THE EFFECT OF RELIGION AND NATIONAL INSIGHTS ON STUDENT'S RELIGIOUS BEHAVIOUR
Abstract
Membentuk manusia berkarakter yang baik sangat penting pada zaman modern. Saat ini remaja di Indonesia banyak yang memiliki perilaku buruk, seperti: acuh atak acuh terhadap sesama, ketidak pedulian sesama, permusuhan, hamil diluar nikah, hilangnya sikap sopan santun, kurangnya rasa hormat dan berbagai permasalahan lain. Perilaku adalah bentuk aktivitas manusia, hal tersebut tentu tidak terjadi tanpa adanya pondasi setiap individu, orang yang berwawasan keagamaan dan kebangsaan baik, tentu akan berperilaku baik sesuai dengan wawasan yang dimilikinya. Adapun tata cara riset yang digunakan ialah tata cara kuantitatif dengan metode analisis diskripsi, uji asumsi klasik, product moment serta regresi berganda bantuan IBM SPSS 26. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 211 siswa. Instrumen penelitian berupa angket kuesioner, observasi, interview, dan dokumentasi. Tujuan riset ini yakni dapat diketahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Kesimpulan dari riset ini bahwa pengaruh wawasan keagamaan memiliki pengaruh sebesar 99,7% dan wawasan kebangsaan memiliki pengaruh sebesar 16,8%. Secara bersamaan terdapat interaksi yang positif dan signifikan antara wawasan keagamaan serta kebangsaan terhadap perilaku religius siswa sebesar 32,04%. [Forming good human character is very important in modern times. Currently, many teenagers in Indonesia have bad behavior, such as: indifferent to others, indifference to others, hostility, pregnancy out of wedlock, loss of manners, lack of respect, and various other problems. Behavior is a form of human activity, this certainly does not happen without the foundation of every individual, people who have good religious and national insight, will certainly behave well according to the insights they have. The research procedure used is a quantitative method with descriptive analysis method, classical assumption test, product-moment, and multiple regression assisted by IBM SPSS 26. The sample in this study amounted to 211 students. The research instruments were in the form of questionnaires, observations, interviews, and documentation. The purpose of this research is to know the influence of the independent variable on the dependent variable. This research concludes that the influence of religious insight influences 99.7% and national insight has an influence of 16.8%. Simultaneously there is a positive and significant interaction between religious insight and nationality on the religious behavior of students by 32.04%.]
References
Abdullah, M. Yatimin. Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2007.
Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Amanda, Maudy Pritha. “Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja (Adolescent Substance Abuse).” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2017): 339–45. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14392.
Amrullah, Abdul Malik Karim. “Kontribusi Karya Tulis Kiai Basori Alwi Terhadap Pengembangan Wawasan Keagamaan Masyarakat.” Ulul Albab Jurnal Studi Islam, 2013. https://doi.org/10.18860/ua.v0i0.2381.
Creswell, John W., and J. David Creswell. “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell, J. David Creswell - Google Books.” SAGE Publications, Inc., 2018.
Dwi, Eva, Kumala Sari, Muhamad Rosadi, Mahmudah Nur, and Saeful Bahri. “Literasi Keagamaan Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Oleh.” Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial. Vol. 3, 2020.
Dwiyanto, Agus. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. UGM Press, 2021.
Fitri, Nanang Qodri. “Pengaruh Pembelajaran Praktek Kultum Terhadap Wawasan Keagamaan Siswa Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Hamzah, Fajri, and Setiawati. “The Relationship Between The Influence of People’s People on Learning Disciplin.” Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 8, no. 3 (2020).
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, and Nur Hikmatul Auliya. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu, 2020.
Henndy Ginting. “Perubahan Perilaku Sebagai Respon Terhadap Wabah Covid-19.” Tulisan Edukasi HIMPSI Di Masa Pandemi COVID-19 – Seri 14 Seri 14 (2020): 1–7. https://himpsi.or.id/blog/materi-edukasi-covid-19-5/post/perubahan-perilaku-sebagai-respon-terhadap-wabah-covid-19-127.
I Wayan Cong Sujana. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019).
Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Kurniati, Astiwi. “Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Dalam Perpektif Islam.” Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan 8, no. 1 (2016).
Lembaga Administrasi Negara. Wawasan Kebangsaan Dan Nilai Nilai Bela Negara. MOOC, 2019.
Mahmudi, Ibnu. “Urgensi Perilaku Keagamaan Pada Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 3, no. 1 (2019).
Massoweang, Abd. Kadir. “Dinamika Mahasiswa Dalam Membangun Citra Kampus Relegius Di Sulawesi Selatan.” Al-Qalam 12, no. 1 (2018). https://doi.org/10.31969/alq.v12i1.584.
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Nawawi, Nurnaningsih. Aqidah Islam. Makassar: Alauddin University Press, 2011.
Paul M. Muchinsky. “Metode Metode Minat Belajar.” Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul 53, no. 9 (2012).
“Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan Di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang.” Jurnal Pendidikan Karakter 8, no. 1 (2018). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677.
Purwanto, Heri. Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 1999.
Rahim SM, Umar Abdur, and Marlina Chandra. “Pesan-Pesan Komunikasi Edukatif Dalam Mendidik Anak (Tinjauan Prespektif Komunikasi Islam).” Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam 7, no. 1 (2020). https://doi.org/10.37064/jki.v7i1.7908.
Rauf, Nuranny. “Manajemen Masjid Dalam Mengembangkan Wawasan Keagamaan Jamaah Masjid Nurul Iman Al-Khaer Kelurahan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
Siti Robe’ah, Iis, and Siswan To. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Ramah Anak Di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, no. 02 (2021). https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.03.
Sofyan. “Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 24, no. 2 (2015): 185–98.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods).” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2016).
Sugiyono, Prof.Dr. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. (2016).
Supriyusepa. “Problematika Implementasi Kurikulum KTSP Dan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2017.
Syahrotunnisa, Ririn Eka. “Internalisasi Budaya Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMPN 2 Tulungagung.” IAIN Tulungagung, 2012.
Trimuliana, Ifina, Nurbiana Dhieni, and Hapidin Hapidin. “Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun Pada PAUD Model Karakter.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251.
Widisuseno, Iriyanto, and Sri Sudarsih. “Penguatan Wawasan Kebangsaan Sebagai Upaya Pencegahan Paham Radikalisme Dan Intoleransi Di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Salatiga Kotamadia Salatiga.” Harmoni 3, no. 1 (2019).
Copyright (c) 2021 Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.