Implementasi PSAK 109 Untuk Pengelolaan Zakat, Infaq/Sedekah Pada LAZIS Muhammadiyah Kota Medan

Surayya Fadhilah Nasution(1*), Marlya Fatira AK(2), Ahmad Kholil(3)

(1) Politeknik Negeri Medan
(2) Politeknik Negeri Medan
(3) Politeknik Negeri Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak:Penelitian ini menggambarkan penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 109 (PSAK 109) dalam pengelolaan zakat, infaq / sedekah di LAZIS Muhammadiyah Kota Medan. Melalui penelitian ini, persentase penerapan PSAK 109 dan faktor-faktor yang menyebabkan PSAK 109 tidak diterapkan diketahui. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaporan dana zakat, infaq / sedekah yang dilakukan oleh LAZIS Muhammadiyah Kota Medan hanya berupa daftar tanda terima / pengumpulan dan pengeluaran / distribusi yang dicatat berdasarkan tanda terima yang dimiliki. Pelaporan dana zakat, infaq / sedekah LAZIS Muhammadiyah Kota Medan tidak mengikuti PSAK 109.

A bstrak:Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 109 (PSAK 109) dalam pengelolaan zakat, infaq / sedekah pada LAZIS Muhammadiyah Kota Medan. Melalui penelitian ini, dapat dianggap menerapkan PSAK 109 dan faktor-faktor yang menyebabkan tidak diterapkannya PSAK 109. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dana penelitian zakat, infaq / sedekah yang dilakukan oleh LAZIS Muhammadiyah Kota Medan hanya terdiri dari daftar pencatatan penerimaan / penghimpunan dan penerbitan / penyaluran yang dilaporkan berdasarkan kuitansi-kuitansi yang dihasilkan. Pelaporan dana zakat,hadiah dari pihak LAZIS Muhammadiyah Pusat.



Keywords


Zakat; Infaq; Sedekah; PSAK; LAZIS Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Al-Farisi, Salman. “Analisis Penerapan Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah (PSAK 109) pada Lembaga kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Ummat Cabang Kendari”. Skripsi, Universitas Hasanuddin, 2017.

Arman, Afrizal. “Analisis Penerapan Akuntansi Zakat pada Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus pada Rumah Zakat Cabang Yogyakarta dan LAZISMU Cabang Yogyakarta)”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016.

BAZNAS Center of Strategic Studies. ‘Outlook Zakat Indonesia 2018’.

Harrison Jr., Walter T., Charles T. Horngren, C. William Thomas, Themin Suwardy. Akuntansi Keuangan, Edisi Kedelapan, Jilid I. Jakarta: Erlangga, 2011.

Indrayani, Rina, Isna Yuningsih, dan Salma Pattisahusiwa. “Analisis Perlakuan Akuntansi Zakat, Infaq dan Shodaqah pada Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) di Samarinda.” Publikasi Ilmiah 1, no. 1 (2013).

Muhammadiyah. “LAZISMU PDM Kota Medan Berwajah Baru”.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Pernyataaan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 109.

Sumarno, Miftahullail Septa. “Perlakuan Akuntansi Zakat pada Badan Amil Zakat (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Kabupaten Sidoarjo).” Jurnal Akuntansi AKUNESA 3, no. 1 (2014).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Wadiyo. “Bagaimana Cara Simple dan Mudah Membuat Laporan Keuangan Terpercaya untuk Lembaga Pengelola Zakat (Bagian-1).

Yasin, Ahmad Hadi. Buku Panduan Zakat Praktis. Jakarta: Dompet Dhuafa Republika, 2012.




DOI: https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.1759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Surayya Fadhilah Nasution, Marlya Fatira AK, Ahmad Kholil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

This Journal Indexed by:

Home

 

 

EL BARKA: Journal of Islamic Economics and Business
Faculty of Islamic Economics and Business
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
Kampus II Pintu, Jenangan, Ponorogo, Indonesia