Muslim Entrepreneur Business Strategy in the Covid-19 Pandemic Era

  • Nur Kasanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ahmad Suminto Universitas Darussalam Gontor
Abstract views: 257 , PDF downloads: 177
Keywords: business strategy, muslim entrepreneurs, the covid-19 pandemic

Abstract

The Covid-19 pandemic that has hit the whole world, including Indonesia, has changed people's habits and lifestyles. The implementation of social distancing, which requires people to maintain a safe distance, has a significant impact on business transactions both on a large industrial scale and entrepreneurial businesses. Many shopping centers are closed, market demand is declining, and business activities are no longer operating as usual. Indonesia, as a country with a majority Muslim population, needs Muslim entrepreneurs' role. In this situation, Muslim entrepreneurs need to rack their brains so that the business remains stable when demand declines. This article aims to analyze the business strategies carried out by Muslim entrepreneurs to survive and grow during this Covid-19 pandemic. This qualitative descriptive research methodology using a phenomenology approach shows the results that the efforts made include: believing the concept of work is worship and sustenance is a quota that must be picked up, innovating and diversifying products according to trends that are needed by the community, maintaining customer loyalty, being adaptive to technological developments and regulations, collaborating with third parties—and increasing social sensitivity through philanthropic activities, both donations and zakat, infaq, and alms so that the affected community can be helped and the economy will continue.

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia merubah kebiasaan dan gaya hidup masyarakat. Penerapan social distancing yang mengharuskan masyarakat menjaga jarak aman, berimbas pada transaksi bisnis secara signifikan baik pada skala industi besar maupun usaha mandiri/ wirausaha. Banyak pusat perbelanjaan ditutup, permintaan pasar menurun dan aktivitas bisnis tidak lagi beroperasi seperti biasanya. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas jumlah penduduk beragama Islam, tentu peran wirausaha muslim sangat dibutuhkan. Dalam situasi ini pelaku wirausaha muslim perlu memutar otak agar bisnis tetap stabil saat permintaan sedang menurun. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang dilakukan wirausahawan muslim untuk tetap bertahan dan bertumbuh di masa pandemi Covid-19 ini. Penelitian yang menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini menunjukkan hasil penelitian bahwa upaya yang dilakukan antara lain: meyakini konsep kerja adalah ibadah dan rezeki adalah jatah yang harus dijemput, melakukan inovasi dan diversifikasi produk sesuai tren yang dibutuhkan masyarakat, menjaga loyalitas pelanggan, adaptif dengan perkembangan teknologi dan regulasi, melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dan meningkatkan kepekaan sosial melalui kegiatan filantropi baik donasi maupun zakat, infak dan sedekah agar masyarakat terdampak bisa terbantu dan roda perekonomian tetap berjalan.

References

Abdi, MK, & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), 160–178.

Abdurahman. (2014). Wirausaha Muslim. 20 Oktober 2014. https://www.iaei-pusat.org/memberpost/kiat-bisnis/wirausaha-muslim?language=id

Aprilianto, ED, & Widiastuti, T. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pendistribusian Zakat, Infaq Dan Sedekah Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus: Lazismu Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(2), 221–230.

Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74.

BPS. (2010). Penduduk Menurut Wilayah Agama Yang Dianut. https://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321

Burhanuddin, B. (2020). Analisis Pengelolaan Usaha Berbasis Syariah Pada Masa Covid 19. At-tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2, 377–401.

Covid19.go.id. (nd). Apa yang dimaksud dengan pandemi. 2021. https://covid19.go.id/tanya-jawab?search=Apa yang dimaksud dengan pandemi

Danuludin, M., Ibdalsyah, I., & Hakiem, H. (2021). Implementasi Pendistribusian Zakat Produktif untuk Usaha Mikro Mustahik di Era Pandemi Covid-19. El-Mal: Jurnal Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 89–99.

Friska. (2021). 6 Cara Efektif untuk Menjaga Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab. https://koinworks.com/blog/cara-menjaga-loyalitas-konsumen-bisnis-hijab/

gobiz.co.id. (2019). 4 Strategi Bisnis Terbaik yang Terbukti Menguntungkan. https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/strategi-bisnis/

Hardiyanto, F. (2020). Analisis Marketing Syariah Dalam Menghadapi Covid 19 (Studi Kasus Arpi Hijab Kuningan). Jurnal of Admiration, 1(1), 23–32.

Ipelona, E. (2021). Gerakan 6 M, Senjata Ampuh Lawan Penyebaran Covid-19. https://www.kompas.tv/article/187867/gerakan-6-m-senjata-ampuh-lawan-penyebaran-covid-19

Kasanah, N. (2021). Implementasi Pengelolaan Zakat Infak dan Sedekah di UPZIS NU Care Lazisnu Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. JOIPAD: Journal of Islamic Philanthropy and Disaster, 1(1), 71–89.

kbbi.web.id. (nd). No Title. https://kbbi.web.id/strategi

Khairunnisa, SN (2020). 7 Restoran Cepat Saji Jualan di Pinggir Jalan Saat Pandemi, Ada Pizza Hut. https://www.kompas.com/food/read/2020/10/14/132815875/7-restoran-cepat-saji-jualan-di-pinggir-jalan-saat-pandemi-ada-pizza-hut?page=all

laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Mardani. (2014). Hukum Bisnis Syariah. Prenada Media.

Nurizzah, E. (2021). Optimalisasi E-Commerce bagi Mompreneur dalam meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 dalam perspektif ekonomi Islam: studi kasus Komunitas Tangan di Atas (TDA) Lamongan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Petri, MM, Majid, N., & Addiarrahman, A. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Prameswari, NS, Mulyanto, M., Fiyanto, A., & Widagdo, PB (2020). Pemanfaatan Limbah Kain Batik Untuk Diversifikasi Produk Umkm Kerajinan Blangkon. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 12(2), 148–158.

Prayitno, IH, Tarno, T., Sulasmi, A., Saepudin, E., & Dadang, R. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Di Masa Pandemi Covid19 Berdasarkan Regulasi Terkait. Garda-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Rahmi, N. (2018). Korelasi rezeki dengan usaha dalam perspektif al-qur'an. Universitas islam negeri ar-raniry.

Riduwan, A. (2008). Realitas Referensial Laba Akuntansi Sebagai Refleksi Kandungan Informasi (Studi Interpretif-Kritis pada Komunitas Akuntan dan Non-Akuntan). Disertasi Tidak Dipublikasikan, STIESIA Surabaya.

Saksana, IPA (2021). Peran Desain Komunikasi Visual dalam Pemulihan Pariwisata Bali di Instagram pada Masa Pandemi. SANDI: Seminar Nasional Desain, 1, 263–269.

Ulya, HN (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 80–109.

Victoria, AO (2021). Hanya 12,5% UMKM di Indonesia yang Kebal dari Pandemi Covid-19. https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/605d9f635fdf7/hanya-12-5-umkm-di-indonesia-yang-kebal-dari-pandemi-covid-19

Wandanaya, AB (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174–185.

PlumX Metrics

Published
2022-12-04
Section
Articles