Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern

  • Aulya Hamidah Mansyuri Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Beta Ardana Patrisia Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Binti Karimah Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Defi Vita Fitria Sari Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Wahyu Nur Huda Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 1491 , PDF downloads: 1665
Keywords: Peran pesantren, Lembaga Pendidikan Islam, Era Modern.

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat krusial dalam upaya mempersiapkan generasi bangsa dan agama. Keberhasilan atau tidaknya suatu bangsa maupun negara sangat tergantung pada aspek pendidikan suatu bangsa. Pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia sampai sekarang masih tetap memberikan kontribusi penting di bidang sosial keagamaan. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat (indigenous) pada masyarakat muslim Indonesia, dalam perjalanannya mampu menjaga dan mempertahankan keberlangsungan dirinya (survival system) serta memiliki model pendidikan multi aspek. Pesantren memiliki lima unsur atau elemen, yaitu masjid, kyai, pondok, santri, dan pengajian kitab kuning (tafaqquh fi al-din). Sebagai lembaga pendidikan, pesantren tentunya juga harus berperan sebagai pembaharu paham keagamaan sebagai lembaga pendidikan agama pesantren juga dapat menjalankan peran, tugas dan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan inspirator, motivator dan dinamisme dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan daerah di bidangnya masing-masing. Pesantren memiliki peran strategis dalam upaya pengembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya pada saat ini yaitu era modern, lebih-lebih pesantren merupakan pendidikan Islam yang mana sangat dibutuhkan dan menjadi pilihan oleh masyarakat Indonesia.

References

Achdiani, Yani. “Tugas dan Fungsi Pesantren di Era Modern” Jurnal Sosietas, Vol. 7, No. 1 ( 2017)

: 14.

Ahmadi, Menejemen Kurikulum Pendidikan Kecakapan. Yogyakarta: Pustaka Ifada, 2013.

Al-Farisi, Yudha.” Potensi Pondok Pesantren Dan Upaya Pengembangan Dan Pembinaannya”,

Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Hasanah. Vol.3, No. 2, Desember (2018) : 48.

Aliyah, Ani Himmatul. “Peran Pondok Pesantren dalam Pengembangan Pendidikan Islam”. Jurnal

Prosiding Nasional Pascasaerjana IAIN Kediri, Vol. 4 , November (2021): 217.

Aly, Abdullah. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren: Telaah terhadap Kurikulum

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Amir, Saifuddin. Pesantren, Sejarah dan Perkembangannya. Cet. III; Bandung: Pustaka

Pelajar, 2012.

Aziz, Abdul. Ensiklopedi Islam IV . Cet. II; Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2004.

Burhanuddin, Mencetak Muslim Modern: Peta Pendidikan Islam Indonesia (Cet. I; Jakarta:

RajaGrafindo Persada, 2006.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Memadu Modernitas untuk Kemajuan. Cet. I; Jakarta;

Pesantren Nawesea Press, 2009.

Departemen Agama Republik Indonesia, Direktori Pesantren 3. Cet. I; Jakarta: Direktorat

Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, 2007.

Iswati,dkk., Kapita Selekta Pendidikan Islam. Lampung: Cv. Laduny Alifatama, 2021.

Mas’ud, Abdurrahman. Dari Haramain ke Nusantara: Jejak Intelektual Arsitek Pesantren. Cet. I;

Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam. Cet. III; Bandung: Tri Genda Karya, 2003.

Naim, Ngainun. Character Buliding Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu &

Pembentukan Karakter bangsa. Jogjakarta : ArRuzz Media, 2012.

Samsurrohman,”Pesantren dan arus global”, Jurnal Qalam, Vol. XII No. 1, Juni (2006): 209.

Saridjo, Marwan . Pendidikan Islam dari Masa ke Masa: Tinjauan Kebijakan terhadap

Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Yayasan Ngali Aksara, 2010.

Shihab, Alwi . Islam Inklusif. Cet. V; Bandung: Mizan, 2013.

Sukamdinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Syukur, Fatah. Dinamika Pesantren dan Madrasah, Cet. V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Umar, Yusuf. Manajemen Pendidikan Pesantren Bermutu. Bandung: PT Refika Aditama, 2016.

Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi; Esai-esai Pesantren. Cet. I; Yogyakarta: KIS, 2001.

Wiryosukarto, Amir Hamzah. Merintis Pesantren Modern. Ponorogo: Gontor Press, 2003.

Zuhairini. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

PlumX Metrics

Published
2023-06-30