Peningkatan Hasil Belajar Materi Tarikh Islam dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Metode Mind Mapping

  • Saiful Anwar Universitas Darussalam Gontor
  • Fitri Siyami Universitas Darussalam Gontor
  • Wulan Noviyanti Asyarah Universitas Darussalam Gontor
  • Frida Avid Khusnul Khotimah Universitas Darussalam Gontor
  • Naila Nahdlia Ifada Universitas Darussalam Gontor
Abstrak views: 674 , PDF (English) downloads: 921

Abstrak

Dalam penelitian ini, peneliti mengambil tempat penelitian di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri2, Ngawi. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini disebabkan oleh hasil belajar yang kurang memuaskan para siswi KMI kelas 1H pada mata pelajaran Tarikh Islam. Salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar dan kurangnya keaktivan siswi adalah karena penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Metode ceramah menurut guru materi Tarikh Islam sendiri sering kali membuat anak bosan, mengobrol ataupun tertidur. Maka penelitian ini mencoba mencari solusi guna meningkatkan hasil belajar siswi dengan cara menerapkan metode pembelajaran mind mapping dengan model pembelajaran berbasis kooperatif atau kerja sama antara siswi satu dan siswi yang lainnya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart, subjeknya terdiri dari 32 siswi kelas 1H KMI PMDG Putri 2. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan tes hasil belajar, untuk observasi diolah dengan reduksi data, klasifikasi data, dan interpretasi data. Sedangkan tes diolah dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan sekitar 37,5% dari persentase hasil belajar di siklus I dan hasil belajar siklus II, yaitu persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 25% dan pada silklus II meningkat menjadi sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswi pada mata pelajaran Tarikh Islam kelas 1H.

Referensi

Deni. (2010). Upaya Meningkatkan Perhatian Belajar. Berbagai

Pekerjaan Melalui Model Kooperatif Learning Kelas IV SDN Bungurendah Bandung Barat Semester 1, p. 2

Huda, F. A. (2014). Pengertian dan Langkah Metode Pembelajaran Mind Mappung. Fatkhan Web, 251.

Ibrahim, Rachmadiarti F. Nur Muhammad Ismono. (2016). Pembelajaran Kooperatif. PSMS UNESA, Surabaya.

Pengembangan, T. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT

Raja Grafindo.

Puspitasari, D. (September 2017). Penerapan Model Cooperative

Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. II No. III, September 2017, hlm. 38-51, 41-42.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Mind Mapping. Jejak Pendiidkan Portal Pendidikan Indonesia, 105.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi

Cetakan Pertama. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Yani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi kelompok Pada

Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Shalat Jum'at di Kelas VII Medan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri

Sumatera Utara, 14-16.

Abdullah Syukri Zarkasyi. (2005). Manajemen Pesantren: Pengalaman Pondok Modern Gontor. Ponorogo: Trimurti Press

Hamruni, 2009, Strategi dan ModelModel Pembelajaran Aktif

Menyenangkan, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah

PlumX Metrics

Diterbitkan
2022-06-13