Sikap Toleransi Beragama pada Siswa Sekolah Menengah Atas: Pengaruh Kontrol Diri dan Lingkungan Pendidikan

Penulis

  • Abdurrahman Ali Ramdhani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Andhita Dessy Wulansari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ahmad Jauhari Guntur Suleyman Demirel University Turkey

DOI:

https://doi.org/10.21154/maalim.v6i1.10818

Abstrak

Di negara majemuk seperti Indonesia, upaya pencegahan konflik antarumat beragama sangat penting untuk digalakkan. Melalui penanaman Sikap Toleransi Beragama di kalangan siswa akan membuat mereka sebagai generasi muda penerus bangsa menjadi terbiasa untuk menghormati perbedaan sehingga mampu menjaga kerukunan dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh faktor Kontrol Diri dan Lingkungan Pendidikan terhadap Sikap Toleransi Beragama siswa SMA; serta (2) model regresi dari Sikap Toleransi Beragama siswa SMA berdasarkan faktor Kontrol Diri dan Lingkungan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada sampel sejumlah 189 siswa SMA. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa: (1) Kontrol Diri dan Lingkungan Pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap Sikap Toleransi Beragama dengan R2 sebesar 44,9%; serta (2) Model regresinya adalah, Y = 42,010 + 0,310X1 + 0,251X2, artinya Kontrol Diri dan Lingkungan Pendidikan berpengaruh secara positif terhadap peningkatan Sikap Toleransi Beragama.

Referensi

Arifianti, Soraya, and Eva Septiana. “Toleransi Beragama Pada Siswa Sma: Hubungan Antara Intellectual Humility Dan Toleransi Beragama.” Jurnal Psikologi Insight 5, no. 1 (2021): 87–99. https://doi.org/10.17509/insight.v5i1.34246.

Bukhori, Baidi. Toleransi Beragama : Peran Fundamentalisme Agama Dan Kontrol Diri. 1st ed. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2022.

Casram, Casram. “Membangun Sikap Toleransi Beragama Dalam Masyarakat Plural.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2016): 187–98. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.588.

Faturohman Faturohman, Afi Nurul Febriyanti, and Jihan Hidayah. “Kebebasan Beragama Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia.” Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1, no. 3 (2024): 312–23. https://doi.org/10.62383/aliansi.v1i3.229.

Gandariyah, Sulistiyowati. Model Nilai Toleransi Beragama. Yayasan Salman Pekan Baru. Pekanbaru: Yayasan Salman Pekanbaru, 2020.

Husna, Arinal, and Yusqi Mahfuds. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren.” Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2022): 127–38.

Izzah, Novia Iffatul. “Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al Hikmah: Journal of Education 1, no. 1 (2020): 35–46. https://doi.org/10.54168/ahje.v1i1.5.

Kadi, and Anist Suryani. “Konsep Sakinah Mawaddah Wa Rahmah Menurut M. Quraish Shihab Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Anak Dalam Keluarga.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan IslamM Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 58–71. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2189.

M. Nur, Ghufron and Rini Risnawita S, Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Marfu’ah, Uliyatul. “Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional Perspektif Daniel Goleman.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 5 (2024): 109–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/maalim.v5i1.8675.

Masruroh, Alfina, Nur Khoiri, and Muhammad Azhar. “Exploring the Impact of IRE Quality and Self-Control on Religious Tolerance in Junior High Students.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 17 (2025): 658–72. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6270.

Miftah, Mohamad, and Syamsurijal Syamsurijal. “Strategi Pemanfaatan Lingkungan Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3, no. 01 (2023): 72–83. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2251.

Nurullah, Akmal, Bina Prima Panggayuh, and Sapiudin Shidiq. “Implementasi Moderasi Beragama Di Madrasah Aliyah Tahdzibun Nufus Jakarta Dalam Terbentuknya Nilai-Nilai Moderasi Beragama.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 02 (2022): 175–86. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.4950.

Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972.

Rahmawati, Citra Ayu, Farihatu Sa’adah, Muhammad Faishal Nawwaf, Nandita Rizkina Azzahra, Sahrul Mubarok, Dadi Mulyadi Nugraha, and Ruyadi Yadi. “Toleransi Beragama Di Perguruan Tinggi.” Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 15, no. 1 (2023): 29–38.

Ramadan, Fariz, Husnul Awalia, Mellani Wulandari, R.Aditia Nofriyadi, Sukatin, and Amriza. “Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 4 (2022): 70–82.

Rizqi, Sendy Annafi, Siti Salsabila, Muhammad Bintang Hafiansyah, and Muhib Rosyidi. “Strategi Islam Dalam Pencegahan Bullying Anak-Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 4 (2024): 15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.734.

Sari, Nita Nilam, and Nur Irmayanti. “Hubungan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa) 2, no. 2 (2021): 32–41. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v2i2.73.

Sejati, Dewi wahyuto, and Hardi. “Implementasi Moderasi Agama Di Lembaga Pendidikan.” AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya 3, no. 02 (2023). https://doi.org/10.57210/trq.v3i02.258.

Septiani, Desti, Muhammad Anwar Hidayat, Salma Azahra, Tria Fuji AstutI, and Yunita Friesetya. “Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum.” Menanggulangi Tindak Kekerasan Remaja Di Masyarakat 21, no. 2 (2019): 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v21i1.

Umatin, Choiru, Choirul Annisa, Nur Fadilatul Ilmiyah, Asisul Khoirot, Ummy Fauziah Laili, Dewi AgusNila Zaimatus Septiana Triani, and Eka Sulistyawati. Pengantar Pendidikan. CV. Pustaka Learning Center. 1st ed. Malang: CV. Pustaka Learning Center, 2021.

Wulansari, Andhita Dessy, Dony Pratama, Shery Fara Afifah, Tatik Julaikah, and Alvina Maharani Kandi. “Smart Digital Parenting Untuk Membentuk Karakter Anak Di Desa Sambilang, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.” Indonesian Engagement Journal 4, no. 2 (2023): 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/inej.v4i1.7063.

Diterbitkan

2025-06-30