Pemahaman Anak dan Pengalaman Belajar dalam Program Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) KUA Curup Utara untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Quran

  • Eko Carles Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Zepri Hiptraspa Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Idi Warsah Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Ruly Morganna Institut Agama Islam Negeri Curup
Abstract views: 28 ,
Keywords: Pemahaman anak, Pengalaman belajar, Program Bimbingan Penyuluhan Islam, Kemampuan membaca Al-Quran, Kemampuan menghafal Al-Quran

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan pemahaman anak dan pengalaman belajar dalam Program Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) yang dilaksanakan oleh KUA Curup Utara dengan fokus pada peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap penyuluh, anak-anak (peserta program) dan kepala KUA yang terlibat dalam program BPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Bimbingan Konseling Islam (BPI) di KUA Curup Utara sangat berperan dalam upaya meningkatkan kemampuan anak dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Program ini memberi anak-anak pengalaman belajar yang berkesan, menyenangkan, dan termotivasi. Anak-anak menunjukkan motivasi belajar yang tinggi, kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an, dan orang tua mereka secara aktif mendukung mereka dalam program ini. Program BPI KUA Curup Utara juga menumbuhkan apresiasi dan pemahaman Islam pada anak-anak.

References

Abd Hamid, Mohd Zulkarnain, dan Mohd Isa Hamzah. “Kaedah Pujian Dan Penghargaan Dalam Pembelajaran Al-Quran Bagi Kanak-Kanak Pra Sekolah [Praise And Appreciation Method In Learning Al-Quran For Pre-School Children].” QALAM International Journal of Islamic and Humanities Research 1, no. 2 (2021): 109–17.

Abdul Aziz, Abdul Rashid bin. “Implementation of Al-Quran Learning on the Development of Religious and Moral Values in Early Childhood.” Dalam The International Conference on Education, Social Sciences and Technology (ICESST), 1:99–108, 2022.

Baidowi, Ahmad. Tafsir Feminis: Kajian Perempuan dalam al-Quran dan para Mufasir Kontemporer. Nuansa Cendekia, 2023.

Dini, “Implementation of the Tahfidz Quran Program in Developing Islamic Character.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022): 3546–59.

Haryono, Cosmas Gatot. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.

Iqbal, Muhammad, Muhammad Aswin Pohan, Daffa Faishal Suwita, Muhammad Ikhwan Mustaqim, dan Muhammad Ibnu Alwi. “Self-Habilitation in Consistency of Reading The Qur’an in In The Masjid Al-Qodri.” Al-arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (2023): 1–9.

Izzah, Atina Balqis, dan MA LC. Menjadi Kekasih Al-quran. Elex Media Komputindo, 2021.

Khoiruddin, Heri, dan Adjeng Widya Kustiani. “Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5, no. 1 (2020): 55–68.

Kholil, Syukur, Hasyimsyah Nasution, dan Nur Rahmah Amini. “Organizational Communication Model On The Implementation Of The Sakinah ‘Aisyiyah Family’sumatera Utara.” Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences 4, no. 1 (2021): 1558–68.

Kurniawan, Syamsul. Panta Rhei Ragam Ekspresi, Krisis yang Dialami dan Tantangan yang Dihadapi Umat Beragama. Samudra Biru, 2021.

Lundeto, Adri. “Islamic Religious Education Literacy as a Source of Multiculturalism Education in Indonesia.” Italienisch 11, no. 2 (2021): 288–96.

Madani, Mohammad Thoyyib, dan Misbahul Munir. “Pendampingan Metode Demonstrasi Untuk Pemahaman Baca Al-Qur’an Pada Program Bimbingan Belajar Ilmu Tajwid Terhadap Anak-anak di Dusun Jungkarang.” Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2022).

Maemunawati, Siti, dan Muhammad Alif. Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi covid-19. 3M Media Karya, 2020.

Mirna, Wa, dan Siti Nurjanah. “Innovative, Ideal, And Fun Classroom Management To Improve Reading Literacy Of Madrasah Ibtidaiyah Students.” International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS) 1, no. 5 (2022).

Nardawati, Nardawati. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SDN 119/X Rantau Indah.” Jurnal Pendidikan Guru 2, no. 2 (2021).

Nisar, Farhat, Sohail Rasool, Muhammad Kamran Khan, Waleed Khan, Zuha Qaisar, dan Shamshad Akhter. “Health Care System of Islam: Physical, Mental and Spiritual Remedies from Islamic Perspective.” Research 8, no. 2 (2023): 83–113.

Nurdiyanti, Septiya. “Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2:642–50, 2019.

Nurmaliyah, Yayah, Syamsul Aripin, dan Nana Meily Nurdiansyah. “2013 Curriculum: Implementation of Islamic Religious Education Learning in Schools for Children with Special Needs.” International Journal of Islamic Thought and Humanities 2, no. 1 (2023): 124–38.

Peradila, Sani, dan Siti Chodijah. “Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.” WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2020): 133–57.

Prasetiya, Benny, dan Yus Mochamad Cholily. Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication, 2021.

Robert, Sergeev, Glubb Ramachandran, dan Gonzales Armando. “The Role Of Parents In Children’s Independence When Memorizing The Al-Quran Online.” Journal Neosantara Hybrid Learning 1, no. 1 (2023): 54–66.

Rukin, S. Pd. Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Rusdiana, Ahmad, Nurul Huda, Abdul Mu’in, dan Abdul Kodir. “The effectiveness of educational supervision in increasing the teacher’s professional competence in the COVID-19 pandemic period.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 14, no. 5 (2020): 918–42.

Sompie, Sherwin RUA, dan Jimmy Reagen Robot. “Storytelling pembelajaran rukun iman berbasis augmented reality.” Jurnal Teknik Informatika 16, no. 4 (2021): 481–90.

Syam, Suhendi, Hani Subakti, Sonny Kristianto, Dina Chamidah, Tri Suhartati, Nana Harlina Haruna, Joko Krismanto Harianja, Joni Wilson Sitopu, Yurfiah Yurfiah, dan Sukarman Purba. Belajar dan pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2022.

Tsoraya, Nurul Dwi, Okeh Primalaini, dan Masduki Asbari. “The role of Islamic religious education on The development youths’ attitudes.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 1, no. 1 (2022): 12–18.

Warsah, Idi. Pendidikan Islam dalam Keluarga: Studi Psikologis dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali. Tunas Gemilang Press, 2020.

———. “Religious Educators: A Psychological Study of Qur’anic Verses Regarding Al-Rahmah.” AL QUDS: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 4, no. 2 (2020): 275–98.

Warsah, Idi, Ruly Morganna, Muhamad Uyun, Muslim Afandi, dan Hamengkubuwono Hamengkubuwono. “The impact of collaborative learning on learners’ critical thinking skills.” International Journal of Instruction 14, no. 2 (2021): 443–60.

Wibowo, Hamid Sakti. Al-Quran untuk Segala Usia: Belajar Kitab Suci Sesuai Tahapan Hidup Anda. Tiram Media, 2023.

Wijaya, Hengki. Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.

———. Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Winarto, Winarto, Ahmad Syahid, dan Fatimah Saguni. “Effectiveness the use of audio visual media in teaching islamic religious education.” International Journal of Contemporary Islamic Education 2, no. 1 (2020): 81–107.

PlumX Metrics

Published
2024-05-07
Section
Articles