PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN SANTRIPRENEUR DALAM PEMBUATAN HANTARAN DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-AMIN HUDATUL MUNA, KABUPATEN PONOROGO, TAHUN 2022

  • Andhita Risko Faristiana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nastiti Mufidah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 59 , PDF downloads: 43

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan santri terkait konsep santripreneur dan kewirausahaan, serta memahami proses pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan hantaran pernikahan di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Hudatul Muna, Kabupaten Ponorogo. Metode pemberdayaan yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD), yang berfokus pada pengembangan potensi komunitas. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman santri mengenai santripreneur dan kewirausahaan, mencapai 83% setelah pelatihan dan pendampingan. Seluruh peserta juga berhasil membuat dan mempersiapkan pernak-pernik hantaran secara mandiri. Pengabdian ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga membangun kepercayaan diri santri dalam bidang kewirausahaan. Seluruh peserta menyatakan kepuasan terhadap program yang dilaksanakan.

Kata Kunci: Santripreneur, Kewirausahaan, Hantaran, Pelatihan, ABCD

References

Karnadi. “Pendampingan Terhadap Ibu-ibu dan Remaja Puteri pada Pelatihan Pembuatan Hantaran Pengantin di PKBM 01 Kemayoran Jakarta Pusat.” SARWAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 11, no. 1 (2014): 48–52. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.09.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. “Santripreneur Wujudkan Ekonomi Berbasis Syariah,” 2017.

Mahardika Arya. “Apa itu Santripreneur? : Apa Saja Peluang Besarnya.” Biuus Indonesia, 2019. https://biuus.com/apa-itu-santripreneur-apa-saja- peluang-besarnya/.

Mahmud, Mahmud, Mila Sartika, dan Hendri Hermawan Adinugraha. “Pendampingan Peningkatan Santripreneur Pada Siswa-Siswi Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Sebagai Bekal Menjadi Wirausaha.” ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 3, no. 1 (11

Februari 2020): 65–70. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.74.

Makmun, H. A. Rodli. “Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 12, no. 2 (25 Januari 2016): 211–38.

https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.226.

Peraturan Pemerintah. “Tentang: Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Nomor 8,” 2014.

Saifudin, Ahmad. “Pendidikan Kewirausahaan Dalam Prespektif Idealisme Santripreneur.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (10 Oktober 2019): 55–65.

Santripreneur.co.id. “Santripreneur Indonesia Gelar Santripreneur Camp Untuk Santri Dan Pelajar Di Salatiga – Santripreneur.” Diakses 29 September 2022. https://santripreneur.co.id/santripreneur-indonesia- gelar-santripreneur-camp-untuk-santri-dan-pelajar-di-salatiga/.

Suciati, Herlina. “Penerapan Metode Mind Mapping Guna Menunjang Pemahaman Santri Dalam Memahami Kitab Nurul Yaqin di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Hudatul Muna.” Artikel Pengabdian Masyarakat. Ponorogo, 2021.

Tim LPPM. Panduan KPM ABCD IAIN Ponorogo. Ponorogo: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019.

Tolib, Abdul. “Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, no. 1 (2015): 60–66. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.12.

U Sihombing. Pendidikan Luar Sekolah (manajemen strategi). Jakarta: PD Mahkota, 2020.

PlumX Metrics

Published
2024-10-08
Section
Articles