Sufism Education as a Strategy for Developing Social and Religious Character: A Literature Review of the Book “Mati Sebelum Mati, Buka Kesadaran Hakiki”

Penulis

  • Mukhlas Habibi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Lailatul Hidayati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Alfiani Rif’atus Sholihah Universiti Utara Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.21154/maalim.v6i1.10783

Abstrak

Artikel ini menganalisis Pendidikan Sufisme sebagai Strategi Pengembangan Karakter Sosial dan Agama dalam buku Mati Sebelum Mati, Buka Kesadaran Hakiki karya Fahruddin Faiz. Dengan menggunakan pendekatan tinjauan literatur, penelitian ini mengkaji konsep penulis tentang pendidikan tasawuf dan relevansinya dengan pengembangan karakter dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar Sufisme yang mendukung pengembangan karakter individu dan sosial. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa pendidikan tasawuf berfungsi sebagai strategi yang efektif untuk menumbuhkan karakter sosial dan agama yang kuat, lebih dari sekadar alat spiritual. Melalui praktik Sufi, individu dapat mengalami transformasi pribadi yang mendalam dan meningkatkan kesadaran mereka akan nilai-nilai moral, etika, dan sosial yang penting. Artikel ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan tasawuf memiliki potensi yang signifikan untuk menumbuhkan karakter yang lebih baik di kalangan pemuda dan berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang harmonis dan beradab.

Referensi

Abdul Ghoni. “View of Konsep Tawakal Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam: Studi Komparasi Mengenai Konsep Tawakal Menurut M. Quraish Shihab Dan Yunan Nasution.” An-Nuha 1 (2016).

Aderoben, Andromeda, Wawan Darmawan, and Didin Saripudin. “Peran Empati Dalam Pengajaran Sejarah: Tinjauan Literatur.” Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2024): 132–51.

Ahmad Alfi dan Dian Uswatun Hasanah. “Representasi Akhlak Sebagai Nilai Dakwah.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 8, no. 1 (2023).

Annisa Ledi Astuti, Hamengkubuwono, and M.Iqbal Liayong Pratama. “The Values of Honesty and Discipline in Character Education for Early Childhood.” International Journal of Innovation and Education Research 2, no. 2 (2023): 96–112. https://doi.org/10.33369/ijier.v2i2.29153.

Aziz, Fuad, Jumari, and M. Nur Salim. “Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Membentuk Karakter Santri Di Era Globalisasi Di Pondok Pesantren Majma’al Bahroin Hubbul Wathon Minal Iman Losari Ploso Jombang.” Education, Learning, and Islamic Journal 6, no. 2 (2024): 71–87. https://doi.org/10.33752/el-islam.v6i2.7214.

Bahari, Lilis Amaliya, and Komaru Zaman. “Syukur Dalam Perspektif Al-Qur’an Setudi Komparasi Tafsir Ibn Katsir Dan Tafsir Al Ibriz.” Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam 4, no. 2 (2023): 293–308.

Budi Winarno. Globalisasi Peluang Atau Ancaman Bagi Indonesia. Jakarta: Erlangga, 2008.

Creswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Dahanayake, Somapriya Samarawickrama. “Incorporating Core Values into Character Education in the Current Scenario: Evidence from Literature.” International Journal of Research and Scientific Innovation 7, no. 9 (2023): 1175–89. https://doi.org/10.47772/IJRISS.

Dewi, P. F. S. “Pelatihan Empati Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Pelaku Bullying Siswa SMP.” JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) 15, no. 1 (2023).

Fahrudin Faiz. Mati Sebelum Mati, Buka Kesadaran Hakiki. Jakarta: Noura Books, 2023.

Faiz, Fahruddin. Mati Sebelum Mati, Buka Kesadaran Hakiki. Jakarta Selatan: Noura Book Publishing, 2023.

Fajrussalam, H., Hasanah, I. A., Asri, N. O. A., & Anaureta, N. A. “Peran Agama Islam Bagi Kesehatan Mental Mahasiswa.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 22-36.

Fatmawati, Fatmawati. “Representasi Nilai Pendidikan Akhlak Tasawuf Dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 20, no. 1 (2022): 15–25. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i1.1211.

Fuad, Jauhar. “Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf.” Jurnal Pemikiran Keislaman 23, no. 1 (2013): 60–77. https://doi.org/10.33367/tribakti.v23i1.13.

Habibi, Mukhlas, and Lailatul Hidayati. “The Representation of Sufism Moral Values in The Book Kiai Nyentrik Membela Pemerintah Oleh Abdurrahman Wahid.” In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 8:120–28, 2024. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v8i1.96798.

