PENERAPAN PRAKTIK IBADAH SHALAT ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI BANYUATES
Abstrak
Membimbing dan mendidik anak-anak untuk menjalankan ibadah shalat merupakan suatu hal yang diperintahkan. Dalam Islam, shalat merupakan salah satu pilar utama yang memiliki posisi sentral dalam kehidupan keagamaan umat muslim. Melalui pemberian pendidikan agama, khususnya perihal shalat sejak usia dini, anak-anak dapat terdorong untuk mengenal serta menumbuhkan kecintaan terhadap ajaran agamanya. Anak tunarungu, walaupun mengalami masa perkembangan yang cukup lambat bila dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya, tetap memiliki potensi dalam dirinya yang dapat dikembangkan, terutama apabila didampingi dengan metode bimbingan yang tepat. Dalam pandangan Islam, anak berkebutuhan khusus tetaplah individu yang harus mendapat perhatian demi terwujudunya kemaslahatan hidup mereka, meskipun mereka belum memiliki kewajiban penuh dalam menjalankan hukum-hukum agama. Anak berkebutuhan khusus mengalami hambatan dalam proses belajar dan perkembangan, sehingga mereka membutuhkan layanan pendidikan yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan praktik ibadah shalat anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Banyuates. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan praktik ibadah shalat anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Banyuates dilakukan melalui metode belajar pembiasaan dan latihan (drill). Anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Banyuates dapat mengikuti gerakan shalat dengan baik, di sana juga menerapkan sholat dhuhur berjamaah, hal ini yang membuat anak-anak terbiasa dan lancar mengikuti gerakan shalat meskipun tidak hafal bacaan shalat.
Referensi
Aflah, Mohammad Rizal Ahnafi, dkk. 2022. “Pendampingan terhadap Pembiasaan Salat Fardu Tepat Waktu pada Anak Tunarungu (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tuli Hibatullah Bantul)”, at-Thullab, Vol. 4 No. 2, Juli-Desember.
Agustin, Ike Rahuta. 2025. “Problematika Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di SLB Budi Mulya pada Siswa SMA Tunarungu”, Skripsi Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Kediri.
Al-Bajuri, Ibrahim. 2016. Hasyiyah al-Bajuri, Jilid 1. Jeddah: Dar Al-Minhaj.
Al-Bantani, Muhammad Bin Umar. 2002. Nihayatuz Zain Fi Irsyadil Mubtadiin. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.
Al-Bantani, Muhammad Bin Umar. 2011. Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja. Beirut: Daru Ibni Hazm.
Al-Mahfani, M. Khalilurrahman, Hamdi, Abdurrahim. 2016. Kitab Lengkap Panduan Salat. Jakarta: Kawah Media.
Astutik, Sri Puji, Mufid. 2023. “Kiat Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus dan Relevansinya bagi Kesehatan Mental Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Analisis Buku “Aku ABK, Aku Bisa Shalat” Karya Muhammad Yamin Muhtar)”, Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, Volume 5, No 2.
Azra, Azyumardi, dkk. 2002. Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Az-Zuhaili, Wahbah. 2009. At-Tafsir Al-Munir Fii Al-Aqidah wa Asy-Syari’ah wa Al-Manhaj Jilid 1, Cetakan ke-10. Damaskus: Dar Al-Fikr.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kementerian Agama RI. 2014. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Sygma.
Mudjito, Harizal dan Elfindri. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Buduose Media.
Mufidah, Nastiti , Maulida, Maya Zahrotul. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Ibadah Amaliyah Melalui Kegiatan Praktik”. Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, Vol, 3 No, 2.
Muhtar, Muhammad Yasmin. 2016. Aku ABK Aku Bisa Sholat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pitaloka, Asyarinur ayuning Puriana, dkk. 2022. “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus”, Masaliq: Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol 2, No 1.
Putra, Fahrizal Ananda & Nova Estu Harsiwi. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter untuk Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB PGRI Pademawu”. Journal of Special Education Lectura, Vol. 2 No. 1, 31-37.
Qurrotaayun, Alif. Nur Wahidah, Fatin Rohmah, dkk. 2022. “Intelegensi Non-Verbal Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa B”. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, Vol, 11, No 2.
Ramayulis. 2010. Metode Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Republik Indonesia, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Bab IV Pasal 5 Ayat 1.
Republik Indonesia, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 55 Tahun 2007 Tentang Sistem Pendidikan Bab IV Pasal 1 Ayat 5.
Safwandi, Zara Yunizar, dan Shahlan. 2023. “Sistem Simulasi Pergerakan Salat Dan Bahasa Isyarat Untuk Anak Tunarungu Menggunakan Metode Role Play Berbasis Android”, Jurnal INTEK, Vol. 6 No. 2, November.
Sofia, Maulida Nurus, Nadia Rasyidah, Tari. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi ABK Tunagrahita”. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, VOL 3 , No 3.
Soleh, Akhmad. 2016. Aksesbilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Askara.
Supiana dan M. Karman. 2001. Menteri Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sururin, dkk. 2022. Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Syafri, Ulil Amri. Pendidikan Karakter Berbasis Quran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Bab 1 Ayat 1 Pasal 1.
Winaldi, Setyawan. tt. “Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Tunarungu Berbasis Android Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa Madina Serang”. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya.
Zaitun, Habiba. 2013. “Implementasi Shalat Fardhu Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Tanjung Pinang”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, Vol, 11 No 2.
Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks: Sage Publications.
Lexy J. Moleong. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Edition. Thousand Oaks: Sage Publications.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.