Ilmu dalam Perspektif Islam dan Barat: Tinjauan Ontologi dan Epistemologi
Abstract
References
Adian, Donny Gahral. Pemikiran Aristoteles. Jakarta: Poliyama Widayapustaka, 2003.
Adian Husaini, et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat Dan Islam. Depok: Gema Insani, 2013.
Al-Faruqi, Achmad Reza Hutama. “Konsep Ilmu Dalam Islam.” Kalimah 13, no. 2 (2015): 223. https://doi.org/10.21111/klm.v13i2.286.
Basri Husin. “Beberapa Aspek Epistemologi: Konsep, Tabiat Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Tradisi Islam.” Jurnal Usuluddin 30, no. 30 (2009): 185–207.
GandhiHW, Teguh Wangsa. Filsafat Pendidikan: Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Hasan, Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.
Husaini, Adian. Filsafat Ilmu Perspktif Barat Dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2013.
Khairiah Mohd. Yassin. “Hubungan Budaya Dan Ilmu Dari Perspektif Barat Dan Islam KHAIRIAH BINTI MOHD. YASSIN.” Manu 20, no. August (2014): 25–51.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Makhmudah, Siti. “Hakikat Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Modern Dan Islam.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 4, no. 2 (2017): 202–17. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3173.
Mudyahardjo, Redja. Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Muh. Zainal Abidin. “Konsep Ilmu Dalam Islam: Tinjauan Terhadap Makna, Hakikat, Dan Sumber Sumber Ilmu Dalam Islam.” Ilmu Ushuluddin 10, no. 1 (2011): 108.
Muslih, Mohammad. Filsafat Ilmu:Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma Dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: LESFI, 2016.
Nasution, Zulkipli. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Untuk Membangun Karakter Peserta Didik.” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman II, no. 1 (2019): 50–66. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/24.
Nur, Tajudin. “Perbandingan Tujuan Pendidikan Islam Dan Pendidikan Barat” 10, no. 20 (2011): 1–9.
Nurhayati, Ifa. “Telaah Konseptual Pendidikan Barat Dan Islam.” TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 8, no. 1 (2019): 118. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v8i1.352.
Ode Husen, Said Samparan dkk La. Ikhtisar Filsafat Ilmu Dalam Perspektif Barat Dan Islam. Makassar: Social Politic Genius, 2017.
Rahman, Fadli, and Mahyuddin Barni. “Mengurai Konsep Dan Sumber Ilmu Dalam Al- Qur ’ an Dan Hadis.” Nalar : Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam Ilmu Dan Islam 5 (2021): 121–29. https://doi.org/10.23971/njppi.v5i2.3821.
Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofi Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2015.
Rizqi, Nadyana. “KONSEP BELAJAR DALAM PANDANGAN ISLAM DAN BARAT (NON-ISLAM) SERTA APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Komparasi Antara Konsep Belajar ‘Ibnu Khaldun’ Dan Konsep Belajar ‘Jean Piaget’ ).” Islam Zeitschrift Für Geschichte Und Kultur Des Islamischen Orients, 2008, 1–168.
Saebani, Beni Ahmad. Filsafat Ilmu; Kontemplasi Filosofis Tentang Seluk Beluk Sumber Dan Tujuan Ilmu Pengetahuan. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Sarjuni, Sarjuni. “Konsep Ilmu Dalam Islam Dan Implikasinya Dalam Praktik Kependidikan.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 47. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3208.
Soelaiman, Darwis A. Filsafat Ilmu Pengetahuan Pespektif Barat Dan Islam, 2019.
Soegiono, Tamsil Muis. Filsafat Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Soleh, A. Khudori. Filsafat Islam Dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.