Islamic Education According to Ahmad Dahlan's Perspective: Contribution and Implementation in A Modern Social Context
DOI:
https://doi.org/10.21154/maalim.v5i2.9896Abstrak
Pemikiran KH. Ahmad Dahlan merupakan reaksi praktis terhadap kondisi buruk yang dihadapi umat Islam di Indonesia. Umat ”‹”‹Islam tertinggal dalam bidang politik, sosial, dan ekonomi. KH. Ahmad Dahlan menyatakan bahwa pendidikan Islam berupaya untuk mengembangkan umat Islam menjadi individu yang berbudi luhur, alim dalam keyakinan agamanya, mempunyai wawasan luas dan kesadaran terhadap isu-isu keilmuan modern, serta siap berjuang demi kemajuan masyarakatnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pendidikan islam menurut pemikiran Ahmad Dahlan dalam kontribusi dan implementasi konteks sosial modern. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan systematic riview. Systematic riview merupakan metode yang menggunakan bukti berbasis bukti sebelumnya melalui tinjuan, evaluasi terstruktur, klasifikasi dan kategorisasi.Hasil penelitian menunjukan: 1) Ahmad Dahlan memiliki pandangan mengenai pentingnya pembentukan kepribadian sebagai target penting dari tujuan-tujuan pendidikan; 2) pendidikan Islam perlu membuka diri, inovatif, dan progresif terkait dengan penyempurnaan kurikulum memasukkan materi pendidikan agama dan umum secara integrative; 3) perubahan dan pembaruan mampu mengintegrasikan aspek nilai-nilai agama dan pengetahuan umum, iman dan kemajuan teknologi; 4) Melalui proses penyadaran, pendekatan pembelajaran pola kontekstual sosial.
Referensi
A, Faizal, Ellya Roza. “Konsep Pendidikan K.H Ahmad Dahlan.” Hikmah 12 (2023): 142–52.
Abimubarok, Achmad. “Gagasan k. h. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Yang Ideal Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Merdeka Belajar.” Rausyan Fikr. 18, no. 2 (2022): 14–24.
Ahdar. “K. H. Ahmad Dahlan: Pemikiran Sosialnya.” Al Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya 1, no. 1 (2019): 11–20.
Azizatun, Zetty, Islam Perspektif, K H Ahmad, and Hasyim A S Y A R I M. “Study Komparatif Dalam Konsep Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia DAHLAN ( 1869-1923 M ) DAN KH. Hasyim Asya’ari (1871-1947 M).” Didaktrika Religia 2, no. 1 (n.d.): 135–74.
Diningrum Citraningsih. “Tujuan Dan Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan.” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 4, no. 2 (2021): 171–85. https://doi.org/10.54396/saliha.v4i2.171.
Enok Sadiah. “Kritik Kh. Ahmad Dahlan Teradap Pendidikan Islam Dan Kaitannya Dengan Pendidikan Nasional.” Rausyan Fikr 18, no. 2 (2022): 35–47.
Fatah, Rahmat Abd. “Rasionalitas Tindakan KH . Ahmad Dahlan Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal On Education 07, no. 01 (2024): 4389–4402.
Fauzi, Firdaus. “Sejarah Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan.” Manhaj : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Sosial Budaya Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2022): 1–18.
Fitri, Adisty Nabilah, and Lilis Karyawati. “Konsep Pendidikan Islam Menurut K . H . Ahmad Dahlan” 6, no. 1 (2022): 1049–53.
Halik, Abdul Chadjib. “Kontribusi KH Ahmad Dahlan Dalam Reformasi Pendidikan Islam Dan Transformasi Sosial Di Indonesia” 3, no. 5 (2024): 4623–35.
Hamsah, Muhammad, Nurchamiudah, Rasimin. “Pemikiran Pendidikan k.h. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Modern.” Rislalah 7, no. 2 (2021): 378–90.
Hardiansyah. “Kontribusi Gagasan k.h. Ahmad Dahlan Dalam Dinamika Pendidikan Di Kota Pangkal Pinang.” Kuttab 06 (01) (2022): 50–60.
Hermawanti, Yuliana. “Konsep Pendidikan Islam Menurut K.H Ahmad Dahlan.” Promis 2, no. September (2020): 3–5.
Jumrah, Abrina Maulidnawati. Syarifuddin Ondeng. “Relevansi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dan Kh. Hasyim Asy’ari d an Pengaruhnya Dalam Bidang Pendidikan Islam.” Al Urwatul Wutsqa 2, no. 1 (2022): 9–23.
Karimuddin, Fahmi. “Pemikiran KH . Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 9439 (2019): 1–9.
Mainuddin, Lilis Dini Septiani. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif KH. Ahmad Dahlan.” Tajdid 6 (1) (2022): 1–13.
Mulyandari, Aprilia Dwi. “Pendidikan Karakter Menurut K.H Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Di Indonesia.” Studi Agama-Agama 8, no. 1 (2022): 84–98.
Muthohirin, Nafik. “Modernisasi Pendidikan Islam Ahmad Dahlan : Perspektif Kesadaran ( Konsientisasi ) Kritis Paulo Freire” 8, no. 1 (2021): 51–62.
Nursalim, and Lukmanul Hakim. “Peran Muhammadiyah Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Perspektif 1, no. 4 (2022): 326–38. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i4.210.
Prahara, Erwin Yudi. “Kepemimpinan K.H. Ahmad Dahlan Dalam Pendidikan Islam.” Cendekia 13, no. 2 (2023): 158–59.
Qurrota, A, Al Fithri, Aris Rohmatul Maula, Nur Amalina, Wafi Azizah, and Alfi Elma Diana. “Inovasi Kelembagaan Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Di Era Modern.” Intelektual 14, no. 2 (2024): 223–38. https://doi.org/10.33367/ji.v14i2.5564.
Ratnawati, Eka, and Nurul Istiq. “Pemikiran Pendidikan K . H . Ahmad Dahlan Dan” 1, no. 2 (2023): 43–50.
Roybah, Abdul Munib. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif K.H Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Era Global Pendidikan Di Indonesia.” Ahsana Media 8, no. 1 (2022): 86–99.
Sari, D. R., Sari, N., Noviani, D., & Paizaluddin, P. “Pemikiran Pendidikan Islam Ahmad Dahlan.” IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 3 (2023): 134–47. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/35364/2/DWI PUSPA KHAIRUNNISA-FU.pdf%0Ahttps://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/view/610.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet., 2016.
Wardianto, Bayu Suta. “Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0” 21 (2020): 281–90.
Yuliasari, Putri. “Relevansi Konsep Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan Di Abad 21.” As-Salam 5 (1( (2014): 45–64.
Zain, Fadhilah Luthfiyyah, Syifa Rahmawat, Dwi Ayu Istiqomah, Wahyu Hidaya. “Perbandingan Konsep Pemikiran Pendidikan Islam K . H . Hasyim Asy ’ Ari.” Motivasi Dan Bahasa 2, no. 2 (2024): 161–65.