———. “Weaving Holistic Piety : A Study of Gus Mus ’ Thoughts in His Book ‘ Saleh Ritual Saleh Sosial .’” In Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 775–81. Yogyakarta, 2025. https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/1507.

Hamzah, Syeh Hawib. “Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik.” Dinamika Ilmu 12, no. 1 (2012): 1–22.

Hendrayani, Moralely, and Bayu Indra Laksana. “Solidaritas Sosial Dalam Upacara Merti Bumi.” Dakwatul Islam 7, no. 2 (2023): 149–68. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v7i2.688.

Hermawan, Ruswandi, and Sofiani Kusniasari. “Developing Strong Moral Values: Integrating Value and Character Education in Educational Context.” International Journal of Research and Scientific Innovation 10, no. August (2024): 1–5. https://doi.org/10.51244/IJRSI.

Huberman, Miles and. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Edition 3. nites State of America: SAGE Publication, 2014.

Husen, Achmad, Andy Hadiyanto, Andri Rivelino, and Syamsul Arifin. “Pendidikan Karakter Berbasis Spiritualisme Islam (Tasawuf).” Jurnal Studi Al-Qur’an 10, no. 1 (2014): 1–19.

Idayanti, Soesi. Globalisasi Hukum. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.

Idris, M. “Implementasi Kurikulum Adab Di Sekolah.” Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 12, no. 2 (2024): 120–25.

Ila Nurlaila Hidayat dan Witrin Gamayanthi. “Dengki, Bersyukur, Dan Kualitas Hidup Orang Yang Mengalami Psikosomatik.” Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi 7, no. No 1 (2020).

Kaur, Sandeep. “Moral Values in Education.” Kaur, Sandeep 8, no. 1 (2019): 57–62. https://doi.org/10.25073/0866-773x/263.

Kompasiana. “Permasalahan Pendidikan Sekolah Dan Moral Di Era Milenial.” Kompasiana, January 2024.

Lathif, W., & Muniroh, A. “KH. Abdurrahman Wahid: Telaah Pemikiran Dan Relevansinya Pada Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” Madinah: Jurnal Studi Islam 10, no. 1 (2023): 146–52.

LISTANTI, A. “Analisis Tindakan Diskriminasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Doctoral Dissertation Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2016.

Lorita, Evi, Harius Eko Saputra, Yusuarsono Yusuarsono, Antonio Imanda, Marida Sariningsih, Bando Amin C. Kader, and Mirwansyah Mirwansyah. “Menumbuhkan Rasa Solidaritas Dalam Organisasi.” Jurnal Dehasen Untuk Negeri 2, no. 2 (2023): 157–62. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i2.3977.

Mahfud, Choirul. “The Power Of Syukur: Tafsir Kontekstual Konsep Syukur Dalam Al-Qur’an.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 9, no. 2 (2014). https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.2.377-400.

Mojok. “Ngaji Filsafat Bersama Fahruddin Faiz: Mengenal Lebih Dekat - Mojok.Co.” Mojok, 2021.

Mukholifah, Siti, Chafidatur Rohmatika, Ulfa Nurfitri Aprilia, and Muhammad Romadlon Habibullah. “Membentuk Karakter Islami Berbasis Nilai Nilai Tasawuf Di Pendidikan Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 15, no. 1 (2023): 197–210. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.

Mulyana, A. “Tawakal Dan Kecemasan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktikum.” Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 2, no. 2 (2015): 17–24.

Muvid, Muhamad Basyrul. “Menjunjung Tinggi Islam Agama Kasih Sayang Dan Cinta Kasih Dalam Dimensi Sufisme.” Reflektika 16, no. 2 (2021): 145. https://doi.org/10.28944/reflektika.v16i2.523.

Nahak, Hildgardis M.I. “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi.” Jurnal Sosiologi Nusantara 5, no. 1 (2019): 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76.

Nashihin, Husna, Noor Aziz, Ida Zahara Adibah, Neni Triana, and Qiyadah Robbaniyah. “Konstruksi Pendidikan Pesantren Berbasis Tasawuf-Ecospiritualism Dan Isu Lingkungan Hidup.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 1163–76. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2794.

Noura Publishing. “Talkshow Buku Mati Sebelum Mati Bersama Fahruddin Faiz - YouTube,” 2023.

