COMMUNICATION OF TEACHERS AND DEAF STUDENTS IN INTRODUCING SIGN LANGUAGE IN THE EXTRAORDINARY SCHOOL PERTIWI PONOROGO
Abstrak
Referensi
Fajar, Marhaeni. Ilmu Komunikasi dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Hakiki, Ahmad Sultra Rustan Nurhakki. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Yogyakarta: Deepublis Group Penerbit CV Budi Utama, 2017.
Lakshita, Nattaya. Belajar Bahasa Isyarat Untuk Anak Tunarung. Yogyakarta: Javalitera, 2012.
Morissan. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana, 2013.
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.
Octavia, Shilphy A. Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Priandono, Tito Edi. Komunikasi Keberagaman. Bandung: Rosdakarya, 2016.
Rahmawati, Diah. Panduan Bahasa Isyarat untuk Pendamping Penyandang Tuli. Tangerang, Albasil Aksara, 2018.
Rusyani, Endang. Sistem Komunikasi Anak Tunarungu. Bandung: Bahan Ajar, Universitas Pendidikan Indonesia, 2019.
Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri Dot Com, 2019.
Soyomukti, Nurani. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Suprapto, Tommy. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Caps, 2011.
Turner, Richard Wes Lynn H. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Selemba Humanika, 2007.
Wardana, Khusnul. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Hutapea, Edison. ”Identitas Diri Melalui Simbol-Simbol Komunikasi (Studi Interaksonalisme Simbolik Komunitas pemakai Narkoba di DKI Jakarta)”, Pilihan Jurnal Bricolage, 1 – 14, Jakarta: Universitas Bunda Mulia, 2013.
Isma, Silva Tenrisara.“Meneliti Bahasa Isyarat Dalam Perspektif Varian Bahasa Indonesia.” Pilihan Jurnal Kongres Bahasa Indonesia, 1 – 14, td, td.
Mursita, Rohmah Ageng. “Respon Tunarungu Terhadap Penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) Dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Dalam Komunikasi.” Pilihan Jurnal INKLUSI, 1 – 12, Bandung: UPI, 2010.
Artika, Basten Yuni. Penggunaan Media Animasi Berbasis Pendekatan Komunikasi Total Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu Kelas Dasar V Di SLB-B Yrtrw Surakarta. Universitas Sebelas Maret: 2010.
Mulyana, Dimy. Jurnal Pendidikan Khusus Kemampuan Pragmatik Anak Tunarungu Melalui Penerapan Metode Komunikasi Total. Universitas Negeri Surabaya, 2019.
Sumber Gambar diakses pada 18 September 2020, jam 08:53 dilaman https://www.klobility.id/amp/perbedaan-bisindo-dan-sibi.
Sumber gambar diakses pada 20 September, jam 11:49 dilaman https://images.app.goo.gl/vCCHEvctDnMj4gz7.
Sumber gambar diakses pada 20 September, jam 11:50, dilaman https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fmeenta.net%2Fwp- content%2Fuploads%2F05%2Fbisindo-angkaa-1024x684-1024x684.jpgdanimgrefurl=https%3A%2F%2Fmeenta.net%2Fbahasa-isyarat-bisindo%2F&tbnid=qgGNbCcRPwo-dM&vet=1&docid=tpwoLecpuufCfM&w=1024&h=684&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2F%2FiM.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##