VISUALISASI KESALEHAN KOMUNITAS DAN KOMODIFIKASI AGAMA DALAM INSTAGRAM HIJRAH FEST

Penulis

  • Moh Rodi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstrak

Berkembangnya zaman makna hijrah mulai berubah dan bergeser menjadi sebuah trend perubahan yang muncul dalam komunitas-komunitas hijrah di Indonesia. Hijrah Fest merupakan salah satu komunitas hijrah yang muncul dengan memberikan sebuah pengajian yang dikonsep dalam sebuah festival hijrah. Komunitas Hijrah Fest seringkali memanfaatkan media sosial Instagram dalam penyebaran dakwahnya, baik dari konten-konten yang berisi video atau kutipan dari beberapa ustaz milenial yang mewarnai dalam postingan media sosial mereka. Citra kesalehan yang ditampilkan dalam media sosial Instagram mereka sering kali memanfaatkan public figure sebagai model konten visual mereka, disisi lain konten tersebut terdapat makna tersirat yaitu komodifikasi keagamaan yang diproyeksikan dalam sebuah role model dari life style hingga produk makanan halal. Penelitian ini  menggunakan teori  Komodifikasi Agama prespektif Pattana Kitiarsa yang melihat agama lebih mewarnai dalam konteks budaya populer khususnya dalam logika pasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi netnografi.  Teknik pengumpalan data dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu investigasi, interaksi dan imersi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat beberapa temuan sebagai berikut. Pertama, citra kesalehan visual yang ditampilkan ada dua bentuk yaitu, kesalehan normatif dan kesalehan sebagai gerakan. Kesalehan tersebut kemudian dibangun dalam sebuah festival dengan memanfaatkan hadirnya public figure dan ustaz milenial untuk mendapatkan atensi masyarakat dalam proses pengumpulan masa. Kedua, kesalehan dikomodifikasi oleh para public figure untuk diproyeksikan terhadap kepentingan ekonomi mereka. Seorang muslim yang taat kepada ajaran agama digambarkan dengan berbagai rule model pakaian dan gaya hidup halal. Keterlibatan public figure dan ustaz milenial dalam komunitas Hijrah Fest secara tidak langsung menjadi wajah publik ataupun influencer dalam membentuk kesalehan masyarakat yang diwujudkan dalam sebuah gaya pakaian dan macam lainnya.

Kata kunci: Citra Visual, Komodifikasi Kesalehan, dan Hijrah Fest

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28

Cara Mengutip

Rodi, M. (2025). VISUALISASI KESALEHAN KOMUNITAS DAN KOMODIFIKASI AGAMA DALAM INSTAGRAM HIJRAH FEST. QAULAN: Journal of Islamic Communication, 6(1), 81–98. Diambil dari https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/qaulan/article/view/10525