MERAWAT KEBERAGAMAN SOSIAL PESANTREN AL-ISLAM JORESAN MELALUI PERAN KONSULAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas urgensi konsulat yang terletak di pondok pesantren Al-Islam Joresan. Konsulat merupakan salah satu terobosan dalam menjaga keberagaman sosial pesantren yang mahasiswanya berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Pesantren merupakan aset pendidikan yang dapat bertahan hingga era modern ini. Sehingga pesantren selalu berusaha mempertahankan eksistensinya dan mentransformasi sistem untuk memberikan kehidupan di masyarakat. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang datanya dianalisis dengan memperbanyak informasi, mencari relasi dan menemukan pola berdasarkan data sesungguhnya tentang keragaman sosial pesantren dan keberadaan konsulat di Al-Islam Joresan. Data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di lokasi penelitian. Temuan dalam penelitian ini adalah keragaman sosial pesantren di Al-Islam Joresan, urgensi, fungsi dan dampak peran konsulat terhadap keragaman sosial pesantren Al-Islam Joresan.
References
A.Banks, James, and Cherry A.MC Gee Banks. Multicultural Education Issues and Perspectives. Hoobeken: Wiley, 2016.
Adya Winata, Koko. “Implementasi Pendidikan Multikultural Di Era Revolusi 4.0.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1, no. 2 (2020): 118–29. doi:10.21154/sajiem.v1i2.9.
Amin, Achmad Muzairi. “Implementasi Pembentukan Karakter Multikultural Santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kota Probolinggo.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 1 (2021): 46. doi:10.36835/tarbiyatuna.v14i1.841.
Aprilianto, Andika, and Muhammad Arif. “Pendidikan Islam Dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 279–89. doi:10.31538/nzh.v2i2.339.
Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Edited by Sayed Mahdi. Jakarta: Erlangga, 2005.
Fita Mustafida. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (2020): 173–85. doi:10.35316/jpii.v4i2.191.
Haedari, Amin, and Ramadhan Sholeh. “Implementasi Manajemen Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Al Muqoddas Tukmudal Sumber Kabupaten Cirebon.” Eduprof : Islamic Education Journal 2, no. 1 (2020): 128–48. doi:10.47453/eduprof.v2i1.34.
Hasbullah, and Nurhasanah. “Pendidikan Multikultural Di Masyarakat.” An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021). doi:https://doi.org/10.51614/annaba.v4i2.95.
Khairuddin, Ahmad. “Epistemologi Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” Ijtimaiyah 2, no. 1 (2018): 1–20. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/2920.
Ningsih Wahyu, Indah, Annisa Mayasari, and Uus Ruswandi. “Konsep Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” Edumaspul-Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 1083–91. doi:https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391.
Nurbiah. “Peran Asrama Santriwati Sebagai Model Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga Kec. Banggae Timur Kabupaten Majene.” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 17, no. 02 (2022): 52–61. doi:https://doi.org/10.56338/iqra.v17i2.2341.
Nurdiansyah, Nana Meily. “Multiculturalism Based Modern Pesantren Management (Case Study At Subulussalam Modern Pesantren).” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3, no. 02 (2020): 276–95. doi:https://doi.org/10.36670/alamin.v3i02.65.
Ramdhan, Tri Wahyudi. “Model Pengembangan Kurikulum Multikultural (Studi Kasus Perencanaan Kurikulum SMA Negeri 1 Kediri).” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 2 (2019): 39–53. doi:https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i2.3516.
Rifa’i, Muhadditsir, and Ery Khaeriyah. “Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 01 (2019): 66–80. doi:10.37542/iq.v2i01.25.
Sudargini, Yuli, and Agus Purwanto. “Pendidikan Pendekatan Multikultural Untuk Membentuk Karakter Dan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0 : A Literature Review.” Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar) 1, no. 3 (2020): 2722–8878. doi:https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i3.94.
Tri Astuti, Fakhriyah, Haerini Ayatina, and Muhammad Miqdam Makfi. “Pesantren Dalam Menjaga Keberagaman Masyarakat Indonesia: Penelitian Di Pondok Pesantren Daar El Qolam 3 Tangerang Banten.” At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 2, no. 1 (2020): 325–35. doi:https://doi.org/10.20885/tullab.vol2.iss1.art10.
Yulianti, and Dinie Anggraeni Dewi. “Penanaman Nilai Toleransi Dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 60–70. doi:https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.83.
Yumnah, Siti. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikultural Untuk Membentuk Karakter Toleransi.” Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (2020): 11–19. doi:https://doi.org/10.55352/mudir.v2i1.103.
Copyright (c) 2024 Kodifikasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.