Integrasi Ilmu Agama dan Umum dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits

Penulis

  • Oriza Alisya Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yane Wulan Sari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azka Putra Prawira Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dihya Ahmad Yasin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hibrizi Adzin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ummah Karimah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Busahdiar Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21154/maalim.v5i2.9885

Abstrak

Kemajuan globalisasi di zaman milenial saat ini tentu menjadi perhatian khusus bagi peran pendidik untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat memahami pengetahuan sesuai dengan lintasan, dan tidak keluar dari batasan agamanya. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana integrasi ilmu agama dan ilmu umum dalam pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits. Penelitian ini menggunakan kualitatif, pengambilan datanya dengan data primer dari guru Al-Qur'an Hadits di MTs Darul Ma'arif Cipondoh Kota Tangerang. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap siswa sangat penting untuk mempelajari ilmu umum secara mendalam guna membentuk diri menjadi manusia yang berkarakter. Pada lingkup pendidikan Islam, karakter tersebut harus berdiri atas prinsip manusia insan kamil. Maka untuk mencapai hal tersebut, diperlukannya integrasi ilmu umum dan ilmu agama sepanjang proses pembelajaran guna membekali siswa menjadi lulusan yang memiliki wawasan pengetahuan umum yang luas dengan diimbangi oleh nilai spiritualitas yang kuat sesuai dengan kaidah ajaran Islam dalam Al-Qur'an Hadits.

Referensi

Achmad, M. Integrasi Sains Dan Agama: Peluang Dan Tantangan Bagi Universitas Islam Indonesia. In Abhats: Jurnal Islam Ulil Albab, 50(1). (42021)

Chanifudin, & Nuriyati, T. Integrasi Sains Dan Islam Dalam Pembelajaran. Asatiza : Jurnal Pendidikan, 1. (2020)

Fahmi, M. Tantangan Interkoneksi Sains Dan Agama Di IAIN Sunan Ampel. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1. (2013)

Ikhwan, A. Ntegrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2. (2014)

Indra, H. “Studi Program Pembelajaran Keislaman, Alam Dan Sains Pada Sekolah Al Jannah Cibubur Jakarta Timur.” (N.D.)

Kamila, A. Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2. (2023)

Karimah, U. “Pesantren dan Pendidikan : Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan.” Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03, 134. (2018)

Karimah, U., Shofiyah, S., Sudin, M., & Basit, A. “Prosiding The 3 Nd Annual Conference On Islamic Religious Education Integrasi Keilmuan Dalam Bingkai Kurikulum Ptkin Di Jakarta.” Proceeding Annual Conference on Islamic Religious Education, 3, 2023. Http://Acied.Pp-Paiindonesia.Org/Index.Php/Acied.

Karimah Ummah, & Husnul Khotimah. Konsep Filsafat Pendidikan Islam: “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Fazlur Rahman.” Ad-Da’wah, 59–72. (2021)

Muchlis M. Hanafi. Integrasi Ilmu Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Suhuf, 7. (2022)

Muspiroh, N. Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ipa (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam. (2013)

Novianti, M. Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah. Journal Of Empirical Research In Islamic Education, 2. (2014)

Nursri Hayati, & Dalimunthe Irwan Shaleh. “Integration Of Science Based On Philosophy Review (Study Aspects Of Ontology, Epistemology, And Axiology).” Itqan: Jurnal Ilmu Ilmu Kependidikan., 13, 169–170. (N.D.)

Qur’an Kemenag. Https://Quran.Kemenag.Go.Id/ (N.D.)

Rudiana, A. Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Sains Dan Teknologi. 8, 123–143. (2014)

Saumantri, T. “Wacana Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Al-Ghozali.” Jurnal Yaqzhan : Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 5. (2019)

Shofiyah Siti, Ichwan Arifin, Ummah Karimah, Laila Yumna, Hafizh Taufiqurohman, & Dede Alfiyah Nurhovivah. “Generasi Sandwich Dalam Perspektif Islam.” Proceeding International Seminar Of Islamic Studies, 1586–1591. (2023)

Solichin, M. M., Wahab Syakhirul Alim, & Achmad Muzammil Alfan Nasrullah. “Integrasi Ajaran Islam Dengan Ilmu Pengetahuan Pada Program Studi Tadris Ilmu Pendidikan Alam Iain Madura: Struktur Kurikulum, Strategi Pembelajaran Dan Pandangan Masyarakat.” Nuansa : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 19, 1–22. (2022)

Utami, A., Adlan Fauzi Lubis, & Ummah Karimah. “Performance Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengoptimalkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar.” (2023)

Diterbitkan

2024-12-25