THE ROLE OF AKHIDAH AKHLAK TEACHERS IN INCREASING STUDENTS' INTEREST IN LEARNING: CASE STUDY IN MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN KALIJAGA BOJONG

  • Riska Amalia Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Abstract views: 115 , PDF downloads: 129
Keywords: The Role of the teacher, Moral beliefs, Interest in learning

Abstract

Guru Akhlak Aqidah memiliki peran penting yang sangat erat kaitannya dengan berbagai masalah akhlak. Guru Aqidah Akhlak yang memiliki kompetensi dalam mengajar akan mampu membangkitkan minat belajar siswanya. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa, sehingga rumusan masalahnya adalah “Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTs Sunan Kalijaga Bojong? ". Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di MTs Sunan Kalijaga Bojong dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian: Pertama, peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Sunan Kalijaga Bojong yaitu dengan cara mendidik, memotivasi, menasihati, keteladanan bagi siswa. Guru Akidah Akhlak telah menjalankan perannya dengan baik bersama siswanya, baik saat pembelajaran berlangsung maupun di luar pembelajaran. Kedua, faktor pendukung: (a) adanya buku penunjang pembelajaran; (b) peraturan sekolah yang baik; (c) fasilitas sekolah yang memadai; dan (d) ruang belajar yang baik. Ketiga, faktor penghambat: (a) kurangnya media pembelajaran; (b) kurangnya kerjasama antara guru dan siswa; dan (c) siswa yang masih pasif dalam belajar. Keempat, solusi: (a) guru harus lebih mampu memahami siswa akan pentingnya belajar; (b) guru harus memiliki pengetahuan yang luas; (c) tidak memaksakan hak siswa; (d) keadilan dan toleransi bagi peserta didik; dan (e) guru bekerja sama dengan siswa dan orang tua untuk merangsang minat belajar siswa. [Akhlak Aqidah teacher has an important role that is very closely related to various moral problems. Teachers of Aqidah Akhlak who have competency in teaching will be able to arouse their students' interest in learning. In this study, researchers focused on the role of the Akidah Akhlak teacher in increasing students' learning interest, so that the formulation of the problem was "What is the Role of the Akidah Akhlak Teacher in Increasing Student Interest in Learning at MTs Sunan Kalijaga Bojong?". The type of research used is field research located at MTs Sunan Kalijaga Bojong using a qualitative descriptive approach. The results of the study: First, the role of the Akidah Akhlak teacher in increasing students' interest in learning at MTs Sunan Kalijaga Bojong, namely by educating, motivating, advising, exemplary for their students. Akidah Akhlak teachers have done good to their students, when learning takes place and outside of learning. Second, the supporting factors: (a) there are books to support learning; (b) good school regulations; (c) adequate school facilities; and (d) a good learning space. Third, the inhibiting factors: (a) lack of learning media; (b) lack of cooperation between teachers and students; and (c) students who are still passive in learning. Fourth, solutions: (a) teachers must be better able to understand students in the importance of learning; (b) teachers must have broad knowledge; (c) does not impose the rights of students; (d) fairness and tolerance for students; and (e) the teacher cooperates with students and parents to stimulate students' interest in learning.]

References

Aritonang, Kekek T. “Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Penabung 7, no. 1 (2008).

Asmani, and Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2015.

Bahasa, Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan dan Pembinaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, no. 1 (2017): 15.

https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Faizah, Silviana Nur. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2020): 175.

https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional Dan Ber-Etika. Yogyakarta: Graha Guru, 2012.

Hejon, Veronika Dua. “Peran Guru Pendidikan Kewarganaegaraan Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Berlajar Siswa Dikelas VII SMPN 1 Talibura.” Jurnal Andi Djemma : Jurnal Pendidikan 4, no. 2 (2021).

Ianah, Ana. “Kesejahteraan Siswa: Faktor Pendukung Dan Penghambatnya.” Jurnal Becoss 3, no. 1 (2021).

https://doi.org/10.21512/becossjournal.v3i1.7028.

Ismail SM. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Edited by Mohammad Nur Ichwan. Semarang: RaSAIL Media Grup, 2011.

Julkifli. “Peran Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Serta Membuatnya Menjadi Aktif Dan Kreatif Di Dalam Kelas.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 2 (2021): 63–73.

https://doi.org/10.37755/jsap.v9i2.327.

Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. IV. Jakarta: Balai Pustaka, 2016.

Lahmi, Ahmad. “Analisis Upaya, Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembelajaran Alquran Dan Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia.” DAYAH: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2020): 213–29. https://doi.org/10.22373/jie.v3i2.7086.

Lubis, Yuli Arizka. “Kemampuan Guru Dalam Mengadakan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di MIN Medan Barat.” Skripsi UIN Sumatra Utara Medan, 2017.

Mahwiyah, Faridatul. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Diskusi Siswa SMP Miftahul Arifin Bantaran Kabupaten Probolinggo.” Development 1, no. 2 (2022).

Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurangi Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006.

———. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009.

Mukholil. “Kecemasan Dalam Proses Belajar.” Jurnal Eksponen 8, no. 1 (2018).

Muktar, Muhtafi. “Peranan Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak Di MI Kelas V Dan VI Al Muniroh II Ujungpangkah Gresik.” Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari'Ah Islamiyah 24, no. 2 (2017): 46–53.

Munirah. “Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitas Belajar Siswa.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2018).

Nainggolan, Yuni Martha. “Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru Terhadap Perilaku Siswa Berbudi Pekerti Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Perintis 2 Bandar Lampung.” Skripsi FKIP Universitas Lampung, 2012.

Nur’aeni, Eni. “Peran Guru Aqidah Dalam Meningkatkan Self Control Remaja (Study Kasus Di MTs Al Khairiyah Kalodran Serang).” Jurnal Inovasi Penelitian 3, no. 1 (2022).

Palunga, Rina, and Marzuki Marzuki. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman.” Jurnal Pendidikan Karakter 8, no. 1 (2017): 109–23.

https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858.

Prajawinanti, Arin. “Pemanfaatan Buku Oleh Mahasiswa Sebagai Penunjang Aktivitas Akademik Di Era Generasi Milenial.” Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 8, no. 1 (2020).

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/pk.v7i15.3710.

Rokhmad, Nur, Elma Abadiyah, Emilinia Indah Permatasari, and Ni Sholihah. “SOLUSI TERHADAP PERMASALAHAN INTERNAL DAN AGAMA KABUPATEN MOJOKERTO.” Jurnal API: Administrasi Pendidikan Islam 2, no. 2 (2020): 157–70.

https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.157-170.

Sanjani, Maulana Akbar. “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar.” Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (2020).

Sari, Wann Nurdiana, Murtono, and Erik Aditia Ismaya. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 2 (2021): 1.

Sopian, Ahmad. “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1, no. 1 (2016): 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Balai Pustaka, 1987.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2008.

Waluya, Eko Budi, Luqman Hakim, and Norida Canda Sakti. “Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Insert Ekonomi Syariah Dengan Intervening Kecerdasan Spiritual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Kota Malang.” Jurnal Penelitian 13, no. 2 (2019): 325–52.

PlumX Metrics

Published
2022-12-26
Section
Articles