Pembelajaran Amtsilati sebagai Upaya Pembinaan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Sekolah
Abstrak
Referensi
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
Afifatur Rahma. Implementasi Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Karomah Galis Madura. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020
Ahri Ida Agustina. Implementasi Pembelajaran Nahwu Sharaf Dengan Kitab Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal Jawa Tengah. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, 2019
Aliyah. “Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dengan Menggunakan Kitab Kuning”, Al-Ta’rib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 6 No. 1, 2018
Annisa Eka Fitri, et al. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di PAUD Auladana Kota Bengkulu”, Jurnal Potensia, Vol. 2 No. 1
Bashirotul Hidayah, “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Arab Pegon”, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 1, 2019
Endah Wahyu Sugiharti et al. “Analisis Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini di RA Darussa’adah Tulungagung”, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8, No 2, 2021
Ensiklopedi NU, Amtsilati Metode Baru Ngaji Nahwu, 6 Juni 2022. http://www.nu.or.id/a,public-dinamic-s,pdf.
Farida Nugrahani. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta, 2014
Ina Magdalena et al. “Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya”. Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 2 No. 2, 2020
Irawan, “Klasifikasi Model dan Teknik Evaluasi Pembelajaran”. Jurnal Islamika, Mei 2017
M. Fahrurrozi dan Siti Nur Laili Rahmawati. “Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi”. Jurnal Profit Vol. 8 No. 1, 2021
M. Misbah, “Taufiqul Hakim Amtsilati dan Pengajaran Nahwu-Sharaf”, Insania, Vol 3. No. 3, 2006
M. Misbah. “Taufiqul Hakim “Amtsilati” dan Pengajaran Nahwu Sharaf”, Jurnal Insania. Vol. 11 No. 3, 2006
Matthew B. Miles. A Michael Huberman & Johnny Saidafia. Qualitative Data Analysis A Methods Sourchebook. United Kingsom: SAGE Publication inc. 2014
Maulana Restu dan Siti Wahyuni, “Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Kuning Fathul Qorib Bagi Pemula di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan”, Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 9. No.3. Desember 2019
Roviatul Adawiyah, et al. “Metode Amtsilati Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning”. Jurnal Imtiyaz, Vol. 6, No. 01, 2022
Serlis Rusandi, “Pola Pendekatan Evaluasi Hasil Belajar Siswa di Sekolah”. Jurnal Bawi Ayah Vol. 8, No. 1, 2017
Siti Nurohmah, “Penggunaan Metode Amtsilati Dalam Pembelajaran Qowa’id (Nahwu dan Sharaf) di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Kabupaten Banyumas”, Skripsi, IAIN Purwokerto, 2019
Sugiyono. Metode Penelitan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018
Syarboini. “Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning di Ma’had Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe Provinsi Aceh”. IQTAN, Vol 11. No. 1, 2020
Tufiqul Hakim, Amtsilati: Metode Praktis Mndalami Al-Qur’an dan Membaca Kitab Kuning jilid 1, Jepara: Al-Falah Offset, 2003
Wahyu Najib Fikri. Efektivitas Pembelajaran Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2016