HIPERREALITAS DALAM AKUN INSTAGRAM @GOLKARJATIM PADA PERIODE TAHUN 2022

Authors

  • Muhamad Asad Muhamiyus Sidqi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Dimas Prakoso Nugroho Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Abstract: 2022 is the timestarting point for political parties in building the image of society. All efforts and actions are made in order to build closeness with the community. Starting from activities carried out directly to activities carried out through social media. The role of social media, which is an important requirement for society, demands more political parties to provide online activities and content that can build an image. All realities are affixed in this way, to help increase their popularity and also their electability so they can provide their support during the 2024 elections. One of the many political parties that are intensively creating content is the Golkar party. Through the @golkarjatim account, this party has built a good image for the party and candidate, namely Airlangga Hartanto. This research was conducted to reveal the hyperreality of the content created by the @golkarjatim account in building the image of Airlangga Hartanto. In this study, researchers used Roland Barthes' semiotic analysis method to obtain in-depth data. The results of the analysis that has been carried out, the researcher found a simulation process in @golkarjatim content, which allows hyperreality to emerge.

Keywords : Content, Hyperreality, Instagram, Simulation

Abstrak:Tahun 2022 merupakan waktu starting point bagi para partai politik dalam membangun citra masyarakat. Segala upaya dan tindakan dilakukan agar bisa membangun kedekatan dengan masyarakat. Mulai dari kegiatan yang dilakukan secara langsung hingga kegiatan yang dilakukan melalui sosial media. Peranan media sosial yang menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat menuntut lebih partai politik untuk memberikan kegiatan-kegiatan online maupun konten yang dapat membangun membangun citra. Segala realita dibubuhkan melalui cara ini, untuk membantu eningkatkan kembali popularitas dan juga elekbilitasnya supaya bisa memberikan dukungannya saat pemilu di 2024. Salah satu diantara banyak partai politik yang gencar membuat konten adalah partai Golkar. Melalui akun @golkarjatim partai ini membangun citra baik partai dan calon yang diusung, yakni Airlangga Hartanto. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap hiperrealitas terhadap konten yang dibuat oleh akun @golkarjatim dalam membangun citra Airlangga Hartanto. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mendapatkan data secara mendalam. Hasil dari analisis yang sudah dilakukan, peneliti menemukan proses simulasi pada konten-konten @golkarjatim, yang memungkinkan munculnya hiperrealitas.

Kata Kunci: Hiperrealitas, Konten, Kualitatif, Instagram, Simulasi

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sidqi, M. A. M., & Nugroho, D. P. (2024). HIPERREALITAS DALAM AKUN INSTAGRAM @GOLKARJATIM PADA PERIODE TAHUN 2022. QAULAN: Journal of Islamic Communication, 5(2), 221–247. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/qaulan/article/view/10156