Nurfauziah, Ayu, Dinie Anggraeni Dewi, and Muhammad Irfan Ardiansyah. “Urgensi Toleransi Untuk Mempertahankan Integrasi Bangsa.” MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2, no. 1 (2024): 94–100. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.135.

Parman, Arna Ayu, Sukirman Nurdjan, and Firman Patawari. “Representasi Nilai Pendidikan Islam Dalam Roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka.” Jurnal Konsepsi 10, no. 3 (2021): 196–206.

Pradinata, Angga. “Sufisme Dalam Novel Api Tauhid : Analisis Kepribadian Tokoh Said Nursi Perspektif Maqom Tawakal” 8, no. 1 (2024): 64–76.

Rolitia, M., Achdiani, Y., & Eridiana, W. “Nilai Gotong Royong Untuk Memperkuat Solidaritas Dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Naga.” Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi 6, no. 1 (2016).

Saepullah, Asep. “Tasawuf Sebagai Intisari Ajaran Islam Dan Relevansinya Terhadap Kehidupan Masyarakat Moderen.” Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian 9, no. 2 (2021): 109–23. https://doi.org/10.15548/turast.v9i2.1828.

Saidang, S., & Suparman, S. “Pola Pembentukan Solidaritas Sosial Dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2019): 122–26.

Saihu, Made, Suparto Suparto, and Lilis Fauziah Balgis. “Nalar Tasawuf Dalam Pendidikan Islam: Kajian Atas Makna Ihsan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 001 (2021): 181–98. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1844.

Salsabila, F. Y. “Radikalisme Sebagai Bibit Perpecahan Antar Umat Beragama.” Jurnal Kewarganegaraan 3, no. 2 (2019): 97–102.

Salsabila, and Fivi Nurwianti. “Empati Sebagai Mediator Hubungan Komunikasi Keluarga Dan Distress Psikologis Pada Mother-Daughter Relationship.” Psyche 165 Journal 17 (2024): 27–32. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v17i1.323.

Sandhy, Annisa Amalia, and Muhammad Arifin Rahmanto. “Peranan OSIS Dalam Penguatan Akhlakul Karimah Siswa Di MA Manaratul Islam Jakarta Selatan.” Journal on Education 6, no. 3 (2024): 17010–19.

Sholehawati, E. V. N., Purnomo, B., & Munifah, S. “Budaya Jawa Dalam Novel Karya SW Achmad Centhini Perempuan Sang Penakluk Di Langit Jurang Jangkung.” Jurnal Bahasa Dan Sastra 10, no. 1 (2023).

Sihombing, Sulaiman, and Muawwalul Bahafi Alamsyah. “Integrasi Nilai Tasawuf Dalam Pendidikan Karakter Perspektif Pemikiran Buya Hamka.” Man-Ana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2024): 64–75. https://doi.org/10.58326/JMA.v1i1.260.

Siska, Yulia, Yufiarti, and Muhammad Japar. “Implementation of Character Education Values in Social Studies Learning of Elementary School.” International Journal of Psychosocial Rehabilitation 24, no. 1 (2020): 1954–67. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I1/PR200302.

Soenjoto, Wening Purbatin Palupi, and Husna Ni’matul Ulya. “Penerapan Budaya Sufistik Terhadap Moral Elevation Para Santri Di Pesantren Putra Tebuireng Jombang Jawa Timur.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 02 (2021): 132–45. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3602.

Sugeng Bahagijo. Globalisasi Menghempas Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2006.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Suwandi Endaswara. Metode Peneitian Sastra. Yogyakarta: CAPS, 2013.

Wajiran. “Kesalahan Orientasi Pendidikan Kita.” Universitas Ahmad Dahlan, 2014.

Wibisana, Andaru Arimurti Kunta, and Ainur Rha’in. “Syukur: Perspektif Tafsir Al-Qur’an (Studi Komparasi Tafsir Al-Iklil Dan Tafsir Al-Azhar).” Journal on Education 06, no. 03 (2024): 16189–204.

Wibowo, Bagas Prakoso, Taat Wulandari, and Johan Setiawan. “Character Education Values as Reflected In K.H Gholib Struggles of Defending Indonesian Independence in Lampung.” International Journal of Learning and Development 10, no. 4 (2020): 22. https://doi.org/10.5296/ijld.v10i4.17608.

Yudin, Jaki, Suyitno Suyitno, and Muhammad Rohmadi. “The Value of Kindness and Responsibility Character Education in Teacher-Student Relationships in the Novel of Guru Aini by Andrea Hirata.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 8, no. 2 (2021): 108. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i2.2403.

Diterbitkan

2025-06-30