Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Platform E-Commerce Tokopedia

  • Fauziah Aqmarina UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Husni Awali UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Abstract views: 361 , PDF downloads: 209
Keywords: experiential marketing, emotional marketing, satisfaction, loyalty

Abstract

Introduction: This research aims to analyze the effect of experiential marketing and emotional marketing on the loyalty of generation Z Muslim customers through satisfaction on the Tokopedia e-commerce platform in Bandar District, Batang Regency. Research Methods: The analytical method used in this research is quantitative analysis method. The population in this study is Tokopedia's Muslim e-commerce customers belonging to Generation Z aged 20-24 years in Bandar District. The total population is 6,568 thousand people. Results: The results of this study indicate that experiential marketing and emotional marketing affect the loyalty of generation Z Muslim customers through satisfaction on the Tokopedia e-commerce platform in Bandar District, Batang Regency. Based on the research, it was found that the people of Bandar Sub-district belonging to Generation Z, aged 20-24 years, use Tokopedia continuously because they are influenced by the experiential marketing and emotional marketing strategies carried out by Tokopedia.

References

Amrullah, W. (2018). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Sengkaling Kuliner “Sekul” Malang. Manajemen Bisnis, 7(2), 119–128. https://doi.org/10.22219/jmb.v7i2.7006

Arifin, B. (2016). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Penggunaan Ulang Jasa Wisata Arung Jeram Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di PT Citra Elo Riverindo Magelang. Skripsi Program Studi Manajemen, 1(1), 7–88.

Artanti, Y. (2016). The Impact Of Experiential Marketing On Word Of Mouth (Wom) With Customer Satisfaction As The Intervening Variable Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Word Of Mouth (Wom) Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Abstrak. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(2), 182–190. http://jdm.unnes.ac.id.

Azizah, B. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Bank Syariah di Kota Malang. Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–151.

Cinthiayanthi, M. (2019). Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Perilaku Konsumen, Minat Beli, dan Kepuasan Konsumen di J.Co Donuts&Coffee Malang. Universitas Brawijaya.

Devindiani, E., & Wibowo, L. A. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction serta Dampaknya Pada Customer Loyalty (Survei pada Pengguna Smartphone di Komunitas Online Apple dan Samsung Regional Bandung). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 149–159. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2284.

Dumat, F. E., Mandey, S. L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Kopi (Studi Kasus Pada Van Ommen Coffee Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3493–3502. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21622.

Erfiana. (2018). Pengaruh Product Quality Dan Emotional Marketing Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Masyarakat di Kecamatan Alian)

Fadhilah, C. (2019). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Generasi Millenial pada Platform E-Commerce Tokopedia Di Kota Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fatihudin, D; Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Jasa : Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.

Fatmawati, R. D., & Rahayu, Y. S. (2018). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT BRI Syariah Cabang Malang). Seminar Nasional Dan Call for Paper: Manajemen, Akuntansi Dan Perbankkan 2018, 679–689.

Fauzi, A. R. (2019). Analisis Experiential Marketing, Emotional Marketing Dan Relationship Marketing Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Di Bank Syariah Sragen.

Fauzi, D., & Nurazizah, D. F. (2021). Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Di Pt Bank Bjb Syariah. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 2(1), 10–15.

Handayani, E. (2021). Research in Business & Social Science Emotional branding moderation on marketing mix selection of college in the Covid-19 pandemic period. 10(4), 375–382.

Hapsari, A. (n.d.). Pengaruh Experiential Marketing Dampaknya Terhadap Loyalitas ( Survei Pada Pelanggan Waroeng Spesial Sambal “ Waroeng SS” Cabang Sengkaling , Kota Malang ). 47(2), 103–114.

Hardiani Permata Sari, N. Rachma, A. A. P. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening ( Studi pada Merbabu Guest House Di Kota Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, Fakulta Ekonomi Unisma, 05, 77–97.

Helling, F. I. dan L. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website, Kepercayaan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia Furi. Riset Manajemen, 5(No. 1), 56–68.

Hindarsih. (2021). The Influence of Service Quality, Emotional Marketing and Spiritual Marketing On Customer Satisfaction. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (Turcomat), 12(3), 3685–3689. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1650.

Imam, N., & Waskita, D. (2021). Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiential Marketing. Agroscience, 11(1), 89–100.

Indarwati, T. A., & Tiarawati, M. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Experience Dan Emotional Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di J.Co Donuts & Caffee Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(1), 102. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150108.id/.

Indriani, F. (2006). Expemential Marketing sebagai Suatu Strategi dalam Menciptakan Customer Satisfaction dan Repeat Buying untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.14710/jsmo.v3i1.4180.

Kusumawati, A. (2011). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), 75–86.

Lestari, I., & Kusumadewi, R. (2017). Pengaruh Emotional Marketing dan Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BSM pada Bank Syariah Mandiri KCP Cirebon Siliwangi. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 9(2). https://doi.org/10.24235/amwal.v9i2.1749.

Lopumeten, R. N., & Tamasoa, S. K. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Restoran Imperial Resto di Kota Ambon). Jurnal Sosoq, 6(1), 34–50.

Lupi, F. retxen, & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia.Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1).

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Pengaruh Experiential Marketing, Service Quality dan Reference Group terhadap Kepuasan Anggota Dengan Loyalitas Sebagai Variabel MOderasi pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang Jambe, Tangerang.

Nisa, K., & Sopingi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Marketing dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 1(1), 50–60.

Nisa, W. I. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 155. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.6533.

Nurkariani, N. L., Putu, G., & Kusuma, E. (2021). Customers Loyalty Through Experiential Marketing on The Salon Crisni in Singaraja. 5(2), 220–225.

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3621.

Rahayu, A., Wibowo, L. A., & Christianingrum, C. (2013). Analisis Nilai Pengalaman Berbelanja Online Melalui Experiential Marketing. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 1–15. https://doi.org/10.17509/jimb.v4i2.1007.

Rahmawaty, A. (2018). The Role of Sharia Marketing in Increasing Customer Loyalty (An Empirical Study of BMT in Kudus Regency). Iqtishadia, 11(2), 285. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v11i2.3728.

Rizal, M., & Nafis, Z. (2016). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 469–478

PlumX Metrics

Published
2023-10-25
Section
Articles