AMANAH FINANCE MARKETING STRATEGY BULUKUMBA BRANCH IN INCREASING MURABAHAH FINANCING

Syahruddin Kadir(1*), Muh. Amir Basri(2)
(1) Institut Agama islam Muhammadiyah Sinjai
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.21154/kodifikasia.v15i2.2277

Abstract

Di era modern ini, pertumbuhan bisnis semakin meningkat dan semakin hari kian bersaing, banyaknya perusahaan dengan produk pembiayaan yang sejenis. Adanya kesamaan produk antar perusahaan ini menyebabkan terjadinya persaingan antar perusahaan dalam memperebutkan pangsa pasar serta konsumen. Untuk dapat memenangkan persaingan ini, maka sangat diperlukan startegi untuk menarik minat konsumen terhadap produk pembiayaan. Amanah Finance memerlukan adanya penerapan strategi pemasaran yang sesuai syariah sehingga dapat meningkatkan pembiayaan murabahah demi memenangkan persaingan pangsa pasar. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan fenomologis. Data dikumpulkan dengan pengamatan mencakup deskripsi dalam konteks mendetail yang disertai catatan hasil pengamatan, wawancara, serta hasil analisis dokumen dan catatan. Teknik analisis menggunakan deskriptif analitis melalui reduksi data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Dengan hasil penelitian bahwa strategi pemasaran Amanah Finance Cabang Bulukumba dalam meningkatkan pembiayaan akad murabahah terbagi menjadi dua yaitu strategi internal dan eksternal. Strategi internal yang dilakukan adalah dengan menjalankan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi 4P yakni strategi penentuan lokasi (place), strategi produk (produk), strategi harga (price), dan strategi promosi (promotion). Strategi eksternal yang dilakukan Amanah Finance terbagi menjadi dua faktor lingkungan. Pertama; lingkungan mikro adalah kekuatan yang dekat dengan lembaga yang bersangkutan dengan pelayanan nasabah. Kedua; lingkungan makro lebih menekankan kepada kemampuan yang mempengaruhi  lembaga Amanah Finance secara keseluruhan. Strategi pemasaran yang dilakukan menunjukkan bahwa pembiayaan kendaraan dengan akad murabahah memiliki kekuatan yang lebih besar daripada kelemahannya, begitupun dengan peluangnya lebih besar daripada ancamannya. [In this modern era, business growth is increasing and increasingly competitive, there are many companies with similar financing products. The existence of product similarities between these companies causes competition between companies in fighting for market share and consumers. To be able to win this competition, a strategy is needed to attract consumers' interest in financing products. Amanah Finance requires the implementation of sharia-compliant marketing strategies to increase murabahah financing to win market share competition. This research is qualitative with a phenomenological approach. Data were collected through observations, including descriptions in detailed contexts accompanied by notes on observations, interviews, and analysis of documents and notes. The analysis technique uses analytical descriptive through data reduction and verification/drawing concluding. With the research results, the marketing strategy of the Bulukumba Branch of Amanah Finance in increasing murabahah financing is divided into two, namely internal and external strategies. The internal strategy undertaken is to implement a marketing mix strategy which includes the 4Ps, namely the strategy for determining the location (place), the strategy for the product (product), the strategy for the price (price), and the strategy for promotion (promotion). The external strategy implemented by Amanah Finance is divided into two environmental factors. First; The microenvironment is a force close to the institution concerned with customer service. Second; The macro-environment places more emphasis on capabilities that affect the overall Amanah Finance institution. The marketing strategy carried out shows that the vehicle financing is with a contractmurabahah have strengths greater than weaknesses, likewise with greater opportunities than threats.]

Keywords


Strategy; Marketing; Financing; Murabahah

References


Achmad. Sistem dan Manajemen Distribusi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Afrida, Yenti. “Analisis Pembiayaan Murabahah di Perbankan Syariah” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 1 (2) (Desember 2016).

Al Arif, M. Nur Rianto. Lembaga Keuangan Syariah: Suatu Kajian Teoretis Praktis. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Antonio, M. Syafi‟I. Bank Syariah dari Teori ke Praktek (Jakarta: PT Gema Insani Press, 2011.

Ascarya. Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2011.

Assauri, Sofyan. Manajemen Pemasaran. Cet. VII; Jilid. I; Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2004.

Bahjatulloh, Qi Mangku. “Ekonomi Syariah Kajian Pembiayaan Murabahah antara Teori dan praktek”. Jurnal Muqtasid 2 (2) (Desember 2011).

Binti Nur, Asiyah. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: Teras, 2015.

Chaudry, Muhammad Sharif. Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar, trans. Oleh Suherman Rosyidi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Dealer Suzuki PT. Mega Putra Sejahtera. “Tabel Angsuran dan Harga”, Brosur, Dealer Suzuki Cabang Bulukumba, 2021.

Emir, Mohamad. “Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional)”. Jurnal Manajemen 13 (1) (2018).

Fajar. Pengantar Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2015.

Fatimah. Panduan Menyusun Strategi Penjualan. Yogyakarta: Quadrant, 2014.

Fatimah dan Elisabeth. “Staretgi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah pada Bank X Syariah Cabang Tangerang Selatan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 12 (1) (Agustus 2013).

Firmansyah, Fani. “Analisis SWOT dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan pada PT Bank Panin Bank Syariah Kantor Cabang Malang”. Jurnal Modernisasi 10 (2) (Agustus 2014).

Gitosudarmo, Indriyo. Manajemen Strategis. Cet.1; Yogyakarta: BPFE, 2001.

Hakim, Lukmanul. “Pembiayaan Murabahah pada Perbankan Syariah dalam Perspektif Hukum di Indonesia”. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam” 1 (2) (Desember 2017).

Hanafi, Mamduh M. Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan STIM YKPN: 2011.

Hanjani, Andreani. “Mekanisme Pembiayaan Murabahah pada Nasabah di Baitul Maal Wa Tamwil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta“. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia 1 (1) (Maret 2018).

Hery. Soal Jawab Sistem Pengendalian Manajamen. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Karim, Adiwarman. Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Edisi Kedua; Jakarta: PT Raja Grafindo, 2012.

Karim, Adiwarman. Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2008.

Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana, 2010.

Lamarto, William J. Stanton Y. Prinsip Pemasaran, william J. Stanto Y. Lamarto, Judul Asli: ‘’Fundamentals of Marketing’’. Ed. 7; Jakarta: Erlangga, 1984.

Medina Almunawwaroh, “Analisis Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Di Indonesia”, Jurnal Akuntansi 12 (2) (Desember 2017).

PT Amanah Finance, Profil Amanah Finance. Bulukumba, 2010.

PT Amanah Finance, “Standart Operation Procedure”, Dokumen Internal, PT Amanah Finance, Diakses pada tanggal 17 September 2021.

Rida Faiqoh, “Analisis Strategi Pemasaran KPRS di Bank Muamalat Cabang Kudus”, Jurnal Iqtishadia 6 (2) (2013).

Syamsuir. “Lembaga Keuangan Islam Non Bank”. Jurnal Islamika 15 (1) (2015).

Trimulato, “Analisis Potensi Produk Musyarakah Terhadap Pembiayaan Sektor Riil UMKM”, Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan 18 (1), (April 2017).

Wibowo. “Analisis strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Batik Diajeng Solo)”. Jurnal Administrasi Bisnis 29 (1) (2015).


Article Statistic

Abstract view : 205 times
PDF views : 137 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.