PENGGUNAAN PODCAST DALAM (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA MATA KULIAH LISTENINGI PRODI TADRIS INGGRIS JURUSAN TARBIYAH STAIN PONOROGO
Abstract views: 1355
,
PDF downloads: 3314
Keywords:
Podcast, Student Teams Achievement Division (STAD), Menyimak
Abstract
Kegiatan menyimak yang merupakan proses interaktif harus disampai kan dalam pembelajaran sebagai sebuah proses interaktif untuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Pada umumnya, pelajaran listening di perguruan tinggi sangat bergantung pada kegiatan yang monoton. Masalah serupa muncul di mata kuliah Listening I pada prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Oleh karena itu, penelitian berkaitan dengan strategi pengajaran yang memotivasi
yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Strategi yang diusulkan di sini termasuk penggunaan (STAD) dengan menggunakan media podcast. Untuk memecahkan permasalahan diatas maka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di sajikan dalam 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melalui alur PTK yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan podcast dalam strategi (STAD) dapat meningkatkan: (1) partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelompok, (2) prestasi belajar dan (3) respon positif.
yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Strategi yang diusulkan di sini termasuk penggunaan (STAD) dengan menggunakan media podcast. Untuk memecahkan permasalahan diatas maka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di sajikan dalam 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melalui alur PTK yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan podcast dalam strategi (STAD) dapat meningkatkan: (1) partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelompok, (2) prestasi belajar dan (3) respon positif.
Published
2012-12-01
Issue
Section
Articles
Copyright (c) 2012 Kodifikasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.