Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Materi PAI

Penulis

  • Chintya Ramadhani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Amaliatus Sholihah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Anis Sukmawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21154/maalim.v6i1.10848

Abstrak

Di era pembelajaran modern, pendekatan tradisional dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dianggap kurang efektif dalam membangun pemahaman mendalam dan keterampilan berpikir kritis siswa. Model Learning Cycle 5E menjadi alternatif inovatif untuk menciptakan pembelajaran aktif dan reflektif. Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan materi PAI, khususnya tentang puasa. Model ini terdiri dari lima tahap yang melibatkan siswa secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis literatur relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan partisipasi, kemampuan analitis, dan pemahaman materi PAI. Model ini juga membantu siswa mengaitkan ajaran Islam dengan kehidupan nyata dan memperkuat sikap spiritual. Namun, ada hambatan seperti keterbatasan waktu dan kesiapan guru. Dengan perencanaan yang baik, model ini bisa menciptakan suasana belajar yang dinamis dan bermakna, dan diharapkan menjadi acuan untuk strategi pembelajaran PAI yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman.

Referensi

Afifah, Laela Nur, and Muhammad Yusron Maulana El-yunusi. “Permasalahan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Min 2 Surabaya,” 2024, 79–86.

Aprila, Dina, and Indah Muliati. “Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7196–7202.

Dinana, Retno Aqimnad, Muhammad Fahmi, and Fathur Rohman. “Dinamika Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5 . 0” 6, no. 2 (2024): 5–11.

Djadir, Hamzah Upu, and Alif Rezky. “Model Pembelajaran Learning Cycle 5E ( Engage , Explore , Explain , Elaboration , Evaluate ) Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Matematika.” Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 2021, 1931–43.

Fauziah, R, and M H Abdullah. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Fase Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 8 Di SD Negeri Lidah Wetan II/462 Surabaya.” Jurnal PGSD 6, no. 9 (2018): 1588–98.

Fuad, Ah. Zakki. “Tantangan Dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Thesis, no. September (2023): 1–17.

Islamiyah. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ke-1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas V Di Min 3 Oku Timur.” Doctoral Dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG, no. 27 (2018).

Juhji, Oleh : “Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Dalam Pembelajaran IPA.” Primary 07, no. 02 (2015): 207–18.

M.Razali M. Thaib & Irwan Siswanto. “Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh” II, no. July (2015): 1–15.

Nisa, Khairun, Syahrul Ramadhan, and Harris Effendi Thahar. “5E Learning Cycle Model on Students’ Learning Outcomes.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14, no. 3 (2022): 3361–74. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1868.

Pangaribuan, Tumewa, Uswatul Hasni, Rizki Surya, and Amanda 3. “Need Analisys: Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Mahasiswa.” Journal of Education Research 4, no. 4 (2023): 2399–2407.

Penelitian, Jurnal, Pengembangan Pendidikan, Peningkatan Profesionalisme, Guru Pendidikan, Agama Katolik, Pengembangan Bahan, Ajar Lembar, et al. “Jurnal Paedagogy.” Jurnal Paedagogy 9, no. 1 (2022): 2022.

Rahman, Ulfiani, and Andi Astitah. “Use of Learning Cycle 5E in Revealing the PAI Conceptual Abilities of Class XI Students at SMA Negeri 1 Makassar” 1, no. ICoeSSE (2023): 588–600. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5_53.

Rahmawati, Taniasari, Tri Saputra, Murni Yanto, and Muhammad Istan. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Smp IT Rabbani Muara Enim” 6, no. 1 (2024): 54–62.

Salong, Amjad, and Mohammad Amin Lasaiba. “Efektivitas Model Learning Cycle 5E Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 9, no. 1 (2024): 36. https://doi.org/10.30998/sap.v9i1.21994.

Salsabila, Rara, and Hendra Haeruddin. “Tantangan Dan Inovasi Guru Dalam Pembelajaran PAI Di TK Kenanga Balikpapan.” Journal of Educational Research and Practice 2, no. 1 (2024): 60–72. https://doi.org/10.70376/jerp.v2i1.92.

Sujarwo, Sujarwo, Muhamad Akip, Miftahul Janna, and Candres Abadi. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 6 Lubuklinggau.” ’Edification Journal 6, no. 1 (2023): 19–35. https://doi.org/10.37092/ej.v6i1.604.

Tsanawiyah, D I Madrasah. “Efektifitas Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Problem Based Learning” 03, no. 09 (2024): 34–46.

Utami, Kania Dana. “Efektivitas Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 1, no. 2 (2019): 235–49. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2523.

Wardhani, Ni Ketut Sri Kusuma, and Ni Wayan Yusi Armini. “Implementasi Learning Cycle 5E Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Rendang Karangasem.” Jurnal Penelitian Agama Hindu 9843 (2022): 98–112. https://doi.org/10.37329/jpah.v0i0.1620.

Diterbitkan

2025-06-30