PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN LITERASI DIGITAL DI DUSUN BERAN DESA GEMARANG KABUPATEN MADIUN

Dhika Puspitasari(1*), Yotamas Benta Dhika Pratama(2)

(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 memnberikan dampak bagi semua sektor kehidupan dimasyarakat. Salah satu sektor yang mengalami dampak dari pandemi ini adalah sektor ekonomi. Pelaku UMKM sebagai bagian terpenting dari sektor ekonomi merasakan dampak nyata. Permasalahan yang dihadapi yaitu semakin menurunnya daya beli dari masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini memberikan dampak nyata berupa penurunan profit dan tingkat produksi. Keadaan tersebut juga dirasakan oleh pelaku UMKM jamu gendong di Dusun Beran Desa Gemarang Kecamatan Madiun. Para pelaku UMKM jamu gendong tersebut masih melakukan proses pemsaran produk secara tradisional. Berdasarkan permsalahan tersebut, maka dilaksanakanlah pelatihan literasi digital yang dilaksanakan oleh tim pengabdian Universitas PGRI Madiun. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan pelatihan ini meliputi: observasi lapangan, koordinasi dengan mitra, sosialisasi program, pelaksanaan kegiatan, serta monitoring dan evaluasi. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yaitu pengenalan umum mengenai literasi digital, pengenalan platform e-commerce, dan langkah-langkah atau strategi yang dapat ditempuh oleh pelaku UMKM jamu gendong dalam pemasaran produk. Kegiatan ini berlangsung secara lancar dan diharapkan dapat menjadi bentuk nyata dalam pemberdaan masyarakat di Dusun Beran Desa Gemarang Kabupaten Madiun.

Kata kunci: penguatan UMKM, pemberdayaan masyarakat, literasi digital


Full Text:

PDF

References


Green, G. P., & Haines, A. (2015). Asset building & community development. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=hZzCBwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=asset+building+community+development&ots=cjbyqKpn87&sig=0iP2aajsF4vZakj3SJpa6ZtJEIk

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. http://www.ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1934

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: Studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. In Informasi. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/phcxfbeyjjamzk53acv2h6n2ku/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/viewFile/16079/pdf_1

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28380

Samsuri, A., & Vadhila, U. (2021). PENDEKATAN ABCD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DI MADRASAH. Buletin Abdi Masyarakat. http://www.journal.stie-yppi.ac.id/index.php/bam/article/view/344

Veranita, M., Yusuf, R., Sahidin, Y., & ... (2021). Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar): Literasi Media Digital melalui Webinar. Jurnal Pengabdian …. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas/article/view/585

Wulandari, R. W., & Maryani, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru SMA Terbuka Melalui Pelatihan Pembuatan E-Media. Qardhul Hasan: Media Pengabdian …. https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/2557




DOI: https://doi.org/10.21154/inej.v3i1.4519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhika Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Inej indexed by: