Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran

Arif Rahman Hakim(1),

(1) IAIN Ponorogo
Corresponding Author

: 10.21154/kodifikasia.v12i2.1516
Full Text:    Language : id-ID
Submitted : 2019-02-04
Published : 2018-12-31

Abstract


Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendiskripsikan pengembangan dan penggunaan e-learning berbasis moodle sebagai media dalam pengelolaan pembelajaran. Kajian ini menggunakan metode R&D dengan tahapan menggunakan model yang dikembangkan oleh Sugiyono yaitu; desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba skala kecil, revisi produk, ujicoba skala besar, revisi produk dan Produk final. Subjek kajian dalam pengembangan e-learning berbasis moodle ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tariyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik angket dan observasi sedangkan analisis datanya adalah dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis yang dilakukan, kajian ini menunjukkan bahwa, hasil validasi media dinyatakan layak dengan skor penilaian sebesar 79,53. Dan hasil validasi materi mendapat skor penilaian sebesar 76,34 dan dinyatakan layak. Pengembangan e-learning berbasis moodle dilakukan dengan cara menginstal secara online melalui cPanel dan kemudian setelah instalasi selesai dilanjutkan dengan mengatur tampilan serta mendesain menu serta aktifitas yang akan disediakan dalam e-learning berbasis moodle. Penggunaan e-learning berbasis moodle sebagai media untuk pengelolaan kegiatan pembelajaran dapat berupa; chatting, grup discussion, message, assiggment, dan quis yang kesemuanya terbingkai dalam tiga aktivitasi pengelolaan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian dan pengawasan

Keywords


E-learning; Moodle; Pengelolaan Pembelajaran

Article Metrics

 Abstract Views : 12 times
 PDF Download : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kodifikasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.