REORIENTASI KURIKULUM PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI) FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH IAIN SURAKARTA
Abstract views: 633
,
PDF downloads: 550
Keywords:
Pendidikan Tinggi Islam, Reorientasi Kurikulum, Kompetensi.
Abstract
Tulisan ini membahas dinamika pengembangan kurikulum program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta dan struktur kurikulum program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sesuai dengan kompetensi lulusan nya. Dari dua permasalahn ini dapat disimpulkan bahwa dinamika pengembangan
kurikulum di prodi KPI FUD IAIN Surakarta ber dasarkan 3 ranah yaitu ranah proses, ranah factor dan ranah dampak. Pada ranah proses dibagi pada 3 periode yaitu 1). Periode awal (early period), 2) periode menengah, (medium period)), 3)Periode dewasa ini (contemporary period). Pada Ranah Faktor dilatarbelakangi oleh faktor-faktor sebagai berikut: 1).
Faktor internal dan 2). Faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dosen maupun karyawan, tata dan budaya organisasi di STAIN Surakarta, input mahasiswa, alumni (output), dan sebagainya. Sedang kan faktor eksternal adalah faktor pasar tenaga kerja, tuntutan masyarakat, isu-isu dan trendlokal, nasional maupun internasional dan sebagainya. Faktor
Dampak Pengembangan kurikulum akan menimbul kan beberapa dampak di antaranya adalah: 1). Dampak Material 2). Dampak Profesional dan, 3) Dampak Sosial Kultural. Struktur Kurikulum di prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Surakarta dalam menghadapi kompetensi
lulusannya pada ke butuhan pangsa pasar mengalami perubahanperubahan mulai tahun 1998/1999, 1999/2000, 2002/2003, 2007/2008,
2009/2010, 2011/2012.
kurikulum di prodi KPI FUD IAIN Surakarta ber dasarkan 3 ranah yaitu ranah proses, ranah factor dan ranah dampak. Pada ranah proses dibagi pada 3 periode yaitu 1). Periode awal (early period), 2) periode menengah, (medium period)), 3)Periode dewasa ini (contemporary period). Pada Ranah Faktor dilatarbelakangi oleh faktor-faktor sebagai berikut: 1).
Faktor internal dan 2). Faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dosen maupun karyawan, tata dan budaya organisasi di STAIN Surakarta, input mahasiswa, alumni (output), dan sebagainya. Sedang kan faktor eksternal adalah faktor pasar tenaga kerja, tuntutan masyarakat, isu-isu dan trendlokal, nasional maupun internasional dan sebagainya. Faktor
Dampak Pengembangan kurikulum akan menimbul kan beberapa dampak di antaranya adalah: 1). Dampak Material 2). Dampak Profesional dan, 3) Dampak Sosial Kultural. Struktur Kurikulum di prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Surakarta dalam menghadapi kompetensi
lulusannya pada ke butuhan pangsa pasar mengalami perubahanperubahan mulai tahun 1998/1999, 1999/2000, 2002/2003, 2007/2008,
2009/2010, 2011/2012.
Published
2012-12-01
Issue
Section
Articles
Copyright (c) 2012 Kodifikasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.