Penguatan Ekonomi dan Pembelajaran Unggul Lembaga Pendidikan Islam

Penulis

  • Guntur Cahyono Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Qi Mangku Bahjatulloh Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.21154/maalim.v5i2.9801

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan bagaimana lembaga pendidikan Islam membangun mutu sekolah melalui pembelajaran unggul. Mutu sekolah memiliki berbagai macam aspek salah satunya melalui penguatan ekonomi sekolah. Sekolah bukan hanya mengenai sistem pendidikan, kurikulum atau manajemen SDM yang perlu mendapat perhatian adalah dari sisi keuangannya. Maka diperlukan manajemen keuangan sekolah. Manajemen keuangan adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menentukan berjalannya kegiatan pendidikan sekolah. Penelitian dilaksanakan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura Sukoharjo, sebagai sekolah yang memiliki manajerial keuangan yang baik. Sekolah memiliki kemampuan untuk memberikan fasiltas belajar yang memadai sehingga mutu sekolah bisa terwujud. Adapun Standar Kompentensi Lulusan SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar dapat dilihat dari 6 pilar yang sudah diprogramkan yaitu sukses keislaman dan ibadah, sukses karakter, sukses akademik dan ujian nasional, sukses lomba/prestasi, sukses literasi, sukses tahfidz. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan ini memperoleh data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Referensi

Adillah, G. (2016). Manajemen Keuangan Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Pascasarjana. 10(4), 343–346.

Ali, M. (2009). Menabur Benih Sekolah Unggul di Muhammadiyah Yogyakarta: Suara Muhammadiyah

Anam, K. (2019). Manajemen Keuangan Madrasah yang Bersumber dari Masyarakat. At-Turats. 13(1), 56–75.

Arum., dkk. (2019). Interview. Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

Asmara, A & Desta L.S. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi: Permasalahan dan Tantangannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 26-38

Burger, R. H., Kaufman, P. T., & Atkinson, A. L. (2015). Disturbingly Weak: The Current State of Financial Management Education in Library and Information Science Curricula. Journal of Education for Library and Information Science. 56(3), 13–16.

Centerwall, U., & Nolin, J. (2019). Using an Infrastructure Perspective to Conceptualise The Visibility of School Libraries in Sweden. Information Research. 24(3), 1–30

Djamaluddin A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: Kaaffah Learning Centre

Fadhallah (2021). Wawancara. Jakarta: UNJ Press

Fajar, N., & Arfan, M. (2017). Analisis Penyerapan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Aceh. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi. 10(2), 95–102.

Fajar, N., & Arfan, M. (2017). Analisis Penyerapan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Aceh. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 10(2), 95-102.

Fattah, N. (2002). Persepsi Kepala Sekolah, Guru, Dewan Sekolah Dan Orang Tua Terhadap Pelaksanaan MBS SD di Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 22-30.

Fattah, N. (2016). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Garner, B.A. (2004). Black’s Law Dictionary Eeighth Edition. USA: West Publishing Co

Graha, Pengembangan Masyarakat Pembangunan Melalui Pendampingan Sosial Dalam Konsep Pemberdayaan di Bidang Ekonomi. Jurnal Ekonomi MODERNISASI (2009), 122-123.

Hasan, M.N. (2015). Upaya Menjadikan Madrasah sebagai

Lembaga Pendidikan Unggul. Wahana Akademika. 2(2), 75-88

Huriyah, L. (2014). Manajemen Keuangan: Optimalisasi Pengelolaan Keuangan di Lembaga Penddikan Islam. Surabaya: UINSA Pers.

Jabar, A. (2011). Pencapaian Keunggulan Sekolah di Kota Bandung. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kalean. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Kenayathulla, H. B., Subramaniam, R., Ghani, M. F. A., & Abdullah, Z. (2018). Determinants of financial adequacy: Evidence from Malaysian Tamil schools. MOJEM: Malaysian Online Journal of Educational Management, 6(3), 87-106.

Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Al Afkar, 6(1), 67–93

Latifah, Purwanti, E., & Kusuma, N. (2017). Peran Manajemen Keuangan dalam Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs Negeri 2 Pringsewu Kecamatan Banyumas. Jurnal Manajamen Pendidikan Islam, 2(1), 9–14.

Maimun, A. dan A.Z. Fitri. (2010). Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN Maliki Press.

