THE IMPACT OF COMMUNITY INTEREST IN SENDING CHILDREN TO IBTIDAIYAH MADRASAH ON THE REDUCTION IN THE NUMBER OF ELEMENTARY SCHOOLS IN PONOROGO REGENCY

  • Mukhlison Effendi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Galih Akbar Prabowo Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
Abstract views: 166 , PDF downloads: 144
Keywords: Primary School, Madrasah Ibtidaiyah, Community interest and perception

Abstract

Penurunan jumlah SD dari tahun 2015 hingga tahun 2019 di Kabupaten Ponorogo sebanyak 12 sekolah dalam waktu 5 tahun. Terdapat kenaikan sebanyak 14 sekolah MI dalam waktu 5 (2015-2019) tahun di Kabupaten Ponorogo.Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di MI adalah faktor ketertarikan, perasaan senang dan perhatian. Nilai signifikan dari hasil perhitungan regresi menunjukkan angka 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak. Nilai signifikan yang kurang dari 0,05 menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh persepsi orang tua terhadap minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di MI. [Decreasing the number of elementary schools from 2015 to 2019 in Ponorogo District was 12 schools in 5 years. There has been an increase of 14 MI(Madrasah Ibtidaiyah) in 5 (2015-2019) years in Ponorogo Regency. Factors affecting the community's interest in sending children to MI are factors of interest, feelings of pleasure and attention. Significant value of the results of the regression calculation shows the number 0,000 <0.05 so that H0 is rejected. Significant value of less than 0.05 indicates the result that there is an influence of parental perceptions of parents' interest in sending their children to MI.]

References

Akyas Azhari. Psikologi Umum Dan Perkembangan. Jakarta: Teraju, 2004.

Ali, Mohammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo, 2009.

Asmani, Jamal Ma’mur. Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan Merintis Dan Mengelola Madrasah Yang Kompetitif. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Bimo Walgito. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi, 2010.

Fathurohman, Nanang. Pendidikan Madrasah Berbasis Enterpreneurship. Depok: Lentera Hati, 2012.

Habiby, Wahdan Najib, and Saroh Nur Fiatin. “Persepsi Masyarakat Dan Dampak Sistem Zonasi Untuk Jenjang Sekolah Dasar Di Kecamatan Serengan Kota Surakarta.” Jppd 6, no. 2 (2019): 225–38. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.10151.

Hadisumarno, Bintarto dan Surastopo. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES, 1982.

Muflihah, Anik, and Arghob Khofya Haqiqi. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah.” Quality 7, no. 2 (2019): 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039.

Nasional, Departemen Pendididikan. “Kamus Besar Bahasa Indonesia,” 1000. Jakarta: Balai Pustaka, 2010.

Nata, Abudin. Sejarah Sosial Intelektual Islam Dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: Rajawali Press, 2021.

Nisa’, Risvia Vahrotun. “Peranan Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 19, no. 2 (2018): 225. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1001.

Rismayanthi, Cerika. “Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Pendidikan Jasmani Indonesia 8, no. 1 (2011): 1–17.

Siagian, Sondang P. Teori Motivasi Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Jakarta: Pustaka Setia, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Alfabheta, 2017.

Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC, 2004.

Surwono, Sarlito Wirawan. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang, 1999.

Tika, Moh. Pabundu. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: Gramedia, 2005.

PlumX Metrics

Published
2022-12-26
Section
Articles