PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI DI TOKO BUKU LA TANSA GONTOR)

  • Mufti Afif University of Darussalam Gontor
  • Ahmad Suminto University of Darussalam (UNIDA) Gontor
  • Aulia Fathan Mubin University of Darussalam (UNIDA) Gontor
Abstract views: 1147 , PDF 1-23 downloads: 1488
Keywords: Promotion, Social Media, Word of Mouth (WOM), Purchase Decision

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of social media promotion (online) and Word of Mouth (WOM) on consumer purchasing decisions at La Tansa Gontor Bookstore. This research is a quantitative research with data sources obtained from primary data in the form of the results of respondents' answers to La Tansa Gontor Bookstore consumers, and secondary data in the form of written information from the web and social media. Questionnaire data was collected using random sampling technique, with an infinite number of populations. The sample used is 300 respondents. The results showed: 1) Social media promotion (online) had a positive and significant effect on consumer purchasing decisions at La Tansa Gontor Bookstore, this was because the social media admin of La Tansa Gontor Bookstore provided good and interesting and responsive information so that it could influence consumers. to make consumer purchasing decisions. 2) Word of Mouth (WOM) has a positive and significant effect on purchasing decisions because consumers are satisfied with the service and product quality offered.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial (online) dan Word of Mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Buku La Tansa Gontor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantutatif dengan sumber data diperoleh dari data primer berupa hasil jawaban responden konsumen Toko Buku La Tansa Gontor, dan data sekunder yang berupa informasi tertulis dari web dan media sosial. Pengumpulan data angket dilakukan dengan teknik random sampling, jumlah populasi yang tak terhingga. Sampel yang digunakan 300 responden. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Promosi media sosial (online) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Buku La Tansa Gontor, hal ini disebabkan karena admin media sosial Toko Buku La Tansa Gontor memberikan informasi yang baik dan menarik serta responsif sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian konsumen. 2)Word of Mouth (WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena konsumen mnyatakan puas dengan pelayanan dan kualitas produk yang ditawarkan. 

Author Biographies

Mufti Afif, University of Darussalam Gontor
Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor
Ahmad Suminto, University of Darussalam (UNIDA) Gontor
Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor

References

Alghifari. (2003). Statistika Indukatif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: AMP YKN.

Alwi, I. (2016). Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Stastika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, N. (2017). Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi dan Isu-Isu Kontenporer,. Depok: PT. Raja Grafindo Press.

Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing on Brand Awareness, Brand Image, and Brand Loyalty. Business & Management Studies: International Journal.

Daud, D. (2013). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen Menggunkan Jasa Pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal EMBA, 59-74.

Endang, I. (2013). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing). Jurnal Ekonomi, 34-56.

Gunawan, I. (2017). Pengantar Statistika Inferesial. Jakarta : Rajawali Perss.

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut Ke Mulut. Jakarta: Med Press.

Hasan, I. (2014). Pokok-pokok Metari Stastistik 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Kismono, G. (2012). Bisnis Pengantar Edisi 2. Yogyakarta : BPFE.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Alih Bahasa Nebyamin Molan. Jakarta: Prenhallindo.

Prasetiyo, R., & J.O.I Lhalauw, J. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi Offset .

Puspita, F. (2016). Pengaruh Harga, Citra Produk, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 78-92.

Robot, J. M. (2015). Analisis Pengaruh Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Publicity dan Word of mouth terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.

Schiffman , & Prase, R. K. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset .

Schiffman, L. G., & Kanuk. (Jakarta). Perilaku Konsumen Alih bahasa Zulkifli Kasip. 2009, PT. Indeks Group Gramedia.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Sulianto. (2011). Ekonometrika Terapan Teori & Aplikasi Dengan SPSS . Yogyakarta: Ani Publisher.

Swastha, B., & Handoko, H. (2016). Manajemen Pemasaran (Analisis Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE.

Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Istagram: Promotion Through Social Media. Jurnal Ecodemica.

Udin, M. M. (2020). Pengaruh Dimensi social media marketing melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik Merbabu (SOM). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 45.

Ulya, H. N. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Jawa Timur di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Sistem Pertanian Terpadu (SPT) Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember). JoIE: Journal of Islamic Economics, 1(1).

Widarjono, A. (2010). Analisis Statistik multivaarian Terapan. Yogyakarta:: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2010.

Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif Manajemen Pemasaran.

Yunita. (2012). Pengaruh Word of Mouth, Iklan dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Teknologi.

Zainal, V. R. (2017). Islamic Marketing Management. Jakarta: Bumi Aksara .

PlumX Metrics

Published
2021-12-08
Section
Articles