Mardikonto, Totok. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Public. Bandung: Alfabeta.

Marlina, L. (2012). Kajian terhadap Perkembangan Sekolah Muhammadiyah. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 17(01), 103-138.

Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan yang Bermutu. Jurnal Ansiru PAI. 1(2), 119–145.

Molchanova, V. S., & Federation, R. (2019). Education and Financial Inclusion. An Empirical Study in Students of Higher Education. European Journal of Contemporary Education. 8(4), 810–818.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubin, N. (2018). Integritas dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah/Madrasah. At-Taqwa. 14(2), 80–92.

Muhammad. (2009). Konsep Pengembangan Madrasah Unggul. Kreatif. 4(1)

Nilamasari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Wacana, Volume XII, 178.

Nur, M, Cut Z.H., Sakdiah I. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan. 4(1), 93-103

Nuryana, Z. (2017). Revitalisasi Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Pada Perguruan Muhammadiyah. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. 18(1), 1-11

Ozturk, I. (2001). The Role of Education In Economic Development: A Theoretical Perspective. Journal of Rural Development and Administration. XXXIII(1), 39-47

Palmer, C., & Bolderston, A. (2006). A brief introduction to qualitative research. Canadian Journal of Medical Radiation Technology, 37(1), 16-19.

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik focus group discussion dalam penelitian kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117-127.

Pusvitasari, R & M. Sukur. (2020). Manajemen Keuangan Sekolah dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan (Studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo). Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4(1), 94-106

Raharjo, S.B & Lia Y. Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan: Studi Kasus Di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1(2), 203-217

Rahmadani, D., & Anisa, I. Z. (2017). Pengaruh Perencanaan Anggaran,Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pelaksanaan Anggaran. Jurnal Riset Akuntansi. 10(1), 134–148.

Rahmah, S. (2014). Mengenal Sekolah Unggulan. Itqan. VII(1), 11-22

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 17(33), 81-95

Ruhmaini, R., Abdullah, S., & Darwanis, D. (2019). Analisis Serapan Anggaran Belanja Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam. 4(1), 31–43.

Sahlan, Asmaun. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN-MALIKI Press.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Jurnal Evaluasi, 2(1), 257–273.

Sangadji, M. (2021). Rural Community Economic Strengthening Model Based on Village-Owned Enterprises in Central Maluku Regency. Media Trend. 16(2), 303-312

Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 3(1), 101–118.

Shakouri, N. (2014). Qualitative Research: Incredulity toward Metanarrativeness. Journal of Education and Human Development. 3(2), 671-680

Suhartini, H. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah terhadap Manajemen Sekolah dalam Mewujudkan Efektifitas Penggunaan Anggaran Dana Sekolah. Khazanah Akademia. 1(1), 71–81.

Sulistiyorini. (2005). Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: eIKAF

Suresmi. (2020). Implikasi Pengelolaan Pembelajaran Bermutu Pada Kelas Unggulan. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 4(2), 271-280

Suryana Cahya. Mutu dan keunggulan pendidikan, dalam http://csuryana.wordpress.com. 29 April 2012

Susilo, J. (2017). Strategi Membangun Sekolah Muhammadiyah yang Berkemandirian. Prosiding Seminar Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggebirakan. Mataram, 569-576

Suwardi dkk., (2019). Sekolah dan Madrasah Unggul. Karanganyar: CV Pupa Media.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Ciputat. Penerbit Ciputat press.

Syarif, M. (2013). Teori dan Model Pengembangan Pendidikan formal Islam. Media Akademika. 28(3)

Tandililing, J. (2019). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Sekolah terhadap Motivasi Mengajar Guru di Kabupaten Keerom. Jurnal Kajian Ekonomi & Keuangan Daerah. 4(2), 38–57

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Utomo, B. (2017). Penguatan Ekonomi Lokal Menuju Kemandirian Daerah

(Studi Kasus Kota Palembang). Jurnal Swarnabhumi. 2(1), 45-50

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala. XVII(2), 207-215

Widyatmoko, Subkhi, S. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SDN Kemasan I Surakarta. Manajemen Pendidikan, 12(1), 153– 160

Zahruddin, Z. Arifin, & A. Suhandi. (2019). Implementasi Penyususnan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. Jurnal Administarsi Pendidikan, 26(1), 45–56

Diterbitkan

2024-12-25