STRATEGI PEMASARAN BAITUL MAAL WA TAMWIL INSAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH

  • Indah Mahardya Putri IAIN Ponorogo
  • Husna Ni'matul Ulya IAIN Ponorogo
Abstract views: 901 , PDF downloads: 791
Keywords: BMT Insan Mandiri, marketing strategy, development, product musyarakah

Abstract

Baitul Maal wa Tamwil is one of the private financial institutions whose capital is fully sourced from the community. BMT has an important meaning for economic development as well as the development of social functions. BMT has a role to help, improve and develop the potential of the people in alleviating poverty. Based on the results of interviews with BMT, it was stated that the people around BMT Insan Mandiri were less interested in using musyarakah financing products. The number of customers during the last 2 years at BMT Insan Mandiri has increased quite rapidly, but the majority of customers choose other financing products. From here the BMT must optimize its marketing strategy to increase the number of customers for musharaka products. This type of research uses field research and uses a qualitative approach. Data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation. The results of this study are: 1) The overall development of the number of BMT Insan Mandiri customers has increased over the last 2 years. However, the majority of customers choose murabahah and mudaraba financing products. 2) Overall the 7p marketing mix strategy has been optimally implemented at BMT Insan Mandiri. The marketing mix strategy carried out greatly influences the development of musyarakah financing products. the public and business actors are not familiar with musyarakah financing products, so further learning and introduction are needed to increase the number of customers of musyarakah financing products.

 

Baitul Maal wa Tamwil merupakan salah satu lembaga keuangan swasta yang modalnya sepenuhnya bersumber dari masyarakat. BMT memiliki arti penting bagi pembangunan ekonomi sekaligus pengembangan fungsi sosial. BMT memiliki peran untuk membantu, meningkatkan dan mengembangkan potensi masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan. Berdasarkan hasil wawancara dengan BMT, disebutkan bahwa masyarakat di sekitar BMT Insan Mandiri kurang berminat menggunakan produk pembiayaan musyarakah. Jumlah nasabah selama 2 tahun terakhir di BMT Insan Mandiri meningkat cukup pesat, namun mayoritas nasabah memilih produk pembiayaan lainnya. Dari sinilah BMT harus mengoptimalkan strategi pemasarannya untuk meningkatkan jumlah pelanggan produk musyarakah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Secara keseluruhan perkembangan jumlah nasabah BMT Insan Mandiri mengalami peningkatan selama 2 tahun terakhir. Namun, mayoritas nasabah memilih produk pembiayaan murabahah dan mudharabah. 2) Secara keseluruhan strategi bauran pemasaran 7p telah diterapkan secara optimal di BMT Insan Mandiri. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan sangat mempengaruhi perkembangan produk pembiayaan musyarakah. masyarakat dan pelaku usaha belum familiar dengan produk pembiayaan musyarakah, sehingga diperlukan pembelajaran dan pengenalan lebih lanjut untuk meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan musyarakah.

References

A. Mas’adi, Ghufron. Fiqih Muamalah Kontekstual. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2002.

Al Arif, M. NurRiyanto.Dasar-DasarPemasaran Bank Syariah.Bandung: Alfabeta 2019.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Kasmir, Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana, 2004.

Kotler, Philip & G Armstrong. Principles of Marketing (15th global ed). United States of America: Pearson Education, 2014.

Kotler, Philip & G Armstrong.ManajemenPemasaran, Terj. Benyamin Molan, Edisi 12, Jilid 1, Cetakan 1. Jakarta: Indeks, 2007.

Lovelock, H. Cristopher. The Principle of Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice Hall International Inc, 1999

Priansa dan Hasan. Strategi Pemasaran, Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta CPAS, 2017.

Setiawan, Conny R. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2010

Shinta, Agustina. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2011.

Sudarsono, Heri. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi Dan Ilustrasi, Edisi-2. Yogyakarta: Ekonosia, 2003.

Sugiono. Metodologi Penelitian Manajemen. Alfabeta: Bandung 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

Sujarweni, V. Wiratna. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2019.

Tjiptono, Fandi. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2015.

Ulya, H. N. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Jawa Timur di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Sistem Pertanian Terpadu (SPT) Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember). JoIE: Journal of Islamic Economics, 1(1).

PlumX Metrics

Published
2021-12-08
Section
Articles