PENGUATAN VISI MISI MADRASAH MELALUI PELATIHAN IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK DI MAN 2 TULUNGAGUNG

Authors

  • Rahmawati Mulyaningtyas UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ahmad Natsir UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Madrasah, ABCD, Child Friendly

Abstract

MAN 2 Tulungagung sudah mendeklarasikan diri sebagai Madrasah Ramah Anak melalui SK yang mereka terbitkan di tahun 2023. Deklarasi tersebut merupakan sebuah tindaklanjut atas visi misi mereka yang mengedepankan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk belajar. Namun, modal yang demikian belum dirasa cukup untuk mengimplementasi Sekolah Ramah Anak di lingkungan madrasah. Tulisan ini bertujuan untuk menelisik modal yang dimiliki MAN 2 Tulungagung untuk implementasi sekolah ramah anak. Kemudian memberikan deskripsi bagaimana program sosialisasi program ramah anak diadakan di MAN 2 Tulungagung. Penelitian berbasis pengabdian ini menggunakan metode pengabdian Asset Based Community Development dengan mengarusutamakan potensi yang dimiliki oleh MAN 2 Tulungagung kemudian diadakan pengembangan (development). Penelitian ini mengambil kesimpulan bahwa MAN 2 Tulungagung telah mengantongi modal berupa Surat Keputusan Kepala Madrasah, serta sosialisasi SK tersebut kepada seluruh civitas akademika MAN 2 Tulungagung. Sosialisasi Program Ramah anak yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian telah menghasilkan rekomendasi MAN 2 Tulungagung untuk menerbitkan Standard Operasional Prosedure untuk menanggulangi peristiwa yang bertentangan dengan prinsip ramah anak.

References

Tim Redaksi. (n.d.). Visi Misi dan Tujuan Madrasah. Man2-Tulungagung.Sch.Id. https://man2-tulungagung.sch.id/tujuan-madrasah/

Dewi, V. K., Sunarsi, D., & Khoiri, A. (2021). Pendidikan Ramah Anak (M. Dewi (ed.)). Cipta Media Nusantara.

Jumari, & Suwandi. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Ramah Anak: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berbasis CIPP Model (Abdul (ed.)). Penerbit Adab.

Kurniawan, B. G. (2023). The Power of ABCD: Asset-Based Community Development. NILACAKRA.

Malindo, S. E., Putri, W. E. A., Abidin, Z., Jannah, N. L., & Perguna, L. A. (2024). Implementasi Program Madrasah Ramah Anak di Tingkat Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5622–5634. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7214

Mulyaningtyas, R., Zulfa, L. A., Muyassaroh, & Stiawan, R. W. (2023). Bimbingan Teknis Pembuatan Media Buku Digital bagi Guru Bahasa Indonesia. JIK-PkM, 1(1). https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/JIK-PKM/article/view/399

Natsir, A. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Melalui Pelatihan Literasi Esai Populer di MAN Dua Tulungagung. JIK-PkM, 1(1), 38–54.

Natsir, A., Muzakki, H., & Daroini, M. (2020). Posdaya Berbasis Pesantren: Pelatihan Manajemen Madrasah dan Pengelolaan Kelas do Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an “Hasan Munadi Pohsawit” Ponorogo. Indonesian Engagement Journal, 1(2)(2), 128–143. https://doi.org/10.21154/INEJ.V1I2.2329

Prastyani, B. (2021). Madrasah Ramah Anak. IA Publisher.

Ramadhani, Y., & Saputra, A. (2023). Pemberdayaan Komunitas Rumah Baca Cendekia Dengan Pendekatan Asset Based Community Development (Abcd) Guna Meningkatkan Minat Baca Pada Anak. LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1528

Supeno, S., Handini, O., & Hakim, L. al. (2021). Analisis Kebijakan Model Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Sekolah Dasar (SD) dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah untuk Mendukung Kota Layak Anak. (N. Prasetyowati (ed.)). Unisri Press.

Zulfa, L. A., & Mulyaningtyas, R. (2022). Bimbingan Teknis Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Ilmiah bagi Guru MI Al Ishlah Tiudan. Abdimas Universal, 4(2), 191–197. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i2.178

Downloads

Published

2025-09-20

Issue

Section

Articles