The PERAN STRATEGIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBENTUK GENERASI BERAKHLAK DAN BERWAWASAN KEISLAMAN DI ERA DIGITAL

Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembentukan Akhlak

Penulis

  • Yusmicha Ulya Afif Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ana Rahayu Setia Ningrum Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/maalim.v5i2.9916

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran strategis Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk generasi berakhlak mulia dan berwawasan keislaman di era digital. Di tengah arus globalisasi dan digitalisasi, tantangan bagi dunia pendidikan, khususnya PAI semakin kompleks. Pendidikan tidak hanya bertugas mengembangkan kemampuan intelektual, tetapi juga membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Fokus utama adalah bagaimana PAI mampu menjawab tantangan era digital yang menawarkan kemudahan akses informasi, namun di sisi lain berpotensi menurunkan nilai-nilai spiritual dan moral generasi muda. Melalui pendidikan berbasis nilai-nilai Islam yang holistik, PAI diharapkan mampu mengintegrasikan teknologi dengan ajaran Islam, sehingga peserta didik dapat memanfaatkan teknologi secara bijak tanpa kehilangan identitas keislaman dan nilai-nilai moral yang luhur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menggambarkan peran strategis Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk generasi berakhlak dan berwawasan keislaman, terutama di era digital.yang mana sumber data baik primer maupun sekunder diperoleh dari buku, artikel ilmiah, jurnal dan makalah. Artikel ini menyimpulkan bahwa PAI memiliki peran strategis dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan berwawasan keislaman di tengah era digital.

Referensi

Alamin, Zumhur. “Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Agama Islam Di Era Digital.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 7, no. 1 (2023): 84–91.

Amin, H Samsul Munir. Ilmu Akhlak. Amzah, 2022.

Aslahudin, Aslahudin, Dede Mansurulloh, Arman Paramansyah, and Ahmad Zamakhsari. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam Dalam Era Digital.” Jurnal Tahsinia 4, no. 2 (2023): 195–208.

Aziz, Abdul, and Supratman Zakir. “Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0.” Indonesian Research Journal on Education 2, no. 3 (2022): 1070–77.

Bafadhol, Ibrahim. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 02 (2017): 19.

Ess, Charles. Digital Media Ethics. Polity, 2013.

Febrianto, Arip, and Norma Dewi Shalikhah. “Membentuk Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Peran Pendidikan Agama Islam.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 8, no. 1 (2021): 105-â.

Firdaus, Ahmad, Amar Amrullah, Lelly Robiatul Adawiyah, Qiqi Yuliati Zakiah, and Supiana Supiana. “Enhancing Learning Quality and Student Engagement: Utilizing Digital Technology in Islamic Education.” International Journal of Nusantara Islam 11, no. 2 (2023): 206–2018.

Gunarsih, Tri. “Inovasi Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 3, no. 1 (2023): 147–61.

Husna, Khalisatun, Farras Fadhilah, Ulfa Hayana Sari Harahap, Muhammad Arby Fahrezi, Khalid Samahangga Manik, M Yasir Ardiansyah, and Inom Nasution. “Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa 1, no. 4 (2023): 154–67.

Ifadah, Luluk, and Sigit Tri Utomo. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.” Al Ghazali 2, no. 2 (2019): 51–62.

Indra, Hasbi. “Revitalisasi Pendidikan Keagamaan Islam Era Digital 4.0.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (2019): 278–88.

Jannah, Raodatul. “Manajemen Pendidikan Islam Dalam Konteks Teknologi Digital.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online) 4, no. 2 (2023): 435–43.

Koehler, Matthew J, Punya Mishra, and William Cain. “What Is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?” Journal of Education 193, no. 3 (2013): 13–19.

Kulsum, Ummi, and Abdul Muhid. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12, no. 2 (2022): 157–70.

Levy, David M. Mindful Tech: How to Bring Balance to Our Digital Lives. Yale University Press, 2016.

Muvid, Muhamad Basyrul, Ali Ridho, Siti Yumnah, Gigih Saputra, Halimatus Sa’diyah, Rangga Sa’adillah, Eko Nani Fitriono, and Jeri Ardiansa. “Transformasi PAI Dalam Penguatan Sikap Moderasi Beragama Di Era Digital.” Global Aksara Pers, 2023.

Najmudin, Dudun, and Yasni Alami. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Era Digital.” Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2022): 17–27.

Noor, Amirudin. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” In Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 2019.

Novita, Novita Nur Inayha. “Penguatan Etika Digital Melalui Materi ‘Adab Menggunakan Media Sosial’ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0.” Journal of Education and Learning Sciences 3, no. 1 (2023): 73–93.

Nuryadin, Nuryadin. “Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 1 (2017): 209–26.

Oktavia, Putri, and Khusnul Khotimah. “Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 2, no. 5 (2023): 66–76.

Rahma, Fatikh, Asmuni Zain, Zainul Mustain, and Rokim Rokim. “Penguatan Nilai-Nilai Spiritual Dan Moralitas Di Era Digital Melalui Pendidikan Agama Islam.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 6, no. 2 (2024): 94–103.

Rani, Samsul. “Transformasi Komunikasi Dakwah Dalam Era Digital: Peluang Dan Tantangan Dalam Pendidikan Islam Kontemporer.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4, no. 1 (2023): 207–16.

Raniyah, Fathimah, Nur Hasnah, and Gusmaneli Gusmaneli. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Digital.” Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 3, no. 2 (2024): 29–37.

Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, and Yadi Fahmi Arifudin. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Digital Tinjauan Literatur.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2024): 36–42.

Tanamal, Nini Adelia. “Religiusitas Mahasiswa Milenial Dalam Penerapan Ahlak Dan Etika Di Era Digital.” JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan 1, no. 2 (2022).

Tang, Muhammad. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Merespon Era Digital.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 7, no. 01 (2018): 717–40.

Ulum, Miftahul. “Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Radikalisme Di Kalangan Remaja.” Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam 1, no. 1 (2023): 30–34.

Yahya, Muhamad Slamet. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Implementasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Wilayah Banyumas.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023): 609–16.

Diterbitkan

2024-12-25