Pembelajaran Amtsilati sebagai Upaya Pembinaan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Sekolah

  • Imron Fauzi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Fatkha Nur Nabila UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Abstrak views: 912 , PDF (English) downloads: 930
PDF (English) downloads: 250

Abstrak

Kitab kuning mempunyai kedudukan yang sangat besar terhadap para ilmuwan muslim. Perihal ini dibuktikan sebab banyaknya intelektual muslim yang merujuk pada kitab kuning, SMK Nahdlatuth Thalabah merupakan sekolah formal yang berada di lingkungan pondok pesantren dan memberikan mata pelajaran nahwu sharaf dengan menggunakan metode Amtsilati. Tujuan utama dari penambahan mata pelajaran ini adalah sebagai upaya pembinaan siswanya yang bermukim dirumah agar bisa belajar dan membaca kitab kuning atau kitab gundul seperti siswa lain yang bermukim di pondok pesantren. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran Amtsilati, pelaksanaan pembelajaran Amtsilati, dan bagaimana evaluasi pembelajaran Amtsilati sebagai upaya pembinaan kemampuan membaca kitab kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah kabupaten Jember. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Perencanaan pembelajaran Amtsilati terdiri dari 3 langkah yaitu perumusan tujuan, materi dan metode. Pembelajaran Amtsilati ini adalah program yang dikhususkan hanya untuk siswa yang non pondok. Materinya diambil dari kitab Amtsilati jilid 1-5, Tatimmah 1 dan 2, Qoidah Amtsilati dan Nadzom Amtsilati. Model pembelajaran menggunakan model klasikal. 2) Pelaksanaan pembelajaran Amtsilati terdiri dari 3 langkah yaitu kegiatan pembuka dengan doa dan membaca lalaran nadhom, kegiatan inti yaitu pemberian materi dan kegiatan penutup memberikan pertanyaan seputar materi dan doa bersama. 3) Untuk teknik evaluasi terdiri dari 3 aspek yakni teknik evaluasi, instrumen evaluasi dan hasil. Untuk tekniknya menggunakan lisan dan tulis, instrumen evaluasi menggunakan teknik evaluasi tulis dan lisan dan hasilnya direkap dalam ijazah.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Dosen di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Referensi

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Afifatur Rahma. Implementasi Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Karomah Galis Madura. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020

Ahri Ida Agustina. Implementasi Pembelajaran Nahwu Sharaf Dengan Kitab Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal Jawa Tengah. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, 2019

Aliyah. “Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dengan Menggunakan Kitab Kuning”, Al-Ta’rib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 6 No. 1, 2018

Annisa Eka Fitri, et al. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di PAUD Auladana Kota Bengkulu”, Jurnal Potensia, Vol. 2 No. 1

Bashirotul Hidayah, “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Arab Pegon”, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 1, 2019

Endah Wahyu Sugiharti et al. “Analisis Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini di RA Darussa’adah Tulungagung”, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8, No 2, 2021

Ensiklopedi NU, Amtsilati Metode Baru Ngaji Nahwu, 6 Juni 2022. http://www.nu.or.id/a,public-dinamic-s,pdf.

Farida Nugrahani. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta, 2014

Ina Magdalena et al. “Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya”. Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 2 No. 2, 2020

Irawan, “Klasifikasi Model dan Teknik Evaluasi Pembelajaran”. Jurnal Islamika, Mei 2017

M. Fahrurrozi dan Siti Nur Laili Rahmawati. “Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi”. Jurnal Profit Vol. 8 No. 1, 2021

M. Misbah, “Taufiqul Hakim Amtsilati dan Pengajaran Nahwu-Sharaf”, Insania, Vol 3. No. 3, 2006

M. Misbah. “Taufiqul Hakim “Amtsilati” dan Pengajaran Nahwu Sharaf”, Jurnal Insania. Vol. 11 No. 3, 2006

Matthew B. Miles. A Michael Huberman & Johnny Saidafia. Qualitative Data Analysis A Methods Sourchebook. United Kingsom: SAGE Publication inc. 2014

Maulana Restu dan Siti Wahyuni, “Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Kuning Fathul Qorib Bagi Pemula di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan”, Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 9. No.3. Desember 2019

Roviatul Adawiyah, et al. “Metode Amtsilati Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning”. Jurnal Imtiyaz, Vol. 6, No. 01, 2022

Serlis Rusandi, “Pola Pendekatan Evaluasi Hasil Belajar Siswa di Sekolah”. Jurnal Bawi Ayah Vol. 8, No. 1, 2017

Siti Nurohmah, “Penggunaan Metode Amtsilati Dalam Pembelajaran Qowa’id (Nahwu dan Sharaf) di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Kabupaten Banyumas”, Skripsi, IAIN Purwokerto, 2019

Sugiyono. Metode Penelitan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018

Syarboini. “Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning di Ma’had Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe Provinsi Aceh”. IQTAN, Vol 11. No. 1, 2020

Tufiqul Hakim, Amtsilati: Metode Praktis Mndalami Al-Qur’an dan Membaca Kitab Kuning jilid 1, Jepara: Al-Falah Offset, 2003

Wahyu Najib Fikri. Efektivitas Pembelajaran Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2016

PlumX Metrics

Diterbitkan
2022-12-15