Pengaruh Online Friendship Zone terhadap Capaian Akademis Mahasiswa Universitas Siliwangi pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Pertemanan online, capaian akademik, dan kualitas pendidikan.Abstract
Perkembangan akademik para mahasiswa dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti minat dan bakat, motivasi, pengetahuan, pertemanan, institusi pendidikan, dan keadaan sosial. Dalam hal ini, lingkungan pertemanan menjadi salah satu faktor perkembangan akademik mahasiswa. Namun, lingkungan pertemanan yang biasanya dibangun secara langsung, kini terhalang oleh pandemi Covid-19. Maka dari itu, penulis tertarik melakukan analisis pengaruh pertemanan online terhadap capaian akademik mahasiswa Universitas Siliwangi pada masa pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk mengatahui pengaruh pertemanan secara online pada capaian akademik selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah menggunakan teknik survei melalui kuisioner dengan sistem skala Likert. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear setelah melalui tahapan pengujian validitas, reliabelitas, normalitas, dan lineritas. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden yang tersebar dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Siliwangi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari pertemanan online terhadap capaian akademik mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.
References
Agustiningtyas, Puput, and Jun Surjanti, ”˜Peranan Teman Sebaya Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Di Masa Covid-19’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.3 (2021), 794”“805 <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.454 Copyright>
Assidiqi, Muhammad Hasbi, and Woro Sumarni, ”˜Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19’, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2020, 298”“303 <https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519>
Halim, Fatmawati, ”˜Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Belajar Mahasiswa Pendas Di Pokjar Jeneponto Dan Takalar Tahun 2018’, Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2.2 (2019), 129”“46 <https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.917>
Indiani, Baroroh, ”˜Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Media Daring Pada Masa Pandemi COVID-19’, Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1.3 (2020), 227”“32
Maheni, Ni Putu Krisna, ”˜Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11.1 (2019), 85”“95
Pranyoto, Yohanes Hendro, and Bertolomeus Belang, ”˜Pengaruh Fasilitas Belajar, Kelompok Sebaya Dan Profesionalisme Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke’, JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral), VII.2 (2019), 1”“11
Prianto, Agus, Arin Qusthonthiniyah, Anggundari Septiana, Rizky Tosiana, Nicky Nurfitri Ariani, Dwita Nurul Maulidyah, and others, ”˜Capaian Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender’, Prosiding Seminar Nasional IV 2018: Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Revolusi Industri 4.0 Dan Mendukung Pencapaian Sustainability Development Goals (SDG’s), 2018, 62”“67 <http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/download/2523/2357>
Sugiyono, Metode Penelitian Kebijakan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Evaluasi (Bandung: Alfabeta, 2017)
Sukarno, Nadia Franciska, and Endang Sri Indrawati, ”˜Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa Di SMA PL Don Bosko Semarang’, Jurnal Empati, 7.2 (2018), 314”“20
Yulianda, Muthia, and Rita Syofyan, ”˜Pengaruh Motivasi Belajar, Teman Sebaya Terhadap Prokratinasi Akademik Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang’, Jurnal Ecogen, 1.2 (2018), 450”“62 <https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4767>
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).