Pengaruh Online Friendship Zone terhadap Capaian Akademis Mahasiswa Universitas Siliwangi pada Masa Pandemi Covid-19

Abstract views: 362 , XML downloads: 185
Keywords: Pertemanan online, capaian akademik, dan kualitas pendidikan.

Abstract

Perkembangan akademik para mahasiswa dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti minat dan bakat, motivasi, pengetahuan, pertemanan, institusi pendidikan, dan keadaan sosial. Dalam hal ini, lingkungan pertemanan menjadi salah satu faktor perkembangan akademik mahasiswa. Namun, lingkungan pertemanan yang biasanya dibangun secara langsung, kini terhalang oleh pandemi Covid-19. Maka dari itu, penulis tertarik melakukan analisis pengaruh pertemanan online terhadap capaian akademik mahasiswa Universitas Siliwangi pada masa pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk mengatahui pengaruh pertemanan secara online pada capaian akademik selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah menggunakan teknik survei melalui kuisioner dengan sistem skala Likert. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear setelah melalui tahapan pengujian validitas, reliabelitas, normalitas, dan lineritas. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden yang tersebar dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Siliwangi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari pertemanan online terhadap capaian akademik mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.

Author Biographies

Muhamad Fauzi Efendi, Universitas Siliwangi
Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Resi Rismawati, Universitas Siliwangi
Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Erni Mulyanie, Universitas Siliwangi
Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Agustiningtyas, Puput, and Jun Surjanti, ‘Peranan Teman Sebaya Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Di Masa Covid-19’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.3 (2021), 794–805 <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.454 Copyright>

Assidiqi, Muhammad Hasbi, and Woro Sumarni, ‘Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19’, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2020, 298–303 <https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519>

Halim, Fatmawati, ‘Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Belajar Mahasiswa Pendas Di Pokjar Jeneponto Dan Takalar Tahun 2018’, Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2.2 (2019), 129–46 <https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.917>

Indiani, Baroroh, ‘Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Media Daring Pada Masa Pandemi COVID-19’, Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1.3 (2020), 227–32

Maheni, Ni Putu Krisna, ‘Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11.1 (2019), 85–95

Pranyoto, Yohanes Hendro, and Bertolomeus Belang, ‘Pengaruh Fasilitas Belajar, Kelompok Sebaya Dan Profesionalisme Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke’, JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral), VII.2 (2019), 1–11

Prianto, Agus, Arin Qusthonthiniyah, Anggundari Septiana, Rizky Tosiana, Nicky Nurfitri Ariani, Dwita Nurul Maulidyah, and others, ‘Capaian Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender’, Prosiding Seminar Nasional IV 2018: Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Revolusi Industri 4.0 Dan Mendukung Pencapaian Sustainability Development Goals (SDG’s), 2018, 62–67 <http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/download/2523/2357>

Sugiyono, Metode Penelitian Kebijakan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Evaluasi (Bandung: Alfabeta, 2017)

Sukarno, Nadia Franciska, and Endang Sri Indrawati, ‘Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa Di SMA PL Don Bosko Semarang’, Jurnal Empati, 7.2 (2018), 314–20

Yulianda, Muthia, and Rita Syofyan, ‘Pengaruh Motivasi Belajar, Teman Sebaya Terhadap Prokratinasi Akademik Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang’, Jurnal Ecogen, 1.2 (2018), 450–62 <https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4767>

PlumX Metrics

Published
2022-03-31
Section
Articles