The Influence of Ibn Sahnun's Th Pengaruh Pemikiran Ibnu Sahnun Dalam Merealisasikan Pendidikan Karakter

Penulis

  • Ilham Romadona Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Muhammad Haikal Saputra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datuk Laksemana Bengkalis
  • Muhammad Abdul Aziz Al-Maghribi Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Wan Muhammad Fariq Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemikiran Ibnu Sahnun tentang peran guru dalam pendidikan karakter, khususnya yang terdapat pada karyanya Adab Al-Muallimin, serta mengkaji hubungannya dengan pendidikan karakter di era modern. Kami membuat penelitian ini dengan menggunakan Studi Literatur, yaitu dengan cara mengamati dan meneliti karya-karya ilmiah yang sudah ada, seperti jurnal buku dan artikel yang sesuai. Dari beragam data yang kami kumpulkan dapat dijelaskan bahwa Ibnu Sahnun menekankan pentingnya keteladanan guru, pendekatan humanis, dan penanaman nilai-nilai akhlak pada penerapan belajar mengajar. Pendidik, menurut Ibnu Sahnun, bukan cuma bertugas untuk mengajar, guru adalah role model, sebagai pembimbing moral, serta memfasilitasi proses pembelajaran agar lebih kondusif. Pemikiran Ibnu Sahnun tentang pendidikan karakter masih relevan hingga saat ini, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan krisis moral. Dengan adanya artikel yg kami buat hendaknya bisa membantu dan memberikan kontribusi untuk mengembangkan strategi pengajaran akhlak yang holistik dan bermakna bagi generasi penerus bangsa.

Referensi

Mubarokah U.L.(2022). Pendidikan Karakter. Repository, Kudus-Jawa Tengah.

Pranada,dkk(2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini untuk Menyelamatkan Generasi. Jurnal Imparta.

Ummi Kultsum,dkk(2022). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di era Revolusi Digital. Lirboyo, Surabaya-Indonesia.

Alamsyah, S. K. (2019). Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Urgensinya. SMK Widya Nusantara.

Darsyah, S., & Septemiarti, I. (2023). Etika Dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Pendidikan Ibn Sahnun Dalam Kitab Âdâb Al-Mu‘allimîn). Journal of Education Research.

Fathuddin, A. U.(2010). Pemikiran Ibnu Sahnun Belajar Mengajar AL-Quran. STAIN Pekalongan

Kusdian, I., & Aziz, A. A. (2023). Sufistic Education in Adab Al-Mu’allimin: Eksplorasi Pemikiran Muḥammad Ibn Saḥnun.

Tabrani Z.A & Syahrizal(2022). Metode Mengajar Di Sekolah Dasar Islam Perspektif Ibnu Sahnun. Tarbawi, Serambi Mekkah Lhokseumawe.

Muali, C., & Sa’adah, H. (2019). Konsep Punishment Perspektif Ibnu Sahnun (analisis kitab Adab al Muallimin). Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman.

Murtopo, A. (2024). Peran Muhammad Ibnu Sahnun dalam Membangun Sistem Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai Islam.

Bayu Retno,dkk(2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini Dalam Dunia Pendidikan. Srengseng Sawah, Kec.Jagaskara, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Musa, S. & Che Daud, B. (2024). Kompas pendidikan karakter menurut Ibnu Sahnun. Journal of Islamic, Social, Economics and Development

Pratama & Musthofa (2023). Konsep kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam.

Syar’i M.H (2015). Kegigihan Ibnu Sahnun Dalam Mengkaji Ibnu Agama. Muslim, Jakarta.

Mardiah,dkk (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Insan Pendidikan. UIN Raden Fatah Palembang, Sumatra Selatan.

Sari, A., & Yusuf, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Karakter

Laili A.N (2020). Konsep Pendidikan Informal Perspektif Ibnu Sahnun (Telaah Kitab Adab Al-Muallimin. Lirboyo, Lamongan-Indonesia.

Syaifullah U.H,dkk(2024). Perbandingan Konsep pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Ibnu Sahnun. Jurnal Reflektika, UIN Sultan Syarifkasim Riau-Indonesia.

Fitriani, N., & Hidayat, A. (2021). Urgensi Pendidikan Al-Qur’an Usia Dini dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

Wan Muhammad Fariq. (2023). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Berdasarkan Surah Luqman Ayat 17-19; Perspektif Tafsir Al-Misbah. Al-Mau’izhoh, Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Diterbitkan

2025-09-17