu hasil produk tertentu serta menguji keefektifan dari produk tersebut. Upaya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan temuan temuan baru. Jadi penelitian ini adalah upaya untuk membuktikan mengembangkan dan menemukan bukti kongkret kebenaran sebuah model yang telah ada. hasil penelitian sangat mendukung dalam proses pembelajaran yaitu adanya fasiltas proyektor, laptop, audio, sehingga pada saat pembelajaran materi sangat didukung dengan fasilitas tersebut, dan juga guru sangat terbantu fasilitas tersebut itu terbukti pada saat proses pembelajran guru menyampaikan materi menggunakan semua fasilitas tersebut sehingga peserta didik tidak jenuh dikelas. [This study aims to: (1) explain the meaning of Islamic boarding schools; 2) explain the basis of religion, philosophical foundation and also social foundation Management culture of Islamic Boarding Schools; and (3) explain the curriculum development of Islamic boarding schools in Jepara. This research was carried out in several Islamic boarding schools in Jepara district. This study uses a qualitative method by emphasizing descriptive and problem analysis using a type of problem analysis (field research) that focuses on the analytical studies. So this research is an attempt to prove the development and finding concrete evidence of the truth of an existing model. The results of the study show that development is a method used for a particular product outcome and testing the effectiveness of the product. Efforts to develop new knowledge and findings. So this research is an attempt to prove the development and also find the real evidence and the truth of an existing model. The result of this research support the learning process such as the existence of projector facilities, laptops and audio, so that the learning process will be supported by these facilities, and also the teacher is greatly helped by these facilities as evidenced during the learning process the teacher delivers the material by using all of these facilities so that students not feel saturated in the class.]

 

Keywords


Manejemen kurikulum; Pondok Pesantren; Implementasi

References


Ali, Muhammad. Curriculum Development in Schools. Bandung: Sinar Baru, 1989.

Al-Syaibani, Omar Mohammad Al-Toumy. Islamic Education Philosophy. Edited by Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Barnadib, Imam. Educational Philosophy. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002.

Bastomi, Hasan. “Belajar Toleransi Di Pondok Pesantren Gontor Ponorogo.” Edudeena 3 (2017): 53–67.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradition of the Pesantren Study of the Life View of the Kyai and His Vision Regarding Indonesia’s Future. Jakarta: LP3ES, 2011.

Diantoro, Fery. “Implementasi Manajemen Personalia Pendidikan Islam Berbasis Pengabdian Di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar, Jawa Timur.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (June 9, 2020): 137–54. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-08.

Djamil, Abdul. In Introduction to Educational Ideology of Islamic Boarding Schools in the Flow of Educational Ideologies. Semarang: Library of Rizki Putra, 2007.

Haryati, Sri. “Research and Development (R & D) as One of the Research Models in the Field of Education.” Journal of Research And Development (R & D) 37, no. 1 (2012).

HM, Muhtarom. “Reproduction of Ulama in the Era of Globalization.” Publisher of Student Library, 2005.

Itmam, Muhammad Shohibul. “INDONESIAN JURISPRUDENCE PERSPEKTIF AHMAD QODRI AZIZY (Indonesian Jurisprudence Ahmad Qodri Azizy ’s Perspective).” Justicia Islamica Jurnal Kajian Hukum Dan Sosial 16, no. 2 (2019): 367–94. https://doi.org/10.21154/justicia.v16i1.1639.

Khotimah, Husnul. “PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNAWICARA DI SEKOLAH DASAR INKLUSI.” Edudeene Vol. 3 No. 1 Januari 2019 3 No. 1 Ja (2019): 1–12.

Muthohar, Ahmad. Islamic Education Ideology; Islamic Boarding School Amid the Flow of Educational Ideologies. Semarang: Library Rizki Putra, 2007.

Nasution, S. Curriculum Principles. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nurgiyantoro, Burhan. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah : (Sebuah Pengantar Teoretis Dan Pelaksanaan). Yogyakarta: BPFE, 1988.

Rusman. Curriculum Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

School, Directorate of Religious Education and Boarding. Technical Guidelines for the Implementation of Compulsory Universal Basic Education Boarding School In Salafiyah. Jakarta: Ministry of Religion, 2003.

Siradj, Said Aqil, and Et Al. Future Islamic Boarding School; Discourse on Pesantren Empowerment and Transformation. Bandung: Hidayah Library, 1999.

Sudjana, Nana. Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. Bandung: Sinar Baru, 1991.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Curriculum Development Theory and Practice. Bandung: Rosdakarya, 1997.

Wahid, Abdurrahman. Moves Tradition; Pesantren Essays. Yogyakarta: LKiS, 2001.


Article Statistic

Abstract view : 424 times
PDF views : 315 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kodifikasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.