EDUCATION AUTONOMY IN THE DISRUPTION ERA: CONSTRUCTION OF SCHOOL BASED MANAGEMENT IMPLEMENTATION IN MADRASAH
Abstract
Besarnya peluang kemandirian yang diberikan pemerintah kepada satuan pendidikan melalui otonomi dan desentralisasi pendidikan yang ditambah juga dengan perkembangan zaman di era revolusi industry 4.0 menjadi sebuah tantangan dan tuntutan yang harus dipenuhi. Disrupsi yang terjadi pada semua aspek termasuk pendidikan mengharuskan pengelola pendidikan banyak melakukan penyesuaian terutama dalam aspek manajemen. Artikel ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan datanya melalui interview, observasi dan dokumentasi. Fokus terletak pada bagaimana kontruksi otonomi pendidikan dan keberhasilannya di MIN 1 Trenggalek di era disrupsi, dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontruksi otonomi pendidikan di MIN 1 Tenggalek dan keberhasilannya dalam melaksanakan kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di era disrupsi. Temuan yang diperoleh bahwa otonomi pendidikan yang dikonstruk pada MIN 1 Trenggalek dengan membangun kesiapan antara pemerintah dan satuan pendidikan atas pembagian tugas (job discriptions), penggunaan kesempatan wewenang yang dilakukan oleh Kepala Madrasah untuk mengorganisir program pendidikan, pemberdayaan madrasah dengan memanfaatkan sumberdaya (SDM dan SDA) yang ada di madrasah. Keberhasilannya diantaranya, MIN 1 Trenggalek memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas, sebagai ciri khas serta keberhasilan pada program pendidikan dan program-program pengembangan lainnya yang menunjukkan peningkatan mutu yang dihasilkan. [The magnitude of the opportunities for independence provided by the government to education units through education autonomy and decentralization coupled with the times in the era of the industrial revolution 4.0 is a challenge and demands that must be met. The disruption in many aspects, including education, requires education managers to make many adjustments, especially in the management aspect. This article is field research that uses a qualitative approach by collecting data through interviews, observation, and documentation. The focus lies on how the construction of educational autonomy and its success in MIN 1 Trenggalek in the era of disruption, to know and analyze educational autonomy at MIN 1 Tenggalek and its success in implementing School-Based Management policies in the era of disruption. The findings show that educational autonomy is constructed at MIN 1 Trenggalek by building readiness between the government and education units for job descriptions, using authority by the head of the madrasah to organize educational programs, empowering madrasah by utilizing resources in the madrasah. Its successes include MIN 1 Trenggalek has a clear vision, mission, and objectives, as a characteristic and success in educational programs and other development programs that show the quality improvement produced.]
References
Asad, Asad. “From Bureaucratic-Centralism Management to School Based Management: Managing Human Resources in the Management of Education Program.” Indonesian Research Journal in Education |IRJE| 5, no. 1 (June 17, 2021): 201–25. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12947.
Athiyah, Cut Ummu. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Alternatif Desentralisasi Pendidikan Di MAN 4 Jakarta.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 7, no. 1 (June 30, 2019): 130–45. https://doi.org/10.36052/ANDRAGOGI.V7I1.82.
Aziz, Ahmad Zaini. “Manajemen Berbasis Sekolah : Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah.” Jurnal EL-Tarbawi VIII, no. 1 (2015): 69–92.
Creswell, John. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Edisi Keli. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Approaches (3rd Edition). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 2009. https://doi.org/10.2307/1523157.
Danim, Sudarwan. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: CV. Alfabeta, 2010.
Dasopang, Muhammad Darwis, and Jusrin Efendi Pohan. “School Based Management Model.” International Journal of Health Sciences 6, no. S1 (May 18, 2022): 10596–606. https://doi.org/10.53730/IJHS.V6NS1.7543.
Dian, Dian, Rahmat Hidayat Faturrahman, and Rima Mulyawati. “School-Based Quality Improvement Management System.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (January 16, 2022): 2370–80. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I3.1953.
Hadiyanto. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Hadziq, Abdulloh. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) Dalam Mewujudkan Sekolah Efektif (Studi Kasus Di Mts Nu Sabilul Muttaqin Jepang.” Quality 4, no. 2 (2016): 351–71. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2176.
Hakim, Muhammad Nur. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 104–14. https://doi.org/10.31538/NDH.V1I2.7.
Hamengkubuwono, Hamengkubuwono. “School Based Management Within The Framework of Autonomy at SMP Negeri 1 Rejang Lebong.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 5, no. 1 (May 7, 2021): 55–68. https://doi.org/10.29240/JSMP.V5I1.2601.
Hasbullah, H. M. Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, Dan Kondisi Objektif Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Jamiludin, Barlian, Susi Suhartini, and Nana Sumarna. “Implementation Of School Based Management: A Study Of The Quality Of Learning In Junior High School.” In ISSHE 2020. European Alliance for Innovation n.o., 2021. https://doi.org/10.4108/EAI.25-11-2020.2306708.
Misra, Misra. “Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTsN Batusangkar.” Al-Ta’Lim 20, no. 2 (2012): 431. https://doi.org/10.15548/jt.v20i2.40.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi Dan Implementasi. Rosda Karya. Cet. 15. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.
Munajat, Nur. “Kebijakan Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8, no. 2 (2016). https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V8I2.74.
Nazwa, Achsana, Edi Harapan, and Rohana. “The Effect of School-Based Management and Academic Supervision on the Education Quality in Junior High School.” Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021) 565 (July 19, 2021): 702–6. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210716.132.
Pasaribu, Asbin. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional di Madrasah.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (April 25, 2017). https://doi.org/10.30596/EDUTECH.V3I1.984.
Patras, Yuyun Elizabeth, Agus Iqbal, Papat Papat, and Yulia Rahman. “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya.” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN 7, no. 2 (September 13, 2019): 800–807. https://doi.org/10.33751/JMP.V7I2.1329.
Putera, Roni Ekha. “Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Bidang Pendidikan Dalam Pencapaian ‘ Millennium Development Goals .’” Mimbar 31, no. 1 (2015): 229–39.
Rosyida, Ida, and Nurtanio Agus Purwanto. “Implementation of School-Based Management to Improve Education Quality at MAN 6 Pidie.” Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021) 640 (January 31, 2022): 404–8. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.220129.074.
Rukayah, Rukayah, and Bambang Ismanto. “Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Semarang.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (December 28, 2016): 178–91. https://doi.org/10.24246/J.JK.2016.V3.I2.P178-191.
Subijanto. “Prinsip-Prinsip Dan Efektivitas Desentralisasi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Dan Relevansi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 16, no. 5 (September 10, 2010): 532–49. https://doi.org/10.24832/JPNK.V16I5.484.
Suryosubroto, S. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
ZA, Tabrani. “Isu-isu Kritis Dalam Pendidikan Islam Perspektif Pedagogik Kritis.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 13, no. 2 (February 1, 2014): 250. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i2.75.
Copyright (c) 2022 